Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Cerita Traveler Backpacker to Derawan-Labuan Cermin Feb 2015 Day 1-Share Cost

rahmaberuangAvatar border
TS
rahmaberuang
Cerita Traveler Backpacker to Derawan-Labuan Cermin Feb 2015 Day 1-Share Cost
19 feb 2015
Yaaaa its time to traveling yuhuhuhuhuh,

Perjalanan dari Rumah eyke di depok dimulai pukul 03.00 tanggal 19 feb 2015 dengan kondisi hujan besar T.T. dalem hati tetep optimis harus berangkat, dengan asumsi Kalimantan itu deket garis equator yang lebih sering panas ketimbang hujan. Then 04.20 arrived at soeta with Rolly, sambil nunggu kawan kita si IIn dari PIK kita selfian dulu ahaha. O iya eyke juga punya temen barengan dari Bandung Lho, namanya Krisyadi, tapi dia beda pesawat , meet up nya di Balikpapan nanti.

04.50 IIn datang, kita langsung check in aja terus poto2 deh *norak*. Suddenly we are on plane emoticon-Big Grin perjalanan di tempuh dengan waktu 1.5 jam ada perbedaan waktu yah antara WIB dan WITA. Fyi ajah tiket dari soeta ke Balikpapan kita boleh dapet dari promonya GATF September 2014 Rp 488.300+air port tax MURAH kan emoticon-Big Grin , udah lama banget ya ituh issue tiketnya hihihih *pemburu tiket promo* emoticon-Big Grin Setelah sampai di Balikpapan air port ‘Sepingan’ kita langsung bergegas check in karena 30 menit lagi pesawatnya berangkat, untuk ajah ada bang Krisyadi yang udah sampe doloan dan rela check in nin kita sebelum kita tiba huhuhu *thanks bang* ternyata udah buru2, pesawatnya sempet delay 30 jam ya wish lah kita poto2 ajeh sama bang kris yang baru ketemu di Balikpapan hihihihih. Fyi lagi airpot tax di Balikpapan Sepingan muahal bingit Rp 75.000 masa T.T. eh tapi konon katanya Bandara Sepingan ini bandara terbagus di Indonesia, masa iya ? coba find on google emoticon-Stick Out Tongue

Perjalanan dari Balipapan Sepingan ke Bandara Udara di Berau Kalimarau berlangsung selama 1 Jam 20 menit, lebih lama dari Garuda karena kita naik Wings air, Rp 1.848.000 ber empat so per orang kena Rp 467.000. Udeh sampe berau tuh jam 2 siang kurang sedikit, kita langsung tancap gas lah, karena udah dijemput sama supir yang udah di reserve, ternyata kami bareng sama 1 orang namanya Feri, dia bayar sendiri ya wish lah kita ajak ajah. Karena kita laper lanjut late lunch lah kita nyari tempat yang murah meriah lah *request ke supirnya* nah dapetlah kami makan 20.000 all you can eat + 5.000 with es teh manis, dan ternyata harga a glass of tea manis ataupun tawar disini harganya sama emoticon-Big Grin beda ama dijawa, klo di jawa mah gratissss, the tawar tapi ahaha. Sekitar 30 menitan berenti next jalan lagi. Sepanjang jalan isinya hutan doang and bebas macet but no lamp for roads, yang lalu lalang mobilnya jarang jarang juga ahahaha.
Then sampailah kita di dermaga kecil tanjung batu, pak adding sudah standbye disana, fyi guys kami sewa speed botany pak adding untuk rute tanjungbatu – derawan, explore sangalaki, kakaban, maratua sama rute maratua-tanjung batu. ini udah nawar banget nih pakenya, konon katanya ada beberapa web yang dapet biaya lebih murah dengan rute tanjungbatu-derawan Rp 70.000/orang, dan explore 3 pulau Rp 1.500.000/day di taun 2014. But, pilihan tetap ada dikita sih, kami dapet harga Rp 75.000/orang untuk rute tanjung batu-derawan, dan menggunakan kapal selama 2 hari Rp 1.600.000 untuk explore sangalaki + kakaban di hari pertama kemudian Maratua di hari berikutnya, eyke rasa itu udah murah bingit, dibandingkan speedboat yg lain kalo pake dua hari harganya bias 2x lipannya *damn*. Fyi lagih 1 speedboat bisa muat penumpang 5 orang lho dengan 1 driver ahaha, tapi termasuk beruntung juga sih kapasitas 6 orang dipake 5 orang hihihih lumayan buat selonjoran wkwkw biar pun share costnya jd agak sedikit mahal ahahaha.

Perjalanan tanjungbatu-derawan normalnya 30 menitan yah. Setelah di terjang Ombak selama 1 jam-an And taraaaaaaaa tibalah kami di dermaga Pulau Derawan yuhuhuhuhuuuuuu, bahagia itu sederhana emoticon-Big Grin abis dari sana otomatis lah kita taking a picture, etettettt more more picture lah ahaha, don’t forget to check in on path *anakjamansekarang* karena kami terlalu sore tiba disana, sesegera mungkin deh kami cari spot buat ngecamp, karena kami semua bawa kerilnya segaban ahaha *cepet capek* mulai lah sedikit putus asa mengenai spot nge camp, dan selalu inget kata2 Pak ***** sebut saja dia anu emoticon-Stick Out Tongue yang memperingatkan eyke untuk tidak ngecamp di derawan klo katanya di derawan gak boleh ngecamp, karena akan mengurangi pendapatan warga sekitar,but dalam hati eyke gak takut klo pun ampe diusir *nekat* padahal mah kalo ampe diusir ya udah ye sewa homestay biar gak ribet, tapi eyke mau yakinin temen2 biar mereka gak patah arang, nyari spot ngecamp dulu ajeh, klo ga dapet ato diusir baru sewa penginapan. Tiba2 mata melihat ada plank ‘TNI AL’ yang punya halaman luas dipinggir pantai dan deretan cantiknya pohon kelapa. Kami memutuskan untuk izin ngecamp di pekarangan tersebut.

Kami segera laporan ke pak Rusdiyanto prajurit TNI AL disana bersama kawannya Pak ****** *lupanama* emoticon-Stick Out Tongue setelah laporan ke bapak yang eyke sudah lupa namanya, disuru nunggu katanye die mau laporan dulu ke komandan, 15 menit kemudian. Tiba2 bapak yang eyke lupa namanya itu mengangetkan karena dia bilang sudah laporan ke komandan dengan nada Galak T.T shock kami mendengarnya seketika dia bilang, kalian ga boleh ngecamp disini, tapi tidur saja di resortnya komandan, mendengar Bapak yang eyke lupa namanya itu menyampaikan hal bahagia ini, langsung lah kami kegirangan ahahah dalam hati ‘Ya Allah nikmat mana yang Engkau dustakan’ langsung nyebut2 nama Allah dalam hati saking girangnya emoticon-Big Grin niatnya nenda nebeng dipekarangannya malah di suruh nempatin resort nya Komandan TNI AL yang kebetulan sedang tidak digunakan, kami diijinkan untuk mengisi dengan syarat, bangun tidur sepreinya dibersihkan. Ah beres kalo cuman nyuci seprei mah. Setelah diantar ke resort nya, serentak kami ber empat loncat sambil berpelukan kegirangan ahaahahahaha, cuman bekel good cuminacation skill *lebeh* bias dapet penginapan ini secara Cuma-Cuma yuhuuuuuu pemandangannya nya gak kalah sama ressort2 mahal yang ada di derawan deh. “Allah Maha Baik”

Kesulitan selanjutnya, kami gak bawa gas tabung kecil buat masak, cumin punya nesting ama bahannya doing *lha terus eyke kudu piye* T.T , karena gas gak boleh masuk kedalam pesawat, oke deh ngider2 ngelilingin derawan nanya kesemua warung di derawan (semua yah gak kelewat satu pun) but nihil  huftttt putus asa akhirnya kami memilih makan malam dengan beli jajanan disana, nama jajanannya klo kita nyebutnya mah sosis and cumi goreng yang pake saos, klo disana nyebutnya tusukan, klo menurut guwe itu cumi2 enyaknya beuhhhh mantap lah, harganya cumin Rp 2.000/tusuk. Udeh puas ama jajanan, namanya orang Indonesia klo belom makan nasi berarti belom makan ahahahah . Setelah finding2 nyari tempat makan, finally ada kang nasi goreng khas Jawa Timur, wah langsung kesini aja dah semoga harganya bersahabat. Weleh kagetnya ternyata yang jual orang jawa beneran ya wish eyke langsung ngeluarin logat2 ala jawa sambil ngomong jawa *padahal bokap eyke padang nyokap eyke sunda* (you know wahat I mean)emoticon-Stick Out Tongue kami pesan nasgor lah disini dengan harga Rp 15.000/porsi + minum aer putih *gratis ciin* AHAHAHAHAH. Oiya kami juga pesen buat bekel pas explore pulau besok termasuk beliin buat driver boat nyah juga (optional).

Setelah selesai makan muter2 derawan lagi sampe pegel terus back to resort yang gratisan itu ahahaha *pamer* sekitar jam 21 lewat kami langsung bobo cantik deh, dengan niatan bangun setengah 5 shubuh lanjut nyuci seprei *politik balas budi* emoticon-Stick Out Tongue sambuil hunting sunrise.
0
5.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.