Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

balqis12Avatar border
TS
balqis12
Dam Plethes (Legenda Golan-Mirah)
WELCOME TO MY THREAD



Selamat datang kaskuser semua, kali ini ane mau buat tulisan hasil perjalanan ane di daerah Golan dan Mirah, Nambangrejo, Sukorejo.
Yang orang Ponorogo khususnya, mungkin sudah pernah dengar cerita ini..

Singkat cerita

Legenda Golan dan Mirah
Zaman dahulu di Desa Golan hidup seorang kepala desa yang terkenal dan memiliki kesaktian tinggi, Ki Honggolono (mendapat sebutan Ki Bayu Kusuma). Ki Honggolono memiliki adik sepupu yang bernama Ki Honggojoyo yang lebih dikenal dengan sebutan Ki Ageng Mirah. Ki Honggolono memiliki seorang putra yangs senang sabung ayam, Joko Lancur. Sedangkan Ki Ageng Mirah mempunyai putri yang sangat cantik yang bernama Dewi Siti Amirah.

Suatu hari ayam Joko Lancur lepas. Saat sedang mencari-cari ayamnya yang lepas ke arah rumah Ki Ageng Mirah, tidak sengaja Joko Lancur bertemu dengan Amirah.
Joko Lancur terpesona kecantikan Amirah. Keduanya saling curi pandang, berkenalan hingga menaruh suka diantara mereka. Joko Lancur tidak mengetahui jika ternyata pamannya Ki Ageng Mirah memiliki putri yang sangat cantik dikarenakan Amirah merupakan gadis pingitan yang tidak boleh bergaul dengan sembarang orang. Ditengah keasyikan obrolan mereka, tiba-tiba Ki Ageng Mirah masuk kedapur dan menemukan Joko Lancur sedang berdua dengan putrinya. Ki Ageng Mirah marah kepada Joko Lancur karena dianggap tidak memiliki tata karma serta tidak memiliki sopan santun karna telah berani masuk kerumah orang lain tanpa meminta ijin pemilik rumahi terlebih dahulu. Joko Lancur menjelaskan apa yang terjadi sebenarnya, namun Ki Ageng Mirah tidak mau peduli penjelasan Joko Lancur. Akhirnya Joko Lancur diusir dan disuruh segera meninggalkan rumah Ki Ageng Mirah. Joko Lancur segera pulang dengan perasaan selalu teringat akan kecantikan Amirah.

Joko Lancur lebih sering mengurung diri dalam kamar, sering melamun,menyendiri, sering tidak makan dan tidak tidur karena memikirkan Amirah. Keadaan ini akhirnya diketahui ayahnya Ki Honggolono. Dan menyampaikan kepada ayahnya jika dirinya sedang jatuh hati pada Amirah. Karena Joko Lancur merupakan anak semata wayangnya, Ki Honggolono segera menuruti keinginan putranya untuk melamarkan Amirah.

Berangkatlah Ki Honggolono menuju rumah Ki Ageng Mirah untuk melamar Amirah. Kedatangan Ki Honggolono disambut dengan ramah oleh Ki Ageng Mirah, meskipun dalam benak Ki Ageng Mirah tidak sudi memiliki calon mantu seorang penjudi sabung ayam. Ki Ageng Mirah berupaya menolak lamaran tersebut dengan cara yang halus agar tidak menusuk perasaan keluarga Ki Honggolono, maka diterimalah lamaran tersebut dengan beberapa syarat diluar kemampuan manusia. Syarat yang diajukan Ki Ageng Mirah adalah supaya dibuatkan bendungan sungai untuk mengairi sawah-sawah di Mirah serta serahan berupa padi satu lumbung yang tidak boleh diantar oleh siapapun, dalam arti lumbung tersebut berjalan sendiri. Syarat tersebut disanggupi oleh Ki Honggolono.
Dengan kesanggupan Ki Honggolono untuk memenuhi persyaratan tersebut, Ki Ageng Mirah merasa khawatir dan berusaha menggagalkan pembuatan bendungan dan pengumpulan padi yang dilakukan Ki Honggolono. Sementara itu Ki Honggolono dengan bantuan murid-muridnya bekerja keras untuk membuat bendungan dan mengumpulkan padi. Berkat kerja kerasnya dalam waktu yang singkat syarat yang diajukan Ki Ageng Mirah mendekati keberhasilan. Dengan melihat apa yang dilakukan Ki Honggolono, Ki Ageng Mirah menemukan strategi untuk menggagalkan apa yang dilakukan Ki Honggolono. Ki Ageng Mirah meminta bantuan Genderuwo untuk mengganggu pembuatan bendungan serta mencuri padi-padi yang sudah dikumpulkan.
Apa yang dilakukan Ki Ageng Mirah diketahui oleh Ki Honggolono. Ki Honggolono tidak mau lagi mengisi lumbung dengan padi, tetapi diganti dengan damen (jerami) dan titen (kulit kedelai). Dengan kesaktian yang dimiliki Ki honggolono, damen dan titen tersebut disabda menjadi padi. Mengetahui isi lumbung bujan padi, genderuwo utusan Ki ageng Mirah beralih menjebol bendungan yang belum selesai dibuat. Namun ternyata hal tersebut juga diketahui oleh Ki Honggolono. Ki Hongggolono kemudian meminta bantuan kepada buaya-buaya untuk menangkap genderuwo ketika mengganggu pembuatan bendungan. Akhirnya genderuwo dapat dikalahkan dan pembuatan bendungan berjalan lancar.
Semua persyaratan sudah lengkap, Ki Honggolono menyabda lumbung padi untuk berangkat sendiri, diikuti oleh rombongan mempelai laki-laki. Awal kedatangan rombongan mempelai laki-laki disambut baik oleh Ki Ageng Mirah. Namun Ki Ageng Mirah juga bukan orang biasa, dengan kesaktiannya Ki Ageng Mirah tahu apa isi sebenarnya lumbung padi yang dibawa mempelai laki-laki. Dihadapan para tamu yang hadir Ki Ageng Mirah menyabda lumbung tersebut dan seketika berubahlah padi dalam lumbung menjadi damen dan titen.

Dengan peristiwa tersebut terjadilah adu lidah dan berlanjut adu fisik antara Ki Honggolono dan Ki Ageng Mirah. Ketika terjadi percekcokan, Joko lancur mencari Amirah, keduanya tahu apa yang terjadi diantara kedua ayahnya sehingga mereka memutuskan untuk bunuh diri bersama. Masih bersamaan terjadinya peperangan, bendungan yang dibuat Ki Honggolono ambrol dan terjadilah banjir bandang yang menewaskan banyak orang.
Jasad Joko Lancur dan Amirah kemudian dimakamkan bersama ayam jagonya dan makam tersebut diberi nama Kuburan Setono Wungu.

Dari peristiwa yang telah usai, dihadapan para muridnya Ki Honggolono besabda : “Wong Golan lan wong Mirah ora oleh jejodhoan. Kaping pindo,isi-isine ndonyo soko Golan kang ujude kayu, watu, banyu lan sapanunggalane ora bisa digowo menyang Mirah. Kaping telu, barang-barange wong Golan Karo Mirah ora bisa diwor dadi siji. Kaping papat, Wong Golan ora oleh gawe iyup-iyup saka kawul. Kaping limone, wong Mirah ora oleh nandur, nyimpen lan gawe panganan soko dele.

dikutip dari: elzhito


Spoiler for Versi basa jawa (sruput kopi dulu gan):


Ada sedikit berpedaan cerita dari kedua sumber diatas. Ane nggak tau yang paling benar yang mana. Tapi ya maklum aja lah, legenda lama dan sudah turun-menurun.

Berangkat dari legenda itu ane jadi penasaran, apalagi itu menjadi mitos masyarakat yang katanya air dari Golan dan dari Mirah tidak mau bercampur? Orang akan mengalami kebingungan jika mebawa benda atau barang dari Golan ke Mirah dan sebaliknya? Orang Mirah tidak boleh menanam kedelai? Orang Mirah dan orang Golan jika bertemu di tempat orang hajatan di mana saja, jalannya hajatan akan mengalami gangguan? Tidak akan terjadi pernikahan antara orang Golan dan orang Mirah? Dan lain sebagainya.
Ane sendiri selama ane 20 tahun hidup di kota tercinta ane ini juga cuma denger-denger dari omongan orang..
ane sendiri belum pernah ada pengalaman ke hajatan orang Golan ataupun Mirah, pokoknya bener-bener belum pernah mengalami kejadian aneh-aneh.

Akhirnya baru hari Minggu 22 Februari 2015 kemaren itu ane sempatkan pergi ke Mirah - Golan buat liat secara langsung, dan apakah memang ada.
Ane berangkat bertiga dengan modal PetaCot (aka Peta Bacot)
Sebelumnya ane sudah tanya-tanya ke orang sekitar, enaknya ane kemana ini.. ada yang menyarankan untuk ke sungai dimana air dari Golan dan Mirah tidak mau bercampur.
Oke fix, kita kesana emoticon-Ngacir2

Spoiler for Peta:


Spoiler for ini pas lewat di Jl. Wijaya Kusuma:



Spoiler for PetaCot:


Spoiler for Makam:


Spoiler for pas-pasan sama ibu-ibu naik sepeda:


Spoiler for jalan kaki:


Spoiler for dam:


Spoiler for sumber air:




Spoiler for narsis:



Spoiler for sumber air, keliatan nggak?:


emoticon-CoolUdah dulu ya agan-agan dan sista-sista
Kalau ada yang mau mampir kesana buat liat langsung, silahkan aja kesana, itu udah ane kasih petunjuk-petunjuknya..
Habis jalan-jalan boleh kok mampir dimari gan
Dam Plethes (Legenda Golan-Mirah)
sore-sore, capek habis jalan-jalan.. sambil menikmati gethuk khas Golan sambil nyruput kopi.. duduk di pinggir sawah
anginnya semilir..
emoticon-Malu (S) (Info: getuk golan ini warungnya pas ente keluar dari jalan karang sari (barat jalan) itu.. ganti ada gang trus ada plang nya Getuk Golan. Buka mulai jam 3 sore.. langsung cuss sana ya agan/sista.. maklum kalau antriannya paaanjang bener.. kalau kesorean dikit ntar kehabisan..)

emoticon-Shakehand2 makasih yaaa.. udah mampir emoticon-Blue Guy Cendol (L) Bagi Cendol juga boleh kok, pasti ane tampung emoticon-Malu
Diubah oleh balqis12 26-02-2015 04:23
nona212
donex.donkeng
donex.donkeng dan nona212 memberi reputasi
2
8.2K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.