Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • (Unik dan Langka) Ponsel Bisa Jadi Alat Pendeteksi HIV dan Sipilis

rully69Avatar border
TS
rully69
(Unik dan Langka) Ponsel Bisa Jadi Alat Pendeteksi HIV dan Sipilis
emoticon-I Love Kaskus (S)

Ponsel Bisa Jadi Alat Pendeteksi HIV dan Sipilis



emoticon-Cendol (S)
Ponsel pintar terus berkembang semakin pintar dan penggunaannya tidak sebatas untuk hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi tetapi lebih dari itu termasuk untuk dunia kedokteran. Kali ini tim peneliti dari Columbia University, New York berhasil membuat ponsel bisa berfungsi sebagai alat penditeksi penyakit HIV dan Sipilis (syphilis) hanya dalam waktu 15 menit saja.



Para tim peneliti berhasil membuat sebuah alat tambahan yang nantinya akan disambungkan ke ponsel, kemudian dengan bantuan aplikasi yang ada, alat tersebut bisa mendiagnosa hasil darah yang ada di dalamnya. Prosedurnya tidak berbeda jauh dengan apa yang dilakukan di laboratorium ketika kita mau cek darah, dengan jarum kecil kita menusukkan jarum tersebut ke ujung jari kemudian darah dimasukkan ke kotak kecil, kemudian kotak kecil tersebut dimasukkan ke dalam alat yang sudah tersambung ke ponsel. Jalankan aplikasi kemudian tekan pompa yang ada di bagian atas untuk membuat proses berjalan dan hasil akan keluar dalam 15 menit.



Seperti foto diatas, kita akan bisa melihat 2 penyakit tersebut langsung di layar ponsel dan semua hasil bisa terekam dengan baik melalui ID pasien. Dengan alat kecil ini diharapkan dunia kedokteran bisa melakukan diagnosa kedua penyakit tersebut lebih mudah, terutama untuk negara atau daerah yang belum punya fasilitas kedokteran yang cukup baik. Alat ini sendiri sudah diuji coba di Rwanda, 97% pasien yang mencobanya sangat puas dengan alat ini karena hasil bisa didapat dengan cepat (15 menit) dan prosedur yang sederhana.



emoticon-Cendol (S)

emoticon-Cendol (S)

emoticon-Cendol (S)
0
1.8K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.