Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jackndanielsAvatar border
TS
jackndaniels
Dollar naik terus, Jokowi Bilang Knape Loe Milih Gue :D
Dollar Today!

Dollar naik terus, Jokowi Bilang Knape Loe Milih Gue :D

Diam-diam dollar sudah tembus ke angka Rp 12890.50 Sebuah realitas pahit yang akan terus membayang. Tren perkembangan satu bulan belakangan yang semarak telah membuat pasar panik, dan pelan-pelan membuat nilai rupiah termehek-mehek.

Jika tren ini terus berlangsung, sejumlah analis bisnis menyebut rupiah bisa kolaps ke angka Rp 13 ribu. Sebuah angka yang layak memicu kegalauan dan membikin hati pedih.

Apakah dollar bisa benar-benar menembus angka magis Rp 13 ribu; dan kapan itu akan terjadi?

Sambil minum secangkir kopi hangat, kita mau menguliknya pagi ini.

Jika rupiah memang benar-benar jatuh ke angka Rp 13 ribu, ini sebuah fakta pahit yang layak dipeluk dengan segumpal kesenduan.

Betapa tidak. Angka rupiah 13 ribu itu sudah sekitar 40% dari angka 9 ribu yang rasanya baru kemarin terjadi. Artinya, jika dilihat dari kacamata dolar, pendapatan kita diam-diam sudah tergerus 40%.

Ini ibarat, di suatu pagi bos kita memanggil, dan bilang : hey, gajimu mulai bulan depan kami potong 40%. Pasti akan terjadi revolusi.

Dolar yang melambung memang pasti akan memukul banyak pelaku bisnis. Harga banyak bahan baku akan naik drastis, dan biaya produksi ikut melambung.

Anda sebagai konsumen juga akan merasakan “imported inflation” – naiknya harga barang-barang karena kenaikan kurs dolar. Harga makanan, sepeda motor, mobil, gadget, hingga harga rumah pasti akan merayap naik sejalan jatuhnya rupiah.

Bagi para karyawan dengan gaji pas-pasan, kejadian itu akan memberi pukulan yang lumayan perih. Gaji stagnan, daya belinya tergerus 40%, dan harga barang-barang terus naik. Alamaaak. Hidup kok susah bingitz.

Baik, baik. Di minum dulu kopinya supaya hidup tidak makin terasa pahit.

Sejumlah analis bisnis-ekonomi menyebut ada tiga faktor kunci yang bisa mencegah kejatuhan rupiah ke lubang yang kian dalam. Berikut tiga faktor itu.

Rupiah Booster # 1 : Pengalihan Subsidi BBM dengan Segera. Saya sudah pernah menulis disini, tahun depan subsidi BBM yang salah sasaran itu akan menjadi Rp 300 triliun (bahkan lebih jika rupiah terus jatuh). Rp 300 triliun bok.

Pahitnya, konsumen subsidi itu mayoritas adalah orang kaya yang punya mobil Avanza, CRV atau Fortuner. Benar, subsidi BBM itu memang untuk rakyat, jika rakyat yang dimaksud adalah rakyat pemilik Fortuner dan CRV.

Rp 300 trilun lebih dari cukup untuk membangun ribuan sekolah, jalan raya ribuan KM, dan listrik ribuan megawat. Dan bukan dibuang sia-sia di jalanan.

Jika keputusan kenaikan harga BBM dilakukan dengan segera, terukur dan terkendali, maka rupiah bisa pelan-pelan menguat,

Sebaliknya : jika keputusan kenaikan harga BBM itu tertunda-tunda karena kegaduhan di sebuah lokasi bernama Senayan, maka angka rupiah akan dengan mudah menembus Rp 13 ribu.

Rupiah Booster # 2 : Penetapan Anggota Kabinet yang kredibel dan kooperatif dengan parlemen.

Sejumlah analis ekonomi menyebut, dalam situasi parlemen yang mayoritas dikuasai oleh rival, maka kredibel dan kapabel saja tidak cukup. Dibutuhkan figur menteri yang bukan saja pintar namun juga cerdas dalam membangun interaksi yang konstruktif dengan para anggota parlemen (yang kadang gemar melakukan unproductive maneuver).

Maka, figur meneteri di pos-pos strategis seperti Kementerian Keuangan dan Kementerian ESDM diharapkan bukan saja cerdas, namun luwes dalam membangun interaksi dengan parlemen. Sebuah elemen krusial saat kita dihadapkan pada rivalitas parlemen yang keras.

JKW akan dilantik minggu depan. Jika mereka gagal memenuhi ekspektasi pembentukan kabinet yang kredibel dan kooperatif, maka rupiah bisa kian terkaing-kaing.

Rupiah Booster # 3 : The first 100 days. Masa 100 hari pertama pemerintahan akan benar-benar menjadi arena paling krusial dalam menjaga nilai rupiah.

Jika pemerintahan baru sigap dalam bertindak dan cekatan dalam merilis kebijakan-kebijakan genting (seperti kenaikan harga BBM yang mencapai Rp 3000 per liter) dalam masa 100 hari pertama kepemimpinannya, mungkin sentimen positif akan pelan-pelan menyeruak.

Namun jika dalam 100 hari pertama, sudah muncul blunder dari pemerintahan, dan juga muncul kegaduhan demi kegaduhan di Senayan, maka angka keramat rupiah 13 ribu akan segera menantimu dengan senyum keindahan.

Demikianlah tiga booster yang bisa membuat rupiah kembali menguat laksana Kuku Bima JRG, atau justru loyo.

Sekedar reminder : kejatuhan rupiah adalah embrio dari tragedi krisi ekonomi 1998 yang membuat ribuan perusahaan kolaps, dan jutaan orang kehilangan pekerjaan.

Kalau rupiah kian terjun bebas, nasib hidupmu juga bisa ikut termehek-mehek. Bisnismu stagnan. Kantor atau perusahaanmu tempat kerja bisa bangkrut. Dan kamu bisa di-PHK. Lalu keluargamu hanya bisa nangis bombay.

singkatnya ane mo bilang Jokowi oh Jokowi gmn nih nasib bangsa ke depannya, emoticon-Cape d... (S) mo makin ambruk kyk krisis moneter tahun 98? klo kira2 ga sanggup ywdh turun ajj napa..orang rajin biarpun serajin-rajinnya tpi klo ga punya ability atau kemampuan ya sama ajj boong..pliss deh serahin ama yg mampu!, jngan2 mo bikin Megawati jd tambah kaya lg ya emoticon-Ngakak (S)

sumur : http://strategimanajemen.net/2014/10...n-itu-terjadi/

semoga bermanfaat.. menerima : rate dan emoticon-Bata (S) no emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh jackndaniels 25-02-2015 06:17
0
6.2K
66
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.