Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

idtravlerkaskusAvatar border
TS
idtravlerkaskus
Jalan-Jalan Liat Tokong ( Kelenteng ) Di Indonesia Yuk
Bangsa Tionghoa yang merantau mulai masuk ke negara Indonesia pada abad ke-7. Pada abad ke-11, mereka mulai tinggal di wilayah Indonesia, terutama di pesisir timur Sumatra dan Kalimantan Barat. Kemudian pada abad ke-14, ada warga Tionghoa yang mulai bermigrasi ke Pulau Jawa, terutama di sepanjang pantai utara Jawa.

Perpindahan ini merupakan akibat dari aktivitas perdagangan antara India dan Tiongkok melalui jalur laut. Pecinan yang terdapat di kota - kota pedalaman Pulau Jawa mulai berkembang pesat pada abad ke 19, pada jaman penjajahan Belanda. Tujuan pemerintah Belanda mengembangkan kawasan Pecinan ini adalah untuk memperluas jalur distribusi hasil bumi.

Warga Tionghoa yang merantau ini mudah membaur dengan penduduk lokal sehingga mereka pun diterima dengan baik. Para perantau yang membawa keluarga mereka, kemudian membentuk perkampungan yang disebut dengan Kampung China atau Pecinan.

Tak hanya ke Indonesia saja, bangsa Tionghoa juga merantau ke negara - negara lain di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Singapura. Mereka juga merantau ke belahan dunia lain, seperti Kanada, Amerika Serikat, Eropa, dan negara lainnya. Saat ini, kawasan Pecinan yang ada di sana tidak hanya menjadi tempat berkumpul sesama warga Tionghoa dan keturunannya. Kawasan - kawasan ini telah menjadi tujuan wisata.

Gaya bangunannya yang khas menarik wisatawan untuk berkunjung ke kawasan Pecinan. Toko-toko yang menjual suvenir, toko obat, dan restoran juga menjadi minat wisatawan untuk berkunjung dan yang paling sering di kunjungi adalah kelenteng, berikut beberapa kelenteng di Indonesia yang menjadi daya tarik wisatawan.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Diubah oleh idtravlerkaskus 23-02-2015 11:35
0
5.9K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.