Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

capuank09Avatar border
TS
capuank09
Kicauan Bodoh di Twitter Hancurkan Hidup Wanita Ini

Ilustrasi (gettyimages)

Jakarta - Gara-gara sebuah kicauan di Twitter, wanita ini kehilangan pekerjaannya dan dibenci begitu banyak orang. Sebuah peringatan penting agar orang-orang berhati-hati dalam memposting sesuatu di jejaring sosial.

Nama wanita itu Justine Sacco. Dulu, ia punya karir cemerlang sebagai konsultan PR di perusahaan InterActiv Corp di New York. Semuanya berakhir begitu cepat pada Desember 2013 saat ia akan masuk ke pesawat terbang menuju Afrika Selatan.

Sebelum terbang itulah, Justine menulis tweet yang kemudian menghancurkan hidupnya. "Mau pergi ke Afrika. Semoga aku tak kena AIDS. Hanya bercanda kok. Aku kan orang kulit putih," begitu kurang lebih kicauan yang ia tulis di Twitter.

Spoiler for cek:


Postingan itu dinilai bernada rasis dan menghina orang Afrika. Saat Justine masih di pesawat, tweet itu menyebar ke mana-mana, menjadi trending topic Twitter dan banyak orang marah besar pada Justine. Banyak yang meminta ia dipecat dari jabatannya.

Justine yang mematikan ponselnya selama penerbangan, tidak tahu kehebohan yang terjadi akibat kicauannya. Pendaratannya di Cape Town pun ditunggu-tunggu publik Twitter untuk mengetahui bagaimana reaksinya setelah dikritik habis habisan.

"Itu adalah komentar ofensif yang tak sesuai dengan pandangan dan nilai IAC. Sayangnya, pegawai itu sedang tidak dapat dihubungi dalam sebuah penerbangan internasional, namun ini adalah sesuatu sangat serius dan kami akan mengambil aksi yang diperlukan," kata IAC yang tak mau reputasinya tercoreng gara-gara ulah Justine.

Spoiler for cek:


Justine akhirnya mendarat di Cape Town. Betapa terkejut dia setelah menyalakan ponselnya dan melihat kehebohan yang terjadi. Dia langsung menghapus tweet beserta akunnya di Twitter. Tak hanya itu, ia juga menghapus akun Facebook dan Instagramnya, tapi tanpa meminta maaf.

Berita tentang tweet rasisnya ditayangkan media besar mancanegara, termasuk New York Times, CNN, ABC, BBC dan sebagainya. Tak lama kemudian, Justine akhirnya meminta maaf setelah dihubungi oleh kantornya. Tapi nasi sudah menjadi bubur, Justine kemudian dipecat.

Ya, satu kicauan itu mengubah hidup Justine. Kini setahun sudah berlalu, tapi dia masih trauma. Justine jadi kesulitan mencari pekerjaan, masih banyak dibenci orang dan susah mendapatkan teman kencan. Ia membela diri bukan orang yang rasis.
"Hanya orang gila yang akan berpikir kalau orang kulit putih tidak akan kena AIDS. Aku tak sampai berpikir kalau tweet itu akan diterjemahkan mentah-mentah," curhatnya.

Kesehatannya juga jadi terganggu semenjak kejadian itu. "Aku menangis terus-terusan kala itu. Sangat traumatis sekali. Aku tak bisa tidur, sering terbangun di tengah malam," lanjut Justine.

Justine menyesal sekali satu postingan di Twitter bisa membuat hidupnya jadi berantakan. "Aku dulu punya karir yang bagus, aku menyukai pekerjaanku. Semua itu mendadak dicabut dari hidupku," katanya.

Teman kencan pun menjauhinya. Karena setelah mereka mengetahui kasus tersebut, pria potensial tak mau mendekatinya lagi.

Beruntung, seperti dikutip detikINET dari DailyMail, Senin (23/2/2015), kini dia sudah punya pekerjaan baru. Justine pun ingin menata ulang hidupnya. Satu pelajaran berharga darinya, jangan sembarangan mengungkapkan isi hati di jejaring sosial.

Sumur
0
5.1K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.