Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

auf14Avatar border
TS
auf14
4 alasan kenapa JUALAN ONLINE di Marketplace lebih unggul dibanding Social Media...
Thread ini saya buat karna hanya ingin membagi pendapat pribadi saya setelah merasakan perbandingan antara berjualan di social media dan marketplace.

Sebelum saya uraikan ke 4 alasan tersebut, ijinkan saya curhat dulu ya gan...emoticon-Smilie
Dari tahun 2009 saya bikin toko online sederhana (gratisan) dan untuk marketingnya saya mengandalkan media social seperti fb dan twitter, tapi lebih fokus ke fb baik yang gratis maupun berbayar (fb ads) dan saya bisa merasakan nikmatnya jualan online hingga th 2013.

Tapi setelah memasuki tahun 2014 tingkat kunjungan ke website saya menurun seiring pengguna fb yang saya rasakan juga semakin menurun, mungkin karna semakin banyaknya media social lain...
Dan parahnya lagi iklan berbayar (fb ads) semakin sulit. Account iklan saya di fb terkena banned yang istilahnya kalau di fb terkena AME (Ads Manager Error), berkali-kali kirim email agar dilepas dari AME, kadang dilepas dan setelah beberapa minggu kena AME lagi, begitulah seterusnya hingga th 2014 sdh hampir berahir.
Keadaan semakin memburuk karna tidak ada pemasukan, kaleng susu anak sudah berbunyi nyaring pertanda kosong, dapur jarang ngebul pertanda jarang masak, akhirnya sayapun berfikir keras untuk mengembalikan keadaan, paling tidak bisa menyambung hidup keluarga.

Dan tiba-tiba terlintas dipikiran saya dengan Marketplace Indonesia yang lagi ramai ramainya dibicarakan baik online maupun offline (logo merah).
Pada tanggal 06 Oktober 2014 saya coba buka account di marketplace tersebut dan semua produk di website saya pindahkan (copy paste) ke Marketplace tersebut.
Dan kebetulan saya ada akun yang sdh lama ditutup pada marketplace lain (logo hijau), sekalian saya buka lagi dan paste juga disitu.

Hasilnya.......
keesokan harinya langsung terima 2 order, dan hari berikutnya dapat 5 order dan sampai saat ini belum pernah dalam seharipun kosong order.
Alhamdulillah banget, semangat hidup kami sekeluargapun kembali bersinar....

Setelah beberapa bulan berjualan di marketplace tersebut, maka saya menyimpulkan bahwa berjualan di Marketplace lebih unggul dibanding media social, alasannya adalah:
* Berjualan dimarketplace tidak perlu pusing maintenance website.
* Tidak perlu pusing mikirin marketing, karna pihak marketplacenya sendiri yang beriklan dimana-mana.
* Tidak perlu pusing jawab sms, bbm, dll, karna contact hanya fokus via Marketplace.
* Tidak perlu bersusah payah meyakinkan pembeli agar percaya dan tidak takut tertipu belanja online, karna pihak Marketplace akan jadi perantara (menjadi rekber) tanpa fee.

Mungkin ke 4 alasan diatas masih kurang atau ada yang salah, tapi itulah yang saya rasakan selama berjualan di marketplace ini. Dan kalau ada yg salah atau kurang mohon agan atau aganwati tolong dikoreksi atau ditambahin agar menjadi pembelajaran kita bersama.

Ini dia Marketplace tempat saya jualan:
Spoiler for Si logo merah:
Spoiler for Si logo hijau:


====SEMOGA BERMANFAAT====
Diubah oleh auf14 19-01-2015 04:04
0
18.5K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Online Business
The Online BusinessKASKUS Official
25.2KThread3.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.