Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1366
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e88a355a516345548b456b/ketika-sekolah-hanya-untuk-ijazah
Click Banner to B-Log Collections TOP THREAD PERTAMAX NIH !! HT#48 (22 Februari 2014) :cendolbig :cendolbig :cendolbig TS dah lama gak nyicip CENDOL Buka MATA, HATI dan PIKIRAN Ini
Lapor Hansip
21-02-2015 20:37

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

Past Hot Thread
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

Click Banner to B-Log Collections

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah


Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
TOP THREAD PERTAMAX NIH !!

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
HT#48 (22 Februari 2014)

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
TS dah lama gak nyicip CENDOL


Quote:

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

Buka MATA, HATI dan PIKIRAN
Ini tentang KEMALASAN yang terjadi di SEKOLAH
Dan KEBIASAAN yang harus DIRUBAH !


Coba deh kalian kaji ulang, ketika sebuah tugas selalu lo anggap sebuah masalah. Ia hanya bikin hari - hari lo tak lagi indah. Ketika seorang guru disekolah udah lo anggap sebagai masalah. Ia hanya meninggalkan sebuah rasa gundah dan membuat setiap langkah lo dipenuhi keluh kesah. Pada akhirnya... semuanya jadi serba salah.


Mari kita sama - sama kenali, pahami dan hindari pandangan - pandangan tentang sekolah yang hanya berorientasi pada sebuah ijazah. Untuk menuntun kita kearah masa depan yang cerah..



Quote:

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

1. Datang Terlambat Adalah Niat
Kalo ampe detik ini lo masih sering dateng kesekolah dalam keadaan terlambat, gue saranin mending lo buang jauh - jauh kebiasaan itu karena amat teramat sangat gak bermanfaat. Coba deh introspeksi diri, temen sekelas lo ajah yang rumahnya jauh ampe harus mendaki gunung dan melewati lembah (Hastag: Ninja Hatori) bisa dateng dengan waktu yang tepat dan cepat. Kembali lagi... Semuanya tergantung pada NIAT !


Quote:

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

2. Hanya Berfikir Yang Penting Hadir
Sekolah gak semata - mata nyuruh lo dateng nyubuh, kemudian duduk dibangku sambil ngeluarin buku, dengerin guru ampe lo merasa jadi manusia paling dungu. Kenapa lo lupa kalo tujuan yang sebenernya adalah buat nuntut ILMU? Akan terasa percuma kalo lo hanya berfikir yang penting hadir. Coba dehh rubah mindset tersebut menjadi "Lo HADIR kemudian mulailah BERFIKIR". Serap semua ilmu yang disampaikan disekolah, kemudian kembangkan diluar sana.


Quote:

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

3. Selalu Malas Ngerjain Tugas
Malas ngerjain Tugas?? Yahh.. hal yang lumrah bagi semua anak sekolah, apalagi kalo tugasnya terbilang susah. Tapi gak usah nyerah, apalagi takut salah. Bukannkah itu termasuk proses belajar?? Bayangin ajah deh kalo misalnya lo gak ada tugas, gak ada ulangan, ga ada evaluasi dan sebagainya, bagaimana lo bisa tau dimana posisi lo sekarang? dimana tingkat pemahaman lo akan sebuah materi yang baru saja lo pelajari disekolah??


Quote:

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

4. Modal Copas Kerjaan Tuntas
Ini yang bikin miris, dikasih tugas lo cuman modal copy - paste. Disuruh bikin makalah misalnya, lo hanya modal copas dari berbagai blog tanpa pernah lo kaji ulang atau dipahami terlebih dulu. Atau lo dikasih pr, tapi dikerjainnya disekolah dengan modal nyalin dari buku temen lo yang pinter. Kalo ginih terus, proses berfikirnya dimana??


Quote:

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

5. Hanya Terbuai Sebuah Nilai
Yahh.. kalo point no. 3 dan no. 4 adalah lo banget. Maka dipastikan kalo orientasi sekolah lo hanya terbuai dengan sebuah nilai. Gak penting cara ngeraihnya gimana, yang jelas dirapot nilai lo memenuhi standar. Tanpa pernah berusaha, tapi nilai lo diatas rata-rata. Saat itu mungkin lo bahagia, tapi suatu saat lo bakal ngerasa bahwa semua itu sia-sia.


Quote:

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

6. Omelan Guru Bukan Hal Baru
Omelan guru bukan lagi sesuatu hal yang baru. Bahkan saking seringnya, nasihat guru gak lagi masuk telinga kanan keluar telinga kiri, tapi ini bener - bener gak masuk ke telinga manapun. Yahh.. lo bener2 udah menutup mata, hati, dan pikiran, lo hanya berfikir bisa lulus ajah udah bagus.


Quote:

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

7. Hati Senang Saat Bel Pulang
Baru ajah datang, udah kepikiran kapan bel pulang. Lagi - lagi mindset yang harus dirubah. Coba deh temukan gimana caranya buat diri lo nyaman dikelas, gimana caranya buat diri lo senang ngerjain tugas, setiap orang mungkin punya caranya masing - masing buat ngilangin rasa malas di kelas.


Quote:
Oke gaess.. mungkin segituh ajah bahasan yang bisa gue share, Intinya, cobalah untuk mengukuhkan diiri kalo lo bener - bener ada di kelas, lo bukan hanya sekedar numpang lewat di sekolah. Tapi ada sesuatu yang bisa lo banggakan, gak melulu harus prestasi, minimalnya jangan buat diri lo disekolah menjadi basi.

Ketika Sekolah Hanya Untuk IjazahKetika Sekolah Hanya Untuk IjazahKetika Sekolah Hanya Untuk IjazahKetika Sekolah Hanya Untuk IjazahKetika Sekolah Hanya Untuk Ijazah

Quote:
Isi Thread ini merupakan buah pikiran saya yang tertuang dalam bentuk opini, saran, kritik, catatan dan lain sebagainya. Ini bukan soal salah atau benar, karena upaya ini hanya remah-remah kecil dari kebenaran yang sesungguhnya.
Diubah oleh abdulrazakr80
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 70
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:05
Quote:Original Posted By cipta088

iyaa gan bener bgt . .


kadang disekolah, pendidikan itu kalah sama pergaulan
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:06
Karena kebanyakan orang indonsia masih belum mempunyai pemikiran bahwa sekolah itu untuk mencari ilmu, tapi masih banyak orang indonesia berfikir sekolah untuk mencari pekerjaan. Contohnya yg masuk ke sekolah SMK mereka berfikir kalo udah lulus dari smk langsung dapat pekerjaan tapi nyatanya ? Gk semua bisa langsung kerja dan yg langsung kerja pun gk seenak yg di bayangin. Dan dimana anak anak SMP dan SMA sekarang berfikir ke sekolah buat nongkrong dan gaya doang udah menjadi kebiasaa. MIRIS!
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:11
Sekolah jd kek penjara gan.. emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:11
Quote:Original Posted By koprulu.vizier
ane mau tanya gan, kalo ente sekolah buat nyari ilmu, trus ilmu apa yg sekarang nener bener agan dapet, agan inget, bahkan mungkin agan terapin ke hidup agan ampe sekarang?
trus kalo ente lembur bikin tugas ampe gak tidur itu demi nilai nilai di ijasah apa demi ilmu? Trus kalo ente belajar semalaman suntuk pas mau ujian itu buat nilai apa buat ilmu?

Kalo emang buat ilmu berarti ente gak perlu mewek dong kalo ijasah ente dapet D.. emoticon-Embarrassment


Nahh ini nihh.. menurut ane sih.. kenapa agan ampe berpikir demikian? yahh karena ada yang salah dengan regulasi yang terjadi dalam sistem pendidikan di indonesia ini..
Yang ane rasakan.. semua tugas, ujian apalagi UN misalnya... orientasinya bukan lagi kepada bahan evaluasi para pelajar, tp jatuhnya malah kepada hal2 yang malah menakutkan..
Mengapa sistemnya harus dibuat serumit itu cobaa? Mungkin persentase ilmu yang kita terapkan dimasyarakat nanti sangatlah kecil, tp yg paling penting disini bagaimana karakter kita dibentu (tp ini belum berjalan ane rasa)
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:11
Hahaha... Basi gan, apa yang agan tulis emang bener banget, tapi agan juga harus sadar yang salah itu bukan muridnya tapi sistemnya yang bikin gitu.. Semua harus mengejar nilai, bukan seberapa pahamkah dirimu.. Karena UN hanya tau nilai akhir, bukan proses.. Hehehe
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:16
Quote:Original Posted By ketu7uh
Karena kebanyakan orang indonsia masih belum mempunyai pemikiran bahwa sekolah itu untuk mencari ilmu, tapi masih banyak orang indonesia berfikir sekolah untuk mencari pekerjaan. Contohnya yg masuk ke sekolah SMK mereka berfikir kalo udah lulus dari smk langsung dapat pekerjaan tapi nyatanya ? Gk semua bisa langsung kerja dan yg langsung kerja pun gk seenak yg di bayangin. Dan dimana anak anak SMP dan SMA sekarang berfikir ke sekolah buat nongkrong dan gaya doang udah menjadi kebiasaa. MIRIS!


Menarik memang jika bbicara soal anak SMK yang cita2 nya bisa mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus... Soalnya ane anak SMK Gan. Bener apa yang agan sebutkan diatas, gak selamanya anak lulusan SMK ituh mudah mendapatkan pekerjaan, malah zaman sekarang seolah olah kita (anak SMK) mau gak mau harus melanjutkan kuliah juga buat sekedar mendapat gelar untuk kelangsungan karir kedepannya.

0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:17
Quote:Original Posted By haphaphimhaphu
Hahaha... Basi gan, apa yang agan tulis emang bener banget, tapi agan juga harus sadar yang salah itu bukan muridnya tapi sistemnya yang bikin gitu.. Semua harus mengejar nilai, bukan seberapa pahamkah dirimu.. Karena UN hanya tau nilai akhir, bukan proses.. Hehehe


Hahah.. iyah gan.. ini udah ane bahas di post #45

mungkin bisa agan tanggapi emoticon-Malu (S)
Diubah oleh abdulrazakr80
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:17
Dolo jauh sebelom gw kuliah,gw berpikir nanti kulaih itu cuma sekedar dpt Ijazah dan gelar S1....untuk mencari pekerjaan.
Tapi setelah gw lulus kuliah.......baru berasa berguna kenapa gw itu di suruh melanjutkan pendidikan sampai jenjang yg lebih tinggi....
Kuliah tidak sekedar mengejar nilai akademis dan mengejar gelar...akan tetapi...semakin tinggi pendidikan kita....secara tidak langsung pola pikir kita juga berubah.....

Ni maaf2 aja...dan bisa di buktikan...ngobrol ama orang lulusan Sekolah Dasar dengan orang yg pendidikan nya lebih tinggi...itu sangat2 berbeda.....

Tapi bukan berarti orang yg berpendidikan tinggi itu pola pikirnya bagus....
Banyak kok yg pendidikannya tinggi tapi pola pikirnya sama seperti orang yg ga berpendidikan emoticon-Big Grin
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:19
Ane nyesel gan dulu sekolah gak rajin, sekarang setengah mati ane cari kerja gak dapat2 gan.
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:21
kalo ane sekolah, niat silaturahmi sama biar dapet uang saku gan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:23
Quote:Original Posted By terry_wahyono
Dolo jauh sebelom gw kuliah,gw berpikir nanti kulaih itu cuma sekedar dpt Ijazah dan gelar S1....untuk mencari pekerjaan.
Tapi setelah gw lulus kuliah.......baru berasa berguna kenapa gw itu di suruh melanjutkan pendidikan sampai jenjang yg lebih tinggi....
Kuliah tidak sekedar mengejar nilai akademis dan mengejar gelar...akan tetapi...semakin tinggi pendidikan kita....secara tidak langsung pola pikir kita juga berubah.....

Ni maaf2 aja...dan bisa di buktikan...ngobrol ama orang lulusan Sekolah Dasar dengan orang yg pendidikan nya lebih tinggi...itu sangat2 berbeda.....

Tapi bukan berarti orang yg berpendidikan tinggi itu pola pikirnya bagus....
Banyak kok yg pendidikannya tinggi tapi pola pikirnya sama seperti orang yg ga berpendidikan emoticon-Big Grin


Setuju sih dengan pendapat agan, disini memang membuktikan kalo pendidikan memang berfungsi sebagai pembentukan karakter dan proses pendewasaan diri.. Seharusnya banyak hal2 lain yg bisa kita dapatkan.. bukan melulu soal ilmu..
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:25
Quote:Original Posted By abdulrazakr80


Menarik memang jika bbicara soal anak SMK yang cita2 nya bisa mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus... Soalnya ane anak SMK Gan. Bener apa yang agan sebutkan diatas, gak selamanya anak lulusan SMK ituh mudah mendapatkan pekerjaan, malah zaman sekarang seolah olah kita (anak SMK) mau gak mau harus melanjutkan kuliah juga buat sekedar mendapat gelar untuk kelangsungan karir kedepannya.



Ya gan karena ane juga lulusan SMK dan dulu ane sebelum masuk SMK di imi-imingi kalo udah lulus bisa langsung kerja tapi nyatanya ? Ane luntang lantung nyari kerjaan selama setengah tahun lebih, sampe akhirnya ane hanya jadi pedagang makanan. Dari situ juga ane dapet pelajaran gan bahwa lapangan pekerjaan itu banyak ASALKAN kita KREATIF dan punya kemauan yg tinggi terlepas dari kita anak SMK atau bukan.
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:26
Quote:Original Posted By rock2titan
Ane nyesel gan dulu sekolah gak rajin, sekarang setengah mati ane cari kerja gak dapat2 gan.


Maaf nih gan, mungkin apa yang agan pikirkan dulu semasa sekolah yah yang penting lulus, tanpa berpikir bahwa itu akan menetukan masa depan... ane kurang begituhh yakin, tp mungkin pengalaman agan bisa di share lebih mendalam lagi.. yahh itung2 menjadikan contoh bagi kaskuser lain supaya rajin semasa sekolah
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:30
Quote:Original Posted By ketu7uh


Ya gan karena ane juga lulusan SMK dan dulu ane sebelum masuk SMK di imi-imingi kalo udah lulus bisa langsung kerja tapi nyatanya ? Ane luntang lantung nyari kerjaan selama setengah tahun lebih, sampe akhirnya ane hanya jadi pedagang makanan. Dari situ juga ane dapet pelajaran gan bahwa lapangan pekerjaan itu banyak ASALKAN kita KREATIF dan punya kemauan yg tinggi terlepas dari kita anak SMK atau bukan.


Pada dasarnya, di SMK juga selain kita dituntut untuk siap kerja tetapi kita juga dibekali jiwa kewirausahaan.. nahh disini mungkin kita diarahkan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menemukan peluang...

0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:30
True Story sekali gan
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:35
Quote:Original Posted By ezequielio
bener tuh gan , jangan cuma anggap sekolah sebagai ajang gengsi tapi harus mengerti apa yang namanya edukasi emoticon-Sundul Gan (S)


Maaf nih, tp biasanya anak2 yg pengen masuk sekolah favorit biasanya bukan hanya ingin mendapatkan kompetensi yg bagus, tetapi juga karena faktor gengsi tersebut
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:36
Quote:Original Posted By irturhamun
True Story sekali gan


Yahh begitulahh realita yang ada..
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:44
Quote:Original Posted By abdulrazakr80


Maaf nih, tp biasanya anak2 yg pengen masuk sekolah favorit biasanya bukan hanya ingin mendapatkan kompetensi yg bagus, tetapi juga karena faktor gengsi tersebut

soalnya banyak dari temen ane yg melakukan itu gan , dan ane pun juga pernah melakukan itu cuma buat cari nama doang ikut" yang namanya tawuran yang ada sekarang berujung penyesalan gan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:45
Quote:Original Posted By abdulrazakr80


Maaf nih gan, mungkin apa yang agan pikirkan dulu semasa sekolah yah yang penting lulus, tanpa berpikir bahwa itu akan menetukan masa depan... ane kurang begituhh yakin, tp mungkin pengalaman agan bisa di share lebih mendalam lagi.. yahh itung2 menjadikan contoh bagi kaskuser lain supaya rajin semasa sekolah


Ya gan, persis yang penting lulus..

Cuman ditambah di otak ane mikirnya cuman belajar dan perpustakaan aja..

Udah gitu, ane juga sangat jarang sosialisasi..

Sensitif.. Mudah tersinggung..

Jujur aja, ane udah kerja 5x, ane S1 IT gan..

Dan gak pernah lebih dari sebulan tahan kerja..

Bawaannya mau mati aja ane gan..
0 0
0
Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah
21-02-2015 22:48
bener banget. baru kerasa pas kuliah, tugasnya bejibun dan ga bisa copas
0 0
0
Halaman 3 dari 70
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia