Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kebunbibitAvatar border
TS
kebunbibit
Menutup Luka Pada Bonsai
Menutup Luka Pada Bonsai




Untuk melakukan pembentukan ranting pada bonsai, tidak jarang harus memotong cabang, bahkan juga batang utama. Persoalannya, bekas potongan itu menyisakan bekas yang mengganggu penampilan. Bekas potongan itu meninggalkan bekas di bagian tepinya yang menebal. Bagi penggemar bonsai yang cermat, hal ini dianggap kurang perfect, tidak indah, dan mengganggu kesempurnaan sebagai sebuah bonsai.

Bonsai yang baik itu bukan sekadar pohon besar dalam bentuk mini. Tetapi harus nampak kesan bahwa bentuk mininya itu seolah-olah terjadi secara alami, bukan hasil rekayasa manusia. Itulah sebabnya sebuah training yang berhasil manakala hasil training itu sudah tidak terlihat lagi bekasnya. Pada kompetisi bonsai kelas bintang misalnya, kesempurnaan training ini justru menjadi perhatian utama yang menentukan nilai. Sebuah bonsai yang dibentuk dengan wiring (pengawatan) misalnya, pada saat kontes harus terlihat seolah-olah tidak pernah mengalami pengawatan. Demikian pula bekas potongan batang, akan lebih baik kalau bekasnya tidak kelihatan kalau batang itu pernah dipotong. Persoalannya, semakin besar sebuah batang yang dipotong, bekas potongan itu cenderung makin nampak.

Cara yang paling praktis salep khusus yang digunakan untuk menutup bekas luka agar kambium cepat tumbuh. Dengan menggunakan salep kambium maka dapat menghemat waktu hingga empat kalinya, dibanding kalau dibiarkan begitu saja. Lagi pula dengan membiarkan bekas potongan sangat rentan mengundang bakteri dan penyakit. video cara penutupan luka pada bonsai dapat Anda lihat disini

Dusun Tonggolari RT04 RW09 Desa Sidomulyo, Kota Batu-Jawa Timur
Layanan Pelanggan 0341-599399 | SMS CENTER : 08569020300




tata604
tata604 memberi reputasi
1
7K
5
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.