Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tonbadAvatar border
TS
tonbad
[SHARE] Langkah-Langkah Lengkap Cara Membuat Website
Spoiler for Gambar:


Halo Para mastah, agan dan sista di forum kaskus tercinta ini.

Ane mau share tentang Langkah apa saja yang ditempuh dalam membuat website, oke langsung saja, hampir semua para pebisnis sudah mempunyai Blog/Website untuk menunjang bisnis mereka, bagaimana dengan anda? Di Indonesia para pemain pemilik Blog/Website bukan hanya mereka yang memiliki bisnis, banyak anak-anak sampai para orang tua berbagi tentang ilmu dan pengalaman melalui web yang mereka bangun.

Banyak sekali manfaat dalam memiliki Blog/Website, Jika anda ingin membuat Blog/Website dan bingung dimulai dari mana, dan apa saja langkah yang harus di tempuh dalam membuat dan mendirikan Blog/Website, dalam tutorial ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam membuat Blog/Website.

Mencari dan Memilih Domain

Membeli domain ialah persiapan awal yang harus dilakukan ketika kita hendak membangun atau membuat sebuah Blog/Website. Domain ialah sebuah nama yang digunakan sebagai alamat sebuah Blog/Website. Pemilihan nama domain sendiri umumnya melewati serangkaian penelitian serta analisa. Agar nanti Blog/Website kita menjadi sangat mudah untuk dikenali dengan target pasar dan pastinya supaya mudah bersaing dengan Blog/Website-Blog/Website yang lain yang juga membidik target yang sama.

Gunakan domain yang simple, unik, serta memanfaatkan keyword yang banyak dicari sama target market tetapi belum banyak digunakan sama pemilik Blog/Website yang lain. Semakin tepat kita menentukan nama dari domain, maka toko online atau Blog/Website kita berada pada tempat yang strategis dan memegang kekuatan yang sangat penting sehingga dikunjungi target market yang luas, ibarat sebuah tempat jualan yang berada pada pinggir jalan utama dan berada di letak target pasar yang tepat.

Menyewa Jasa Hosting

Langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah membuat tempat Blog/Website tersebut supaya bisa online alias menyewa hosting. Hosting adalah server yang senantiasa terhubung dengan internet, jadi server selalu online selama 24 jam. Bagi kita yang hendak mengembangkan Bisnis ataupun usahanya lewat internet, mempunyai server sendiri pasti lebih strategis. Namun yang pasti dengan begitu kita bayar dengan ongkos yang enggak kecil.

Bisa mencapai belasan atau malahan puluhan juta rupiah. Tetapi bagi kita yang perintis lebih disarankan menyewa hosting pada penyedia jasa kontrak hosting. Biayanyapun bervariasi kita bisa pilih mulai denga bulanan atau tahunan, terpaut pada ukuran yang kita butuhkan. Semakin gede isi yang disewa pasti semakin banyak lagi data-data yang dapat kita upload.

Mendesain Blog/Website

Setelah mempunyai domain bersama hosting, sekarang saatnya kita mendesain Blog/Website yang kita inginkan. Untuk dapat mendesain sebuah Blog/Website, kita lebih lebih dulu mesti dapat menguasai bahasa pemrograman. Bagi perintis dapat menekuni bahasa HTML, PHP serta MySQL.

Setelah menguasai itu semua, kita dapat meneruskan dengan berlatih pemrograman dengan bahasa CSS serta Javascript. Tetapi bagi kita yang enggak bersedia sibuk serta sangat suka praktis kita dapat membeli desain web kepada penyedia jasa web desain. Tentu saja memakai dana yang bertambah dan tidak sedikit jika dibandingkan kita mendesain web kita sendiri pasti akan lebih murah.

Jika ingin mencari inspirasi dalam desain web, kita bisa mencoba untuk mengunjungi Blog/Website tetangga. Setelah itu coba periksa dan amati desainnya, kita juga bisa mengambil kode css jika kita ingin meniru dan memodifikasi dengan Cara melihat Source Code Blog/Website, untuk caranya agan bisa cari di forum tercinta ini.

Ada solusi lain semisal kita kagak suka pusing karena bahasa pemrograman, tapi kita mau membikin beserta mewujudkan web kita sendiri, kita dapat membuat web dengan instant cuma lewat beberapa klik saja. Karena ada program CMS ( wordpress, joomla, drupal, dll ) yang cukup mudah untuk dipelajari.

Saatnya Melaunching Blog/Website

Setelah seluruhnya beres dan siap, tibalah saatnya kita meluncurkan Blog/Website kita. Disarankan, sebelum dipublikasikan kita melakukan pengecekan kembali terlebih dulu. Lakukan pengecekan pada setiap browser ( Internet Explorer, Firefox, Chrome lalu Safari ), usahakan bentuk tampilan web kita sama pada setiap browser.

Gunakan juga Google Analytics buat mengenal dan menganalisa browser apa saja yang paling kerap dan sering dipakai sama user, karena begitu kita mampu lebih fokus serta menitikberatkan setting pada bentuk yang paling kerap digunakan user tersebut. Setelah tampilan dengan konten dari web kita telah standar, kita dapat lekas melaksanakan launching Blog/Website kita tersebut.

Melakukan Perawatan

Memiliki Blog/Website hebat dengan desain yang menarik saja belum cukup. Upaya publikasi bersama update data ataupun postingan wajib rutin dilakukan. Update data dapat dilakukan secara harian, berikan tamu web kita informasi yang bermanfaat. Jangan lupa lakukan backup data secara berkala, misalnya 1 pekan sekali. Tujuannya adalah menghindari kehilangan data yang diakibatkan kesalahan kita atau pihak yang lain.

Itulah langkah-langkah dalam membuat Blog/Website dari awal hingga akhir..

semoga membantu...

Thanks....

sumber : www.nyekrip.com
Diubah oleh tonbad 20-02-2015 00:54
0
7.8K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Templates & Scripts Stuff
Templates & Scripts StuffKASKUS Official
2.5KThread660Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.