whit3cl0udAvatar border
TS
whit3cl0ud
Heli V911
Di Thread ini, ane ingin para pemain heli wltoys v911 berkumpul disini dan saling bisa memberikan masukkan dipermasalah seputar v911 atau sebagai referensi yang mau beli heli rc.
Kalo ada yang salah atau jelek diposting ini, jangan dilempar bata ya gan emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

Heli V911 adalah jenis heli mini 4 channel, yang sangat stabil dan bandel digunakan. Sparepart melimpah ruah yang jual, mudah mencarinya dan yang terpenting yang satu ini, harga nya murah.


Kalo ada yang nanya 4 channel itu apa begini sedikit penjelasannya, macam-macam channel itu sendiri yang diketahui ada 4, yakni :

- RC Helikopter 2 channel hanya memiliki 2 tipe gerakan, yaitu naik/turun,putar kiri/kanan saja. Jenis ini kurang diminati karena hanya memiliki 2 gerakan saja dan cocoknya hanya untuk pemula. harganya sangat murah dan juga tahan banting, sehingga cocok untuk pemula.

- RC Helikopter 3 channel memiliki 3 tipe gerakan, yaitu naik turun, berputar ke kanan dan ke kiri lalu maju dan mundur. Ini jenis yang masih tergolong mudah untuk pemula belajar main heli, jadi untuk yang baru mau beli dan belajar heli rc disarankan dimulai dari heli jenis ini dan harganya juga masih cukup murah.

- RC Helikopter 4 channel sudah memiliki 4 gerakan, gerakannya adalah atas / bawah, memutar kiri / kanan, maju / mundur, lateral kiri / kanan. Tipe ini yang dimiliki oleh heli v911. tidak disarankan bagi pemula karena tipe ini lebih baik digunakan oleh pemain tingkat lanjut. Selain kendalinya yang cukup susah, harganya juga tak terjangkau bagi pemula. Walau ane pertama kali beli dan belajar heli dari jenis ini. Dengan jerih payah dan kenekatan sedikit akhirnya bisa paham cara memakainya.emoticon-I Love Indonesia (S)

- RC HELICOPTER 6 channel memiliki 6 type gerakan yaitu, atas / bawah, memutar kiri / kanan, maju / mundur, lateral kiri / kanan, terbang terbalik. Tipe ini merupakan tipe yang memiliki kemampuan persis helikopter, jadi hanya pengguna yang mahir saja yang bisa mengendalikannya. Harganya pun juga tak ramah dikantong, karena harga sebuah rc heli tipe ini mencapai 1juta bahkan lebih dan itupun terkadang belum termasuk suku cadang.
kalo ane jujur belum pernah main heli ini, heli 6 channel yang ane pengenin v922. Semoga kesampeanemoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

Jika masih bingung, ringkasannya begini niihemoticon-I Love Indonesia (S) :

2 ch : naik/turun, putar kiri/kanan
3 ch : naik/turun, putar kiri/kanan, maju/mundur
4 ch : naik/turun, putar kiri/kanan, maju/mundur, kesamping kiri/kanan
6 ch : naik/turun, putar kiri/kanan, maju/mundur, kesamping kiri/kanan, terbang terbalik

ch = Channel

Namun terkadang ente mungkin menemukan RC Helikopter bertuliskan 3,5 ch, 4,5 ch dan 5 ch , sebenarnya itu hanyalah fungsi tambahan saja seperti mematikan/menyelakan lampu, menembakkan roket, dll.
emoticon-Cendol (S)

Heli v911 kini sudah ada versi terbarunya yakni v911 pro atau v911 v2, kalo kata orang - orang bedanya di remote nya atau tx nya.
berikut penampakkannya v911


penampakkan v911 pro


Untuk urusan remote, v911 bisa memakai remote v911 pro, v912 dan v913. Ane sendiri memakai v911 pro dengan remote v912. Jadi sudah tidak dapat diragukan lagi bisa atau tidaknya. Pertanyaan kok bisa pakai remote v912, kenapa gak pakai v911 nya gan? emoticon-Bingung (S).
Yoi ane beli heli v911 pro bnf dan heli v912 rtf, nah remotenya ane tinggal pakai tuk v911 pro nya deh, lumayan lebih murah harga v911 pro bnf dari pada v911 pro rtf.

Sebentar gan, agan dari tadi sebut2 bnf dan rtf, binatang jenis apaan lagi tuuh gan? hehehe.
Sebenarnya ada tiga macam, bnf, arf dan rtf
bnf - Bind N Fly, jadi tuk menerbangkannya butuh di bind dulu baru bisa terbang, ribet dong gan....? nggaklah.
Terus gimana cara bind nya gan? gampang tinggal pasang baterai di v911 dan dia mulai kedip2 lampunya, baru nyalakan remotenya dan bunyi bip.. bip... tunggu selesai. Tinggal terbang

arf - Almost Ready to Fly, tuk heli v911 atau yang keluaran wl toys, gak ada yang jenis ini

rtf - Ready To Fly, Tinggal nyalakan helinya dan lalu nyalakan remotenya. Sebenarnya sama aja cara dengan bnf, bedanya bnf dijual tanpa ada remote nya, dan dipakai untuk cadangan jika heli agan hilang entah kemana atau rusak. Jadi agan tidak perlu beli lagi yang versi rtf yang relatif lebih mahal dari pada bnf.

Baterai yang dipakai adalah lipo 1s, yang bisa dicharger oleh agan - agan semua. Lipo adalah kependekkan dari Lithium Polymer, 1s berarti 1 sell.
Begini penjelasannya :
1 sell lipo = 3,7v,
2 sell lipo = 7,4v,
3 sell lipo = 11.1v dan seterusnya.
Contoh : Baterai lipo 3s (11.1v) 2200 mah
Berarti baterai itu punya tegangan 11.1 volt dan daya 2200 mah (miliamphere)

Standard tegangan baterai lipo adalah 3.7 volt, 2s, 3s dan seterusnya hanya baterai itu disusun secara seri sehingga voltase meningkat.
Dan mah mudah ngebayanginnya adalah jumlah daya tampung tangki bahan bakarnya. Tentunya semakin besar mah baterai tersebut semakin lama heli itu dapat terbang diudara.

Dan untuk baterai heli v911 adalah lipo 1s 120 mah dan v911 pro adalah lipo 1s 200 mah.
Akan tetapi pada umumnya kemampuan baterai dibawah dari spesifikasi yang tertulis.

Tuk manualnya v911 bisa didownload disini
[URL="http://www.4*shared.com/office/8ccIl0_6ce/780456_V911_Copter_micro_heli.html"]Download Manual v911[/URL]

Tuk memperbaiki v911:
Melepas tail motor dan baling - baling belakang (tail blade)

tuk panduan nyolder kabel tail motor, berikut pcb v911



Melepas dan mengganti baling - baling utama (main rotor blade)


sebenarnya ane ingin buat group pecinta v911 di facebook, tetapi karena dikomunitas ane, cuma ane sendiri yang main jadi gak bisa bikin group tanpa add anggotanyaemoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S). Nyari group nya di facebook gak ada, semoga aja setelah ini ada yang mau membuatnya dan kita bisa saling bisa upload heli masing2 atau yang lainnya.

Kalo ada yang salah mohon dikoreksi dan jika ada yang kurang mohon diinfokan ya gan.
Demikian dulu deh thread nya, mohon diberi emoticon-Blue Guy Cendol (L)


emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh whit3cl0ud 21-02-2015 21:54
0
31K
181
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Model Kit & R/C
Model Kit & R/CKASKUS Official
310Thread788Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.