Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kynkAvatar border
TS
kynk
Jangan Bangga Dulu Jadi Generasi 90an
Jangan Bangga Dulu Jadi Generasi 90anJangan Bangga Dulu Jadi Generasi 90anJangan Bangga Dulu Jadi Generasi 90an

Demikian secuil lelucon mengenai dulu dan sekarang. Seperti yang mungkin rekan-rekan sekalian sudah banyak mengetahui lagi ng-trend yang namanya generasi 90an. Bisa muncul dari permainan, tayangan, pembelajaran,dan berbagai macam hal yang dihubungkan dengan kebiasaan bocah masa sekarang.

Tapi disini bukan perspektif seorang anak yang akan saya bahas, tetapi mengenai kita sendiri yang pernah hidup di masa 90an. Kenapa? Karena lumrahnya anak hanya ”peniru” apa yang telah kita sajikan sekarang sebagai orang yang selalu membanggakan masa bahagia di 90an.

Sekarang kembali lagi, kenapa kita yang di 90an bisa dianggap salah? Menurut saya sendiri yang juga hidup di 90an, kita tidak mencontohkan yang baik. Kenapa permainan kita dulu beragam? Kenapa kita sering main dilapangan bersama teman-teman? Karena kita dulu terbatas. Kita berfikir bagaimana caranya menghabiskan waktu dengan keterbatasan yang kita miliki. Misalnya, tayangan dulu terbatas sehingga kita tidak menghabiskan waktu hanya menonton di depan tv seharian dan lebih memilih bermain diluar. Tapi ingat, pada hari minggu kita bebas menonton sepuasnya dari pagi sampai sore karena tayangan untuk kita tayang. Atau pada saat ada tayangan tertentu kita bisa pulang kerumah sejenak hanya untuk menonton tv dan setelah tayangan habis kita kembali lagi keluar bermain. Atau saat tetangga ada yang punya console game terbaru kita datang kerumah dia hanya untuk melihat dia bermain dan pada akhir 90an saat Play Station muncul kita berbondong-bondong ketempat rental untuk bermain.

Bagaimana dengan sekarang? Semua yang terbatas pada kita dahulu sudah mulai menipis, bahkan bisa dibilang sudah tak terbatas. Tayangan berbagai pilihan ada 24 jam, console game sudah mudah ditemui bahkan kita tidak perlu console untuk bermain games yang kita suka. Dan jangan dipungkiri, dengan teknologi sekarang kita seperti balas dendam dengan keterbatasan kita dulu. Saat kita balas dendam tersebut, generasi berikutnya meniru tingkah laku kita. Dan saat kita mulai puas balas dendam, sang peniru yang benar-benar hanya meniru tidak berhenti melakukannya karena motivasi mereka tidak ada batasan seperti kita.

Jadi intinya, kita bertanggung jawab atas generasi sekarang. Jangan menjudge mereka atas tindakan kekinian yang sebenarnya hanya meniru kita. Kita dulu terjaga oleh keterbatasan, sekarang jagalah mereka dari tidak adanya batasan.

Ane gak peduli sama judge ente sekalian, gak peduli juga sama rating, dan sebagaimana macamnya lah. Ane cuma mau kita yang pernah katanya bahagia di 90an menularkan kebahagiaan itu sekarang juga kepada anak atau keponakan kita dengan adaptasi dunia sekarang. Kalau tidak, tidak akan ada lagi yang namanya "anak-anak" sebenarnya dan yang tinggal hanya orang dewasa dalam tubuh bocah yang terpaksa.

So, semoga Indonesia Jaya Selalu.

0
10K
44
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.