Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mrtm09Avatar border
TS
mrtm09
Menjadi Programmer tetap atau Freelancer
Setelah lulus kuliah, apa yang kita fikirkan mungkin ada yang langsung melamar sana sini untuk menjadi pegawai fulltime, kebanyakan sih yang poin ini menjadi programmer dengan status fulltime atau syukur syukur jadi pegawai tetap, apa lagi buat bekal kalau ditanya camer hihi (calon mertua) dipanggil camer ..Le !!... (kalau jawa) atau Tong !!(kalau Betawi) atau apalah, sambil menatap cuek .. "Sekarang kerja dimana??? kalau punya penghasilan tetap tentunya akan bilang dengan Pd nya "Saya kerja di PT.Semoga Sukses? Alhamdulillah sudah menjadi pekerja tetap.". Si Camer cuma berguman "Ohh,!!" sambil difikirannya terlintas gajinya berapa ya?? apa cukup ya ketika tuker tukeran tulang sama anak gw ya.. (bukan tuker tukeran coklat yang bukan tradisi dikita). dia jadi tulang punggung anak gw dan anak gw jadi tulang rusuk dia (maksudnya resmi jadi suami istri). Apa lagi ketika kita sudah tetap penghasilan tinggi wehhh bisa jadi pemikat camer kita, sehingga kita bisa bilang "Alhamdulillah pak sekarang gaji saya sudah diatas 5jt" .. wehh pasti camer mikir... aman dah buat anak gw.. haha dan tentunya kita bisa berfikir juga ... wah sebentar lagi gw jauh jauh dari status Jones (jomblo ngenes .. haha).. ini disisi camer, bagaimana juga disisi ortu, saudara dan tetangga, mungkin cara memandang dan tatapan mereka ke kita akan lain
.Ada hal yang harus menjadi bahan pemikiran .. karier kita kebanyakan paling sampai antara Programmer Junior s/d Programmer Senior.

Ada lagi dengan pemikiran yang ideal, ah ane mau membangun aplikasi saja contoh ERP,POS atau BackOffice. dan mau ane jual, ini juga hal yang positif apalagi punya impian menjadi bill gates, membangun dan memasarkan, tetapi hal ini ada beberapa pertimbangan yang harus menjadi bahan pikiran, pertama kita tidak bisa seperti menjadi programmer tetap/full time seperti poin pertama, ketika kita mendekati camer, dipandang sama ortu,saudara atau tetangga..kali ada tetangga yang mau nyodorin anaknya buat jadi bini kita.. haha
Menjadi point ini perlu tantangan untuk menjadi sukses, ada proses yang harus dilalui, pertama harus sabar dalam menghadapi segala situasi, terutama ketika kita tidak dipandang wah sama calon client kita karena ada sisi lain dimana kita bertindak sebagai pengembang yang baru yang tentunya belum dikenal(hal ini pernah ane alami). Kedua keilmuan marketing harus juga kita gali. bagaimana menghadapi client client dengan berbagai macam karakter. Jangan jangan begitu pertama ketemu mereka kita langsung KO mental. Artinya banyak proses yang harus kita lalui. Dan bagaimana keilmuan ketika kita sudah dapat client, apa yang harus kita lakukan.

Tetapi sebenarnya point ini setingkat lebih tinggi dari point pertama, ketika sukses, maka pendapatan kita akan jauh ketimbang menjadi seorang programmer tetap/freelance.

Point ke Tiga menjadi Freelancer.Bekerja dengan jadwal yang bebas, tanpa stres akibat kemacetan, lebih banyak waktu untuk lainnya, tanpa omelan dari bos, atau mau mendapatkan gaji yang lebih besar. Mungkin hal ini bisa Anda nikmati bila Anda bekerja secara freelance sebagai seorang freelancer atau bekerja secara independen atau pekerja lepasan. Untuk dapat menjadi seorang freelancer yang berhasil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena selain berbagai hal positif yang dapat Anda nikmati, Anda juga harus bersiap untuk mengatasi hal yang tidak menyenangkan dari seorang freelancer.
Dan sekarang menjadi seorang freelancer memang dapat menjadi pilihan bagi kita yang sudah bosan dengan pekerjaan kantoran yang tidak fleksibel. Kini, jumlah pekerja freelance sudah semakin banyak, seperti fotografer, desainer, penulis, agen asuransi, programer, dan lainnya.

Bekerja freelance didorong berkat kemajuan dari Internet yang sudah menjadi bagian hidup. Idealnya, seorang freelancer mencari sendiri pekerjaan yang akan dikerjakannya. Ini dapat dipermudah dengan mencari melalui Internet. Atau bila Anda kesulitan mendapatkan proyek untuk dikerjakan, ada banyak agensi freelance dapat Anda temukan di Internet. Agensi akan menyediakan proyek yang dapat dikerjakan. Setelah selesai, Anda tinggal mengirimkan hasil kerja Anda melalui Internet dan Anda akan memperoleh bayaran dari hasil kerja Anda.
Manfaat lain dari Internet untuk freelancer adalah sebagai tempat untuk mempromosikan keahliannya. Maraknya situs jejaring sosial dan blog memudahkan para pekerja bebas ini tidak perlu repot mempromosikan produknya dengan brosur atau kertas yang belum tentu efektif dan membutuhkan biaya yang lebih banyak.
Berkembangnya teknologi komunikasi yang murah dan mudah telah menjembatani antara kebutuhan konsumen dengan freelancer. Dengan menggunakan SMS, email, atau messenger membuat freelancer tidak perlu menghabiskan lebih banyak uang untuk biaya transportasi menemui konsumen. Tanya jawab dan produk yang ditawarkan dapat dengan mudah dikirimkan dalam waktu yang cepat.

Enaknya Seorang Freelancer
Berbagai hal yang tidak bisa dinikmati oleh seorang pekerja sepenuh waktu (full time) menjadi hal biasa yang dapat dinikmati freelancer. Beberapa di antaranya yaitu:

Fleksibel waktu

Umumnya, Anda bebas mengerjakan tugas Anda kapan saja asal bisa diselesaikan sebelum batas waktu (deadline) yang telah ditentukan. Jadi, Anda bisa libur semaunya dan bisa lebih dekat dengan keluarga. Anda juga tidak perlu pergi ke kantor yang mungkin harus melewati kemacetan yang membuat stres.
Tidak perlu mendapat tekanan dari atasan atau perusahaan

Anda bekerja untuk Anda sendiri, jadi tidak ada atasan yang akan memarahi Anda atau menyuruh Anda melakukan sesuatu yang tidak Anda suka. Tidak ada peraturan perusahaan yang akan menyulitkan Anda. Jika Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut, Anda cukup mencari pekerjaan lain dengan mudah tanpa ada ikatan kontrak perusahaan.
Pendapatan yang Lebih Besar

Biasanya seorang pekerja lepasan mendapatkan pendapatan yang lebih besar karena semua keuntungan dapat dinikmati sendiri atau bila harus berbagi, porsinya lebih besar dibandingkan gaji yang biasa diterima. Sebagai pekerja freelance, Anda bisa mengatur sendiri besarnya pendapatan yang ingin Anda terima.

Begitu juga yang ane alami, lulus dari tahun 1997, dan mulai menggeluti pegawai tetap dari perusahaan sampai ke lain perusahaan, tetapi ternyata sampai sekarang lebih enjoy di freelancer, dari mulai pemrogramman VBA MS Office, VB, PHP, Java, alhamdulillah.

Hitungan milestone pekerjaan dengan pekerjaan yang harus diselesaikan dalam hitungan Jam, hari,minggu bahkan bulan dilalui dengan enjoy. Saya pernah mendapatkan pekerjaan dan orang sanggup membayarnya dengan 250rb/jam dengan waktu yang diselesaikan dalam tempo 10 jam, bayangkan satu hari dapat 2.5jt, nah kalau kita dapat pekerjaan 40 jam sudah berapa, dengan bekerja 3 hari kita sudah mendahului pegawai full time.

Oke agan agan mudah mudahan tulisan ane ini bermanfaat .. buat agan yang mau ngasih cendol .. ane ucapin tengkiuw
Polling
0 suara
Apakah Agan Suka
nona212
nona212 memberi reputasi
1
16.4K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer ForumKASKUS Official
20.2KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.