Ini catetan ane pribadi gan, dari salah satu orang yang dulunya nggak pernah naik pesawat, terus berkat adanya Perusahaan yang nyediain Low Cost Carier alias tiket murah, ane jadi bisa jalan-jalan pake pesawat gan.
Berawal dari notes yang nongol di homepage facebook ane gan, ini notes dari salah satu Care Giver (karyawan yang turut membantu di crisis center QZ8501) yang bikin ane merinding: .
Ini yang nulis, yang ternyata juga salah satu pilot Air Asia gan:
Spoiler for Notesnya:
Mau berbagi cerita tentang pengalaman saya menjadi Care Giver di Crisis Center QZ8501 kemarin.
Topi dan tas yang saya pakai hari ini adalah hadiah yang diberikan keluarga penumpang QZ8501 yang saya tangani. Saya gak nyangka, keluarga tersebut begitu baik terhadap saya, padahal awalnya mereka tertutup dengan saya. Mereka tidak mau mendengar apa yang saya informasikan. Cukup dimengerti karena situasi ini tidak mudah sama sekali bagi mereka. Berhubung niat saya membantu sudah bulat, saya berpikir bagaimanapun caranya saya harus bisa mendekati mereka.
Fungsi saya sebagai caregiver adalah memberikan informasi paling update yang berkaitan dengan keluarga penumpang yang bersangkutan, maka saya berusaha untuk melakukannya sebaik mungkin. Walaupun tidak jarang saat saya memberikan update yang mungkin tidak sesuai dengan harapan, saya malahan dimarahi, ya sudah saya pasrah saja. Sebisa mungkin saya justru berusaha untuk menyenangkan dan memberi empati kepada keluarga, karena musibah ini membangkitkan rasa kemanusiaan saya secara pribadi.
Satu lagi yang menarik, saat mereka tahu bahwa saya seorang pilot, mereka selalu menanyakan tentang kejadian ini dari sudut pandang saya sebagai pilot. Untuk menenangkan hati keluarga, saya berusaha untuk menjelaskan bagaimana normal procedures dalam penerbangan. Sebagai pilot, aturan standar kami adalah Aviate (fly the aircraft), Navigate, Communicate secara berurutan, dan yang paling mendasar adalah kami selalu berusaha untuk mengutamakan keselamatan penumpang. Hingga kini, keluarga mulai menganggap saya seperti teman dekatnya sendiri. Sampai pada satu saat, keluarga tersebut memberikan saya hadiah ini, topi dengan bordir "Capt Shy". Walaupun sederhana, saya merasa senang, ternyata mereka merasakan kedekatan yang saya rasakan juga. Terlebih lagi saya merasa kerja keras dan segala hal yang saya berikan selama di Surabaya sebagai caregiver tidak sia-sia.
Saya tidak sendirian. Teman-teman All Star yang lain masih disini dengan motivasi dan semangat yang sama.
Semoga apa yang saya dan teman teman saya lakukan disini untuk keluarga penumpang QZ8501 akan menjadi sesuatu yang berharga bagi mereka dan kita semua, Amin! #togetherwestand
Yang namanya masa sulit, emang bisa dateng kapan aja. Tapi bukan berarti kita nggak bisa move on buat jadi lebih baik gan. . .
Setelah baca status yang rame di facebook itu, ane jadi kepo soal apa yang dilakukan AirAsia di Indonesia.
Quote:
Mulai dari Ownernya, Tony Fernandes,
Saking pentingnya, Tony Fernandes, pemilik perusahaan sampai turun ke lapangan buat bertanggung jawab sama apa yang baru saja terjadi pada perusahaan yang didirikannya dengan susah payah.
Quote:
Bahkan, pemerintah sampai turun tangan gan
Pemerintah juga turun tangan dalam menangani pesawat QZ8501. Mulai dari pemerintah pusat, sampai pemerintah daerah, semuanya turun tangan gan. Basarnas, Militer, bahkan sampai berbagai relawan dan media, mulai gerak cepat sampai akhirnya pesawat bisa dievakuasi. Bahkan, walikota surabaya sampai turut menemani semua keluarga korban dan ikut menenangkan mereka. #salut
Quote:
Nggak Cuma itu gan. Sebagai salah satu bentuk simpati, AirAsia di berbagai negara juga merubah warna logo mereka dari warna merah ke abu-abu.
Di Indonesia sendiri, ane cek, dari kejadian sampai sekarang, AirAsia Indonesia masih menggunakan logo berkabung mereka, bahkan belum ada satu pun promosi tiket yang dilakukan oleh AirAsia Indonesia sampai sekarang gan:
Quote:
Sampai, beberapa waktu lalu, pemilik perusahaan Air Asia sampai ngirim email ke semua pelanggannya sebagai ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak saat QZ8501 gan:
Terakhir, kebetulan temen ane share link tentang #TogetherWeStand. Karena ane kepo, ane cari tau apa itu maksudnya. Ternyata, itu salah satu bentuk dukungan yang dimulai dari para kru Air Asia di Indonesia buat dukung perusahaannya kembali memerah lagi gan.
Quote:
Tujuannya dari #TogetherWeStand apa gan? Kalo ane sebagai orang awam dan emang penumpang AirAsia dari jaman dulu, ane sih ngeliatnya ini sebagai bentuk dukungan pelanggan dan pengguna pesawat terbang yang emang ngerasa terbantu sama Air Asia gan. . Bayangin, sebelum ada pesawat ini, boro-boro naik pesawat, liat harga tiket pesawat aja minder. Harganya tinggi.
Quote:
Kerennya lagi, ternyata #TogetherWeStand akhirnya difasilitasi oleh AirAsia gan. Mereka akhinya nampilin tweet terkait #TogetherWeStand, dan nongol di website mereka http://www.airasia.com/togetherwestand/
Jadi, setiap tweet tentang #TogetherWeStand , bakal ngerubah logo Air Asia yang tadinya abu-abu jadi merah lagi gan.
Terus terang ane agak tersentuh sih Gan. Sebagai orang yang tadinya nggak pernah naik pesawat, ane jadi bisa naik pesawat berkat ada tiket murah dari berbagai maskapai penerbangan, salah satunya Air Asia.
Quote:
Ane di sini juga yakin gan, agan-agan kaskuser juga banyak yang udah pernah pake pesawat Air Asia. Gimana menurut agan sama #TogetherWeStand? Apa jangan-jangan agan udah ikutan duluan dari ane? Share dimari yuk gan!