Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

OlwinOsaziAvatar border
TS
OlwinOsazi
[WITH PICT] Ini yang terjadi jika oli mesin lama tidak diganti
Bismillahirohmanirohim


Halo agan dan aganwati seIndonesia Raya. Ceritanya my first thread nih gan. Semoga trit ini berguna bagi nusa dan bangsa.

Pertama, bukan maksud ane menggurui ataupun merasa paling tau, ane disini cuma ingin share yang pernah ane temuin pas lagi gugling dan menurut ane menarik dan bisa memberikan manfaat buat agan-agan sekalian.
Kedua. Jangan lupa ijoh ijooohnya ganemoticon-Cendol (S)
Ketiga. sruput kopi dulu sambil baca-baca gan, biar gak tegang.

Spoiler for INTRO::

Oke, barusan ane gugling, tentang cara mebersihkan kerak karbon sisa pembakaran di mesin ane, disitu ane baca artikel si tukang bengkel bikin eksperimen yang sengaja tidak mengganti oli mobil sampai 40.000 KM gan! bayanganin deh itu sama aja bolak balik anyer panarukan sebanyak 40x.. emoticon-Berduka (S)
Nah berikut penampakannya dari dia buka mesin gan, mungkin ini pict juga bisa masuk sub forum DP yee.. haha
Spoiler for Mobilnya bmw gan, gatau seri apa.:

Spoiler for Kap mobil dibuka:

Spoiler for Taaa daaaa!!!:

Spoiler for Itemm:

Spoiler for Terakhir dari si BMW gan:

Sebenernya kasian banget ane mobil bagus-bagus digituin gan, ane punya mobil aja belum kesampeanemoticon-Berduka (S)doain ya gan ane punya mobil, terus kalo dah punya ane janji pasti bakal ane pelihara baik baik kaya pelihara si otong dibawah udel ane.. hahaemoticon-Najis (S)

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi jadwal penggantian oli mesin gan:
  1. Cara mengemudi mobil dan beban yang di angkut mobil, semakin berat kerja mobil sebaiknya mengganti oli mesin lebih sering dari pada saat menggunakan mobil pada kondisi normal. (ini berarti jangan suka asal kalo bawa mobil gan jangan terlalu digeber-geber)

  2. Kondisi dan umur mesin mobil, kondisi dan umur mobil yang sudah tua biasanya terjadi kebocoran pada ruang bakar sehingga oli ikut terbakar, sehingga menyebabkan volume mesin cepat berkurang. (ini yang terjadi ama motor tua ane gan, bocor dimana manaemoticon-Berduka (S) ).

  3. Trafik lalu lintas yang sering Anda lalui, pada kondisi jalanan yang macet mesin cenderung cepat panas karena aliran udara pendinginan radiator kurang, ini menyebabkan oli mudah menguap. (Yang anak jakarta sekitarnya nih, mending ngontel. wkwk).

Di buku manual Pemilik Kendaraan mempunyai rekomendasi pergantian oli dan filter yang bervariasi gan jadi susah juga kalo mau rutin ganti oli, kalo poin-poin diatas mempengaruhi, Agan juga bisa melihat rekomendasi jarak tempuh penggantian oli pada kemasan oli yang agan gunain. Tapi sih ini mungkin cuma teknik dagang aja biar pelanggannya sering ganti oli..

Kalo biasanya ane di saranain sama tukang bengkel ane penggantian oli motor setiap 1500-2000 KM gan, kalo mobil kisaran 7.000KM-10.000KM (Hasil gugling) dan penggantian oli itu relatif gan, tergantung pemakaian. Dan yang pasti lebih cepat lebih baik, biar mesin awet gan.

Spoiler for Bonus:


Oke sekian dari ane gan, kalo ada salah kata, atau apapun yang kurang berkenan dihati agan dan aganwati. ane mohon maaf gan. jangan lupa kolor ijonya ya ganemoticon-Cendol (S)

Spoiler for Sumur:


Ni beberapa komeng dari agan-agan kelaperan:
Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Tipe mobil:
Quote:
Diubah oleh OlwinOsazi 29-01-2015 08:26
0
22.4K
178
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.