Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

apimudaAvatar border
TS
apimuda
Tak Koreksi Kesalahan Beri Izin Ekspor Freeport, Bukti Ketakberdayaan Pemerintah
Tak Koreksi Kesalahan Beri Izin Ekspor Freeport, Bukti Ketakberdayaan Pemerintah
SUMBER

Pengakuan Presiden Jokowi terhadap kesalahan pemberian izin ekspor konsentrat PT Freeport namun tidak ditindaklanjuti dengan koreksi terhadap kebijakan tersebut, menurut Pengamat Ekonomi Arim Nasim, menunjukkan dua kemungkinan.

“Adanya persetujuan atau ketidakberdayaan pemerintah akibat adanya tekanan eksternal yang cukup besar!” tegasnya kepada mediaumat.com, Kamis (5/2) melalui surat elektronik.

Namun demikian, ungkap Arim, sebenarnya tak cukup hanya melarang Freeport mengekspor konsentrat karena yang jadi akar masalah adalah pemberian izin kepada perusahaan asal Amerika tersebut mengeruk kekayaan alam Indonesia.

“Seharusnya, izin pertambangan perusahaan tersebut dicabut, begitu juga tambang-tambang raksasa lainnya yang saat ini dikelola oleh pihak swasta/asing, pengelolaan semuanya harus diserahkan kepada BUMN. Dengan demikian, keuntungannya dapat dinikmati secara optimal oleh rakyat negeri ini,” pungkasnya.

Presiden Joko Widodo mengakui ada kesalahan di pihak pemerintah sehingga terjadi penandatanganmemorandum of understanding (MoU) yang memberikan izin ekspor konsentrat ke PT Freeport Indonesia.


Pengakuan Presiden itu, disampaikan Wakil Ketua DPR Fadli Zon, saat pimpinan DPR melakukan rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Selasa kemarin. Namun anehnya, tidak ada pernyataan dari Jokowi atau Fadli Zon yang mengindikasikan akan melakukan koreksi atas kesalahan kebijakan tersebut. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Lanjutkan >>>
0
2.4K
54
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.