Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

puputtripeniAvatar border
TS
puputtripeni
Sarana Ini Digunakan Jokowi untuk Lebih Dekat dengan Rakyat
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah kanal pelaporan berbasis media sosial untuk mengawasi kinerja pemerintah. Layanan ini dikembangkan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) dan kini dikelola oleh Kantor Kepresidenan untuk mendukung pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia.

LAPOR! menawarkan kemudahan, karena masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan uneg-unegnya melalui berbagai kanal, seperti situs www.lapor.ukp.go.id atau SMS 1708. Layanan ini sebelumnya telah digunakan Jokowi semasa beliau menjabat Gubernur DKI Jakarta, dan kini kembali dilanjutkannya untuk mendukung kerja Presiden dalam mengawasi program prioritas nasional pemerintah. LAPOR! juga digunakan sebagai sarana interaksi masyarakat dengan pemerintah.

Menurut informasi dari Pengelola, data dan informasi yang disampaikan masyarakat menjadi bahan analisis strategis untuk disampaikan kepada Presiden. Masyarakat tidak perlu khawatir karena tersedia fitur anonim dan rahasia untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pelapor dalam kasus yang sensitif.

Alur kerja LAPOR! sangat sederhana dan diharapkan mampu mendukung efektivitas pengelolaan pengaduan masyarakat. Setiap aspirasi dan pengaduan akan diteruskan kepada instansi terkait untuk mendapatkan tindak lanjut. Setelah itu, pelapor dan instansi pemerintah dapat berinteraksi lebih lanjut melalui berbagai fitur yang disediakan.
LAPOR! juga menyediakan kanal komunikasi untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat, seperti Twitter @LAPOR1708, Facebook https://www.facebook.com/LayananPengaduanOnlineRakyat, Youtube https://www.youtube.com/user/LAPOR1708 , dan Instagram @LAPOR1708.

Inisiatif ini juga mendapatkan sambutan hangat. Terbukti, LAPOR! dinobatkan sebagai inisiatif terbaik dunia untuk pemerintahan terbuka dalam ajang Open Government Partnership (OGP) di London. Masyarakat pengguna LAPOR! pun memberikan apresiasinya. “Terima kasih BPJS dan LAPOR! untuk respons yang cepat dan solusi yang diberikan. Sangat saya hargai dan apresiasi,” ungkap Joko Himawan dalam laporan https://lapor.ukp.go.id/id/1291367.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mengawal pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia! Menemukan program dan kinerja pemerintah yang bermasalah? LAPOR!-kan saja, untuk Indonesia yang lebih baik.
0
1.2K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.