pikaPpiiAvatar border
TS
pikaPpii
Informasi sebelum traveling ke Swiss
Tulisan ini akan membahas mengenai apa saja hal-hal dasar yang perlu diketahui para traveler sebelum berangkat ke Swiss atau bahkan sebelum memutuskan untuk pergi ke Swiss. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadiku mengunjungi Swiss pada bulan Oktober 2014. Silakan menambahkan ide-ide atau pengalaman pribadi kalian pada komen di bawah ini.

Bahasa
Kita tahu bahwa faktor ini cukup penting bagi kita semua yang ingin bepergian, meskipun terkadang sah-sah saja memakai bahasa tubuh (alias bahasa monyet *yaelah*). Ini adalah beberapa informasi yang aku tahu mengenai bahasa mereka.
Bahasa Utama: Jerman
Bahasa Utama kedua: Perancis
Bahasa lain: Inggris (ngga terlalu banyak yang bisa ngomong Inggris dengan lancar, tetapi mereka bisa mengerti dan ngga susah berkomunikasi dengan mereka dan mereka ramah-ramah kok)

Kurs (Oktober 2014)
Di bawah ini ialah kurs pada bulan Oktober 2014. Untuk kurs saat ini, silakan mencari secara online.
1 CHF = 13000 IDR (kisaran)
1 CHF = 1.35 SGD, 1 SGD = 0.74 CHF
CHF = Swiss Franc, IDR = Indonesian Rupiah, SGD = Singapore Dollar

Visa
Ini adalah salah satu hal yang paling nyebelin (paling ngga bagiku) sebelum berpergian. Apa lagi kalau bukan mengurus visa! Buat bisa masuk ke negara ini, kita perlu visa yang namanya Schengen Visa. Schengen visa ini juga bisa dipakai untuk masuk ke 25 negara Eropa lainnya. Untuk membaca ceritaku waktu memasukkan aplikasi visa, klik di sini.

Rute
Berikut ini hanyalah rute pribadiku saat aku kesana, tetapi sudah mencakup beberapa tempat terkenal. Silakan mengambil sebagai rute alternatif kalian.
Rute: Geneva - Montreux - Zermatt - Interlaken - Lucern - Zurich

Transportasi
Transportasi utama dari kota ke kota: Kereta
Transportasi di dalam kota: Bis, Tram, Sepeda, dan Taxi
Apakah aman untuk berjalan kaki di dalam kota? Ya.

Harga Tiket
Apa yang bakal kutulis di bawah ini ialah tiket dari kota ke kota, bukan tiket di dalam kota. Swiss ngga punya sistem "early bird", jadi ngga perlu beli tiket beberapa bulan sebelumnya supaya dapat murah karena harganya bakalan sama saja. Waktu di sana, aku ngga beli tiket dari satu tempat ke tempat lain, aku pakai Swiss Pass. Tapi, beberapa waktu sebelum memutuskan membeli Swiss Pass, aku pernah mencari informasi dan membandingkan mana lebih baik antara membeli single tiket atau Swiss Pass. Jadi, lebih baik mencari informasi dan membandingkan dahulu sebelum memutuskan akan membeli yang mana. Kalau akan menghabiskan waktu yang lama di Swiss, kusarankan untuk membeli Half Fare Card.

Jika kalian membeli sebelum ulang tahun yang ke-26 (sebelum hari H nya), maka kalian bisa membeli Swiss Youth Pass. Sebenarnya selain Swiss Pass masih banyak pilihan lain seperti Swiss Flexi Pass, Swiss Transfer Ticket, and Swiss Card. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.
PS: Kalian bisa membeli Swiss Pass ini langsung di beberapa stasiun kereta utama mereka, jadi ngga perlu beli online.

Periksalah rute kalian melalui website SBB.

Baca selengkapnya di sini.
0
4.7K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
MancanegaraKASKUS Official
5.9KThread2.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.