Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asep.slankersAvatar border
TS
asep.slankers
5 Penemuan Sederhana Bermanfaat Luar Biasa
Kali ini ane mau bahas nih gan tentang 5 penemuan yang sangat luar biasa gan emoticon-Ngakak
yo simak gan !!!!!!!!!!!!

http://1.bp.blogspot.com/-Mclzvx4dP2...IQI/s400/0.jpg

Begitu banyak peralatan yang dibutuhkan manusia untuk menunjang aktivitas hidup sehari-hari. Tanpa adanya benda-benda itu, sepertinya hidup kita tidak akan seperti sekarang ini. Dikarenakan telah terbiasa, banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa di balik kesederhanaan bentuk atau desain peralatan yang kita gunakan terdapat kisah dan sejarah tentang orang-orang hebat yang menemukannya. Apa saja itu? Berikut 5 penemuan sederhana namun sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari:

1. Jarum jahit
http://1.bp.blogspot.com/-2uKlt2WakN...arum+jahit.jpg
Pernahkah Anda bayangkan jika sampai saat ini jarum jahit belum ada yang menemukannya? Mungkin pakaian yang Anda kenakan sekarang tidak akan pernah ada, dan itu hanya sekelumit dari sekian banyak fungsi dari jarum jahit. Benda runcing dan tajam ini telah digunakan selama ribuan tahun.

Di Swedia, Penggalian yang dilakukan di kepulauan Oland, di Alby, mengungkapkan bahwa jarum yang terbuat dari tulang telah digunakan sejak 6.000 tahun SM. Bahkan pernah juga ditemukan jarum yang terbuat dari gading di Kostenki, Rusia yang telah berusia 30 ribu tahun.


2. Tusuk gigi
http://4.bp.blogspot.com/-ZUq114FDXe...tusuk+gigi.jpg
Alat mungil satu ini biasanya sering dijumpai hampir di setiap warung makan. Namun tahukah Anda, sama seperti halnya jarum, Tusuk gigi juga telah ada sebelum kedatangan manusia modern. Bukti-bukti penggunaan alat untuk menusuk gigi ini ditemukan pada tengkorak gigi manusia Neanderthal dan Homo Sapiens.

Tusuk gigi merupakan alat tertua untuk membersihkan gigi. Mesin pembuat tusuk gigi pertama kali dikembangkan pada tahun 1869 oleh Alessandro Franco. Kemudian mesin serupa juga dipatenkan pada tahun 1872 oleh Silas Noble dan J.P. Cooley.

3. Sisir
http://2.bp.blogspot.com/-B3G2oz0UcW...00/3-sisir.jpg
Tak jelas siapa yang pertama kali menciptakan alat untuk merapikan rambut ini, namun para arkeolog menyakini bahwa sisir sudah ditemukan sejak 5.000 tahun lalu. Sebagai bukti yaitu sisir tua yang terbuat dari emas yang diperkirakan dibikin pada tahun 400 SM, peninggalan bangsa Scythian, yang diketahui pernah hidup di Asia Tengah.

Di zaman dulu sisir terbuat dari tulang, tanduk, tempurung kura-kura, gading gajah, kayu, dan aneka logam. Baru pada tahun 1869, dua bersaudara Isaiah dan John Hyatt menciptakan bahan seluloid. Bahan itu pun kemudian dipakai sebagai bahan dasar dari pembuatan sisir.

4. Peniti
http://4.bp.blogspot.com/-IJs5L9M0Co...0/4-peniti.jpg
Awal mula Peniti berasal dari Mycenaeans sejak abad ke-14 SM, dikenal dengan nama fibulae. Saat itu bentuk peniti tidak seperti peniti yang kita kenal di masa sekarang ini.

Peniti moderen baru diciptakan pada tahun 1849 oleh Walter Hunt seorang penemu asal Winchester, Amerika Serikat. Penemuan ini sebenarnya dilatar belakangi oleh tekanan untuk membayar hutang sebensar US$15 kepada temannya.

5. Sedotan
http://4.bp.blogspot.com/-VlooJtiqET.../5-sedotan.jpg

Sedotan pertama digunakan oleh kaum Sumeria pada sekitar 3.500-2.300 tahun SM, yang merupakan salah satu peradaban kuno di Timur Tengah.

Sedotan modern ditemukan oleh seorang pemilik pabrik kertas rokok berkebangsaan Amerika bernama Marvin C Stone. Penemuannya itu dipatenkan pada tanggal 3 January 1888.

Selain kelima benda diatas, sebenarnya masih banyak lagi benda-benda penemuan sederhana yang sangat bermanfaat luar biasa bagi kehidupan manusia. Misalnya seperti, Karet Gelang, reseleting, klip kertas, gelas, jepit rambut, dan masih banyak lagi lainnya.

sekian thread dari ane gan semoga bermanfaat emoticon-Smilie


seumur:http://tubagusis.blogspot.com/
0
2.1K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.