Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

domobrAvatar border
TS
domobr
Tugu Sepuser, Sebuah Tanda di Tengah-Tengah Pulau Jawa

Bismillahirohmanirohim
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat Datang di Thread Ane



Masyarakat Temanggung masih banyak yang kurang tahu bahwa di Desa Soropadan yang berbatasan dengan Desa Kupen, Kecamatan Kaloran, terdapat sebuah tugu “Sepuser" menandai tengah-tengahnya pulau Jawa. Memang bukan hanya mitos belaka, jika kita melihat peta pulau Jawa maka tengah-tengahnya akan jatuh pada daerah sekitar Desa Soropadan ini.

Menurut penuturan para sesepuh Desa Soropadan, tugu “Sepuser" ini telah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda. Tugu Sepuser ini secara turun temurun masih dipelihara oleh masyarakat sekitar yang dipercayai sebagai tanda tengah-tengahnya pulau Jawa. Pada awalnya tugu ini terbuat dari batu bata berukuran besar yang diyakini dibuat pada masa kerajaan Majapahit.

Dari cerita yang berkembang secara turun – temurun, tugu ini merupakan perempatan antara Gunung Sumbing dan Gunung Merapi dengan laut utara dan laut selatan Jawa. Cerita ini dikuatkan oleh Kepala Desa Soropadan Kusnindaryanto, bahwa Tugu Sepuser ini keberadaannya sudah ada sejak nenek moyang mereka. Namun, bangunan tugu ini sudah dipugar oleh seseorang dari Jakarta dengan menggunakan bahan keramik sehingga tampilannya tampak lebih modern.

Pada masa Bupati Totok Ary Prabowo, tutur Kusnindaryanto, Bupati Totok pernah datang ke tugu Sepuser ini ketika melakukan survey untuk pembangunan lapangan terbang di Desa Soropadan. Pada jaman Belanda di sekitar desa Soropadan ini juga pernah akan dibangun landasan pesawat. Selain itu tempat ini juga berdekatan dengan Kabupaten Magelang sebagai pusat militer.

Pada waktu itu Bupati Totok membawa seorang spiritual yang bernama “Ki Kusumo”. Pada saat itu Ki Kusumo melakukan upacara ritual di dekat tugu Sepuser. Dan akhirnya Ki Kusumo membenarkan tentang keberadaan tugu Sepuser itu bahwa letaknya di tengah-tengahnya pulau Jawa. Namun, lebih tepatnya bergeser setengah meter dari tugu. Tidak lama kemudian Ki Kusumo menggambar bentuk tugu yang asli ketika dibangun pertama kali karena bentuk tugu yang sekarang merupakan bangunan baru.

Bangunan asli tugu Sepuser adalah batu bata berukuran besar yang dibuat pada masa jaman Majapahit. Diatas tugu terdapat sebuah batu yang berbentuk “wudel” atau pusar, yang artinya tengah-tengah. Namun sayangnya bangunan asli ini sudah berubah dan bahan batu bata sudah tidak diketahui keberadaannya.

Desa Soropadan merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Desa ini dilewati jalan raya Magelang menuju Semarang. Untuk menuju tugu Sepuser, kita harus menggunakan kendaraan roda dua karena kondisi jalan merupakan jalan setapak. Berjarak kurang lebih 500 meter dari jalan raya atau sebelah barat dari Kantor Desa Soropadan maka kita akan sampai pada tempat tujuan.

Nih gan penampakanya, emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo
Spoiler for Penampakan:


UPDATE
Nih Video Liputannya gan emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Spoiler for Video Liputan:



Lokasi dalam google map
Spoiler for Lokasi:



Sumur :
http://www.temanggungkab.go.id/poten...i.php?mnid=517
Diubah oleh domobr 21-02-2015 02:38
0
18.4K
89
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.