Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khiye80Avatar border
TS
khiye80
Pengen tau jalan banjir pa nggak......pake ini gan...
langsung aja gan...Inopatip nih mahasiswa/i UI

Jakarta - Sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI) mengembangkan layanan pemantau banjir. Namanya adalah Siaga Banjir, dan sudah terintegrasi dengan Twitter, Path, Google Map dan lainnya.

Siaga Banjir adalah upaya kolaborasi masyarakat untuk menghadapi musim banjir tahunan di Jakarta. Dalam waktu singkat, Siaga Banjir telah mendapatkan 4 penghargaan nasional dan 2 penghargaan internasional, termasuk Overall Winner pada Hackathon di Startup Asia Jakarta 2014 dan Grand Prize Winner pada Code for Resilience di London, UK.

Pembuatnya adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia: Fauzan Helmi Sudaryanto, Riska Fadilla, Rasmunandar Rustam, Taufan Satrio, Caraka Nur Azmi, dan Enreina Annisa Rizkiasri.

Siaga Banjir memiliki misi untuk memberikan layanan terintegrasi untuk membantu warga Jakarta menghadapi banjir yang akan datang. Ada 3 fitur utama yang disediakan oleh Siaga Banjir.

1. Peta Lokasi Banjir Jakarta http://siagabanjir.org/peta
Siaga Banjir mengumpulkan laporan banjir dari Twitter dan memetakannya ke dalam peta Google Maps. Pengguna dapat melakukan pencarian lokasi banjir melalui search box yang tersedia.

Warga dapat berkontribusi memberikan laporan dengan cara:
-. Melakukan tweet dengan menyertakan hashtag #siagabanjir dan menyebutkan nama lokasi di dalam isi tweetnya.
-. Melakukan posting dari aplikasi Path dengan menyertakan kata 'banjir; dan mengaktifkan share ke Twitter.
(mo upload poto syuseh neer dahhemoticon-Hammer (S))

"Sistem kami kemudian akan mendeteksinya dan dalam beberapa waktu akan muncul di peta. Selain itu, kami juga memetakan laporan banjir dari akun-akun pemberi informasi banjir seperti @TMCPoldaMetro, @lewatmana, dan lainnya," kata Fauzan Helmi Sudaryanto, Product Manager Siaga Banjir.

"Keunggulan peta lokasi banjir kami terletak pada interaksi yang bisa dilakukan melalui web, seperti melakukan upvote untuk laporan banjir yang dianggap paling membantu, serta report as fake untuk memvalidasi laporan banjir yang tidak valid," lanjutnya dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (9/2/2015).

2. Database Posko Bantuan Banjir
Selain berisi laporan banjir, layanan Siaga Banjir juga akan memetakan lokasi posko bantuan yang tersebar di Jakarta.

Info yang ditampilkan mencakup kuota posko, jenis bantuan yang dibutuhkan, serta contact person dari posko tersebut. Hal ini ditujukan untuk memudahkan distribusi dan pemerataan bantuan di seluruh Jakarta.

Untuk menghindari adanya posko palsu, Siaga Banjir hanya akan menampilkan lokasi posko dari partner yang sudah diverifikasi. Pendaftaran untuk menjadi partner tidak dikenakan biaya apapun dan saat ini pihak yang telah bergabung adalah BPBD DKI Jakarta dan Disaster Management Center Dompet Dhuafa.

3. Notifikasi Banjir Berdasarkan Lokasi
Untuk memudahkan pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, Siaga Banjir menyediakan layanan notifikasi banjir berdasarkan lokasi

Cukup daftarkan nama lokasi yang ingin dipantau dan pilih periode pengiriman notifikasi yang diinginkan, yaitu per 1/3/6/12 jam. Nantinya jika ada banjir yang terjadi dalam radius 2,5 km dari lokasi yang dipantau, maka pengguna akan mendapatkan notifikasi melalui email.

"Layanan ini kami jadikan fitur premium sebagai upaya menggalang dana untuk korban banjir. Senilai 70% dari total dana yang diperoleh dari fitur ini akan didonasikan ke Dompet Dhuafa. Pengguna dapat mengirimkan one-time-payment sebesar Rp 50.000 untuk memantau 1 lokasi yang akan dikirim ke e-mail pengguna," ungkap Fauzan.

Donasi dan dukungan untuk tim Siaga Banjir dapat diberikan melalui http://kitabisa.com/siagabanjir. Saat gol fundraising sebesar Rp 30.000.000 tercapai, kami akan merayakannya dengan memberikan layanan notifikasi gratis — untuk semua warga Jakarta, dengan jumlah lokasi yang ingin dipantau tak terbatas — hingga musim banjir Jakarta 2015 selesai," pungkasnya.

Mudah2an bisa membantu disaat2 seperti ini ...emoticon-Turut Berduka

sumber : http://inet.detik.com/read/2015/02/0...hasiswa-ui-ini
0
5K
54
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.