indonesiaber1Avatar border
TS
indonesiaber1
[PANASBUNG KEJANG] Orang Betawi Semua Keturunan Tionghoa

Budaya Tionghoa dan Betawi Berakulturasi





TourismNews

Keberadaan kaum Tionghoa di daerah Jakarta menyatu menjadi sejarah umum. Salah satunya yang berciri khas adalah pemukiman Tionghoa yang biasa disebut sebagai Pecinan atau Chinatown. Jauh sebelum Belanda membangun Batavia, kaum Tioghoa sudah menduduki sebelah timur muara Ciliwung. Namun, setelah terjadinya pembantaian Tionghoa di Batavia pada 9 Oktober 1740, orang-orang Tionghoa ditempatkan di kawasan Glodok dekat Museum Fatahillah dengan maksud agar mudah diawasi.



Kaum Tionghoa juga banyak yang tinggal di pedesaan pelosok Tangerang di luar Pecinan, di Pasar Lama dan Pasar Baru. Pengamat budaya peranakan Tionghoa David Kwa memberi sebutan untuk mereka yang tinggal di luar Pasar Lama dan Pasar Baru sebagai Cina Benteng. Kian tahun jumlah penduduk Tionghoa meningkat, begitu akrabnya kaum Tionghoa dengan Jakarta menimbulkan akulturasi kebudayaan dengan budaya Betawi setempat.



David Kwa mengaku tidak ingin disebut sebagai peranakan China, “Saya adalah bagian dari masyarakat Tionghoa Betawi, bukan Cina. Sejak kecil saya sudah bercampur dengan kebudayaan Betawi, ini juga bawaan dari orang tua saya.”



David Kwa juga menjelaskan bahwa masyarakat Tionghoa di lingkungannya tidak identik dengan kebudayaan Cina asli, mereka tidak merayakan Tahun Baru Imlek dengan cara orang Cina, bahkan ada hidangan nastar atau lepet yang lebih bersahabat dengan kebudayaan Betawi. Begitu juga yang diadopsi untuk upacara pernikahan, orang Tionghoa banyak yang menjunjung tinggi pelestarian budaya sehingga masih ada yang menggunakan perkimpoian dengan cara tradisional.



Dalam busana pengantin Betawi misalnya, terdapat unsur Cina, tidak hanya itu, ada juga perpaduan etnik Arab dan India yang berkombinasi menjadi suatu detail yang mewah pada aksesoris pengantin adat Betawi. Sentuhan ornamen etnik Cina tampak pada motif bunga, naga emas, dan burung hong yang bisa dilihat pada perlengkapan busana serta aksesoris kepala pengantin wanita.



Ada juga prosesi upacara pernikahan tradisional yang disebut dengan Chio Tau, prosesi ini dilaksanakan dengan berbagai ritual dan busana khas ala peranakan Tionghoa yang disebut dengan busana Hwa Kun. Dalam upacara Chio Tau, terdapat tradisi makan nasi melek dan ritual makan onde-onde, yang diakhiri dengan teh pai atau tuang teh. Ini adalah bentuk refleksi dari kemajemukan Tionghoa yang dilengkapi dengan kekhasan budaya Betawi.



Bentuk akulturasi dari budaya Betawi dan Cina juga terdapat pada kesenian Lenong, dimana gambang kromong sebagai orkes pengiringnya terdapat alat-alat musik seperti kecrek, gendang, kempul dan gong yang merupakan unsur pribumi, sedangkan sebagian lagi berupa alat musik gesek Cina yakni kongahyan, tehyan, dan skong. Lagu-lagu yang biasa dibawakan orkes tersebut juga ada yang merupakan pengadopsian lagu-lagu Cina yang disebut pobin, seperti pobin mano Kongjilok, Bankinhwa, Posilitan, Caicusiu dan sebagainya. Biasanya disajikan secara instrumental.



Contoh lain adalah Tarian Cokek, tarian tersebut merupakan bentuk interaksi dari kebudayaan Cina dan Betawi. Tarian Cukok berasal dari bahasa Cina yaitu Cio Kek, dalam sejarah kesenian Betawi, Tari Cukok merupakan tari unggulan yang diselenggarakan untuk pesta hiburan, baik perayaan jamuan perkimpoian hingga pesta pengantin sunat. Pada zaman dulu, Tari Cukok dibina dan dimiliki oleh cukong-cukong peranakan Cina yang kaya raya.

Fenomena ini bisa kita lihat betapa harmonisnya kebudayaan Tionghoa menyatu dengan kebudayaan Betawi. Akulturasi ini memperkaya keanekaragaman budaya di Indonesia dan sangat karakteristik sehingga harus dipertahankan di tengah-tengah kemajuan teknologi dan arus globalisasi.


Yang pernah liat orang betawi bakar petasan kalo kimpoian, pake baju koko bagi angpao kalo lebaran, ayo tunjuk tangan.emoticon-Big Grin
0
36.7K
108
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.