.RAJASANAGARA.Avatar border
TS
.RAJASANAGARA.
[TENANG SODARA2] Menteri Perindustrian: Kerjasama dengan Proton Bukan Program Mobnas
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –Menteri Perindustrian Saleh Husin memastikan kerjasama yang dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT Adiperkasa Citra Lestari (Adiperkasa) dengan Proton, bukanlah bukanlah upaya program mobil nasional (Mobnas).
Salah kaprah kalau dikatakan itu program mobil nasional. Tak ada uang negara melalui APBN maupun BUMN dalam kerjasama tersebut. Itu murni sekedar kesepakatan antara private to private (B to B) saja, dan bukan keputusan pemerintah, murni bisnis," Saleh Husin menegaskan saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Sabtu (7/2/2015).
Saleh menjelaskan, MoU itu dilakukan untuk enam bulan ke depan dalam melakukan kerjasama, melakukan studi kelayakan. Dan pemerintah, ia memastikan kembali, belum ada rencana membuat program mobil nasional.
Dijelaskan, istilah Mobil Nasional (Mobnas) sudah tidak berlaku di Indonesia setelah Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) melarang sejak 1998. Sebelumnya, prinsipal otomotif asal Jepang didukung Uni Eropa membawa masalah mobil nasional yang pernah dimiliki Indonesia, merek Timor, ke WTO.
Diberitakan, Hendropriyono kini, ternyata menggeluti dunia otomotif. Melalui bendera PT Adiperkasa Citra Lestari, Hendro yang juga mantan penasihat Tim Transisi Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla mengembangkan mobil nasional di Tanah Air.
Seperti dilansir New Straits Times, Jumat (6/2) dua hari lalu, perusahaan milik Hendropriyono itu melakukan penandatangan nota kesepahaman kerja sama dengan perusahaan otomotif Malaysia Proton Holdings Berhard. Proton Malaysia akan membantu perusahaan milik Hendro, memproduksi mobil nasional di Indonesia.
Nota kesepahaman kerja sama kedua perusahaan perusahaan tersebut ditandatangani oleh Chief Executive Officer Proton Holdings Bhd Datuk Abdul Harith Abdullah dan CEO Adiperkasa Citra Lestari AM Hendropriyono di Proton Centre of Exellence. Selain Presiden Jokowi, acara penandatanganan juga dihadiri oleh, Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak,Pemimpin Proton Tun Dr Mahathir Mohamad, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno.

http://www.tribunnews.com/otomotif/2...ce=twitterfeedsumbur

Syukurlah emoticon-Malu
0
5.5K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.