Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • TIPS BISNIS Buat Anak SMA/SMK/MA, Biar Hidup Mandiri (step by step)

curhatbisnisAvatar border
TS
curhatbisnis
TIPS BISNIS Buat Anak SMA/SMK/MA, Biar Hidup Mandiri (step by step)
TIPS BISNIS Buat Anak SMA/SMK/MA, Biar Hidup Mandiri (step by step)



Prolog
Masa SMA atau sederajat adalah masa-masa yang ane rasa paling indah dalam hidup, masa penuh petualangan, masa penuh persahabatan, masa penuh percintaan, masa penuh kegalauan, masa penuh kenangan, masa paling jagoan, ahh pokonya masa SMA paling asoyy geboy dahh...

TIPS BISNIS Buat Anak SMA/SMK/MA, Biar Hidup Mandiri (step by step)

Kalau ente yang pas jaman putih abunya kaga ngerasain sensasinya... masa muda ente sia-sia!


Belajar Mandiri
Masa SMA atau sederajat menurut ane, adalah masa peralihan. Dari masa anak-anak ke masa dewasa (tapi ente kaga usah lewat dulu masa aL4yy deh langsung dewasa aje... ) Anak SMA itu disebut anak-anak udah kaga pantes, disebut dewasa juga belon nyampe (Sabar cuyy dikit lagi ente dewasa...)

TIPS BISNIS Buat Anak SMA/SMK/MA, Biar Hidup Mandiri (step by step)

Ane tadi bilang kalau anak SMA itu bukan anak-anak lagi, ini berarti ente-ente yang sekolah di SMA atau sederajat udeh harus mikir buat hidup mandiri (ente pengen dewasa kan?) Nah kalau pengen disebut dewasa, salah stau sarat dewasa adalah ente harus MANDIRI (bukan Bank Mandir* lohh..)

Mandiri itu bukan cuma ente makan kaga disuapin, bok*r kaga disebokin, tidur kaga dikelonin doang! Tapi mulai sekarang dalam hal keuangan pun (mencari uang) ente kudu belajar Mandiri, belajar nyari uang sendiri, belajar ngerasain cari uang itu kaga mudah, biar ente kaga nyepelein orang tua.


Apa keuntungan kalau sekelas anak SMA punya usaha sendiri?

  1. Jelas memiliki penghasilan tambahan, otomatis uang saku bertambah (dari usaha sendiri+orang tua). Beda kalau ente ngandelin orang tua doang, ya uang saku ente segitu-gitunya.

  2. Membuat orang tua bahagia (bangga) punya anak masih setingkat SMA tapi udah punya usaha sendiri.

  3. Percaya diri ente meningkat berkali-kali lipat, karena ente punya usaha sendiri, bisa nyari duit sendiri.

  4. Teman-teman ente pasti tambah respect sama ente, apalagi ente baik sama mereka

  5. Lebih menarik dimata lawan jenis (cewek/cowok yang ente demenin pasti tambah tergila-gila ama ente), kenapa? karena pikiran anak SMA setingkat lebih moderate dibanding anak SMP, kalau SMP cinta-cintaan hanya melihat cinta buta, kalau SMA ente sadari atau tidak faktor "uang saku" jadi salah satu pertimbangan. Bukan matre tapi ini hal manusiawi, ente pengen nonton pelem ke bioskop. Kaga bisa hanya modal cintrong

  6. Ente dapet pelajaran kehidupan, ente merasakan bagaimana pahit manisnya kehidupan. Susah gampangnya nyari uang.. Itu berguna banget buat masa depan ente

Bagaimana langkah memulai usaha?
Sebetulnya ada banyak jalan menuju roma, alias banyak jalan menuju usaha yang sukses. Namun pada kesempatan ini ane akan ngasih salah satu cara saja, yang paling rasional, paling mudah, dan paling murah dilakukan oleh ente-ente anak SMA Simak baik-baik gan:

LANGKAH PERTAMA
Bikin target! Misal sekarang ente kelas X (sepuluh) SMA, ente bikin target, pas lulus SMA nanti ente gimana caranya bisa beli motor sendiri dengan harga Rp. 10.000.000 (Sepuluh juta rupiah). Oke kita kunci target itu!

LANGKAH KEDUA
Bikin strategi gimana caranya ente dalam 3 tahun bisa dapet uang Sepuluh juta. Kalau 3 tahun Sepuluh juta berarti 10.000.000 : 36 (bulan) atau 3 tahun = 277.777 atau kita buletin 280.000 (dua ratus delapan puluh ribu). Artinya untuk dapet sepuluh juta dalam tiga tahun, usaha. ente harus dapet laba sekitar Rp. 280.000 per bulan

Untuk dapat Rp. 280.000 per bulan kita bikin strategi jaring laba-laba. Kenapa jaring laba? ente tahu kan laba-laba? hewan yang kerjanya diem aja, tapi bisa idup? kenapa bisa idup? karena laba-laba punya jaring yang luas untuk menangkap makanan (laba/keuntungan). semakin besar jaringnya bisa semakin banyak potensi keuntungan yang didapat. Paham? Paham? Paham?

Strategi jaring laba-laba adalah mengharuskan ente untuk punya banyak usaha yang bisa mendatangkan profit. Apa itu usahanya? Untuk anak SMA ane yakin banyak sekali potensi usaha yang bisa ente gali sebetulnya. Apalagi disekolahan, banyak sekali lahan bisnis!

Contoh lahan bisnis di sekolahan:
Coba ane tanya, disekolah ente berapa orang yang butuh buku tulis? hanya siswa geblek yang tak butuh buku tulis! Meski udah jaman serba smartphone tapi ane yakin buku tulis masih dibutuhkan. Lalu kenapa ente ga supply temen-temen ente buku tulis?

Meski untung dikit tapi dikali banyak dikali sering, ente bisa dapet duit lumayan walau hanya dari usaha buku tulis. Belum pensil, belum penghapus, dsb. Tapi kan ada koperasi sekolah juga jualan, gimana? Koperasi sekolah kan sistemnya nunggu bola, kaga muter-muter ke tiap kelas.. nahhh ente sistemnya jemput bola... ente datengin temen2 ente, bila perlu delivery order...

PRINSIPNYA: Asal ada usaha, asal ada kemauan, pasti ada jalan! Terus jangan kebanyakan berkata tapi kan? tapi kan? tapi kan? ampe belut bisa terbang ente mimpi dapet 10 juta dalam 3 tahun. Kalau kebanyakan tapi kan? tapi kan?

LANGKAH KETIGA
Tadi kita udah bikin strategi yaitu strategi jaring laba-laba. Nah setelah bikin strategi kita nyari ide-ide bisnis, ini yang kadang-kadang bingung ide apa ya? Biar kaga bingung ente punya smartphone kan? jangan cuma untuk chating sama ngeksis doang gan! gunain buat searching ide-ide bisnis, atau ente konsultasi bisnis sama layanan konsultasi bisnis (Mau konsultasi GRATIS? KLIK DISINI)

LANGKAH KEEMPAT
Setelah dapat ide bisnis, saatnya ente nyari modal buat memulai usaha ente gan! Darimana modalnya? Buanyakkkk.... Ngerampok Bank? BUKAN! Ente bisa menyisihkan uang jajan ente dari ortu, ente bisa minta langsung ke ortu buat modal, atau ente jual ide tanpa modal uang (mau tau caranya? KLIK DISINI)

LANGKAH KELIMA

Mulailah bisnis ente dengan berdoa dan minta restu orang tua... semoga bisnisnya lancar... untung atau rugi bukan masalah karena disanalah pembelajaran

Tips-tips diatas hanyalah gambaran kasar, gambaran sederhana. Jika ente ingin serius berbisnis silahkan ente bisa berdiskusi dengan ane. Insya Allah ane bantu semampu ane sebisa ane, intinya ane senang kalau ada generasi muda apalagi anak SMA sederajat yang merintis sebuah bisnis. Lu jagoan kalau lu banyak uang hasil keringat lu sendiri!!


Selamat berbisnis!

TIPS BISNIS Buat Anak SMA/SMK/MA, Biar Hidup Mandiri (step by step)



========================
Thread ini dibuat oleh:
Ramdhani & Brothers Business Consultant
www.konsultasi-bisnis.com
konsultasibisnis@yahoo.co.id
========================
Anda punya masalah bisnis? silahkan konsultasikan dengan kami secara GRATIS 100%
Mau konsultasi bisnis? Segera KLIK DISINI
Atau biar lebih nyaman lagi via BBM, invite aja pin BBM ane 53D03982
Diubah oleh curhatbisnis 06-03-2015 15:14
0
7.7K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.