Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

farmershand.idAvatar border
TS
farmershand.id
"THE PHYTAGORAS MEMORY TECHNIQUE" buat agan agan yang suka lupa

THE PYTHAGORAS MEMORY TECHNIQUE





Pertama tama apa sih memori itu? Memory adalah kemampuan kita untuk memasukan, menyimpan dan mengingat kembali segala bentuk informasiyang sudah kita lihat, dengar, atau pelajari. Ingatan yang tersimpan dalam memori kita pun terbagi menjadi 2,yaitu:

Ingatan eksplisit

Ingatan eksplisit meliputi penginderaan, semantik, episodik, naratif, dan ingatan otobiografi. Kegunaan dari ingatan eksplisit adalah untuk informasi sosial dan identitas, penggambaran otobiografi, aturan sosial, norma, harapan. Beberapa ciri dari ingatan eksplisit adalah :


Ingatan eksplisit

Ingatan eksplisit meliputi penginderaan, semantik, episodik, naratif, dan ingatan otobiografi. Kegunaan dari ingatan eksplisit adalah untuk informasi sosial dan identitas, penggambaran otobiografi, aturan sosial, norma, harapan. Biasannya ingatan eksplisit memiliki konteks atau sumber ingatan yang jelas

Ingatan implisit

Ingatan implisit meliputi penginderaan, emosi, ingatan prosedural, pengkondisian rangsang - respon. Kegunaan dari ingatan implisit adalah tempat skema kelekatan, transference, dan super ego.Dan pusatnya ada pada Amigdala. Biasannya ingatan implisit sifatnya bebas dari konteks atau tidak memiliki sumber atribusi atau pelabelan





Pernah gak agan agan habis baca buku atau belajar, waktu bukunnya sudah habis, ternyata kalian hanya menyerap sekitar 10-15% saja dari semua materi buku yang agan baca? or pas lagi ngerjain test kok kayannya masih setengah yakin ini kayannya pernah gue baca tapi lupa.. kok nilai mata kuliah yang majoritas pelajarannya teori segitu gitu aja.


Tau ga kalo memori itu pengaruhnya besar banget buat kecerdasan kita. Memori diketahui adalah fondasi dari intelektualitas dan kecerdasan kita. Bayangin deh, kalo kita bisa mengingat 50% aja dari semua yang pernah kita pelajarin, atau 2 kali lebih banyak dapat mengingat kembali dari apa yang udah pernah kita dengar.




Dengan memperbaiki dan menambah kemampuan memori, secara tidak langsung kita juga menambah kapasitas diri untuk menyimpan,mempelajari, serta mengolah sebuah informasi yang sudah masuk. Coba agan bayangin apabila agan semua punya memori setingkat sheldon cooper di big bang theory atau sepinter tony yag bisa pelajarin teknologi kompleks dalam waktu semalem. Ga cuman ingetan akal bakal jadi lebih bening, tapi bisa lulus predicat cumlaude atau cepet bisa naik jabatan di bidang kuliah maupun perkerjaan yang sedang agan tekuni. emoticon-siul





Terus setelah tau seberapa vitalnya memori buat hidup kita, gimana sih carannya buat ningkatin kapasitas memori kita?

Di bawah ini Ts bakal ngajarin agan tehnik pamungkas buat ningkatin kapasitas memori agan agan sekalian secara drastis, hampir di semua bidang. Ga cuman bisa mengingat lebih banyak, tapi juga bisa berpikir dan mengolah, sebuah informasi lama secara lebih jelas dan cepat. Efek ga langsungnya kita juga bisa lebih "present" dalam kehidupan dan tidur lebih nyenyak.

Tehniknya sendiri dinamain "The Pythagoras Memory Technique"

Tehnik ini sebenernya cukup sederhana

Setiap malem sebelum agan agan pergi tidur,coba deh buat mengingat ingat semua yang terjadi hari itu dengan sedetil detilnya. Latihan ini agak mirip sama nonton rekaman video kehidupan agan selama sehari melalui visualisasi mata agan. Mulai dari pertama kali agan bangun, apa yang pertama kali agan lihat? jam dinding? smartphone? terus, apa yang pertama kali agan pakai? kacamata? cincin kimpoi?

Kalau udah,coba deh diterusin pas agan lagi otw ke tempat kerja atau tempat kuliah agan. Motor/ Mobil agan, apa aja yang agan lewatin di jalan, pertama kali ngobrol sama siapa, apa aja yang diobrolin, IN DETAILS! Dan pas lagi latian tehnik ini agan jangan lompat lompat yah keep track nya. Coba buat bener bener di keep track semuannya mulai dari bangun sampai malem mau tidur. Atau kalo masih belum bisa ya dicoba selama mungkin. kalau lupa ya langsung dipake lagi tehniknya.

Intinnya ya coba di perhatiin semua detil detil kecil yang agan normalnya ga perhatiin, trus pas mau tidur disediain waktu buat coba mengingat ingat apa aja yang terjadi hari itu secara visual.

Pertama kali praktekin sih Ts bener" cuman bisa nginget dikit banget, paling cuman inget pas mandi, cabut kerja, makan malem apa, kejebak macet di mana.

kalau agan juga mengalami hal yang sama jangan nyerah dulu, Ts udah ngerasain perkembangan yang oke banget nget nget setelah 3 hari.



Habis Ts pake tehnik ini selama 30 hari

1) memori ts secara keseluruhan meningkat secara drastis



jadi agan bisa lebih gampang inget, dan lebih gampang ngerti
kaya nama orang, naruh barang di mana, bahan" meeting kerjaan, ato pas baca buku or dengerin lecture dosen yang susahnya minta ampun

2) lebih cepat dalam mengingat sesuatu



pernah ga sih agan pas lagi di tengah tengah ngobrol atau presentasi tiba tiba ngeblank, ga tau mau ngomong apa atau lupa tadi mau ngomong apa, terus "hang" dulu 10 detik.
habis pake tehnik ini, hal hal kaya gitu bakal lebih bisa diminimalisir lho, soalnya otak kita bakal dilatih buat mikir dan memproses secara lebih cepat secara otomatis.


3) Lebih gampang tidur


soalnya kadang pas lagi mau tidur kan otak sering ga mau diajak kerja sama kan, kadang pas kita lagi cape banget pun otak masih ga mau berhenti mikirin hal" ga penting.
Setelah sebulan Ts latian pake pythagoras memory technique ga cuman bisa tidur lebih cepet, tapi juga lebih nyenyak gan.


4) jadi lebih "present"



dengan "being present" agan bisa membiasakan diri buat engga terlalu musingin masalah" hari esok yang ga perlu dipikirin sekarang n cuman menuh"in otak n bikin stress. ini bisa bikin kita lebih bersyukur juga, dan menhargai hal hal kecil dan orang orang yang ada di sekitar kita.

konklusinnya

nih tehnik tuh simle n gampang dipake, tapi hasilnya beneran bagus lho gan
paling berasannya tuh kalo udah dilatih selama sebulan. Dijamin ga bakal kecewa.
semoga berguna yah gan emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Diubah oleh farmershand.id 06-02-2015 06:25
0
3.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.