balqis12Avatar border
TS
balqis12
Pernah dengar manisan Kiamboy? Cobain deh
Bagi para penikmat manisan buah kering tentunya sudah tidak asing lagi dengan Kiamboy. Konon kabarnya manisan Kiamboy ini berasal dari buah plum yang dikeringkan.
Spoiler for kiamboy:


Prem (bahasa Inggris: plum) bisa merujuk pada pohon dan buah yang memiliki nama yang sama. Prem merupakan bagian dari genus Prunus, subgenus Prunus. Subgenus ini dibedakan dengan subgenera yang lain (didalamnya termasuk persik, ceri, dan yang lainnya) karena memiliki kuntum terminal dan kuntum-kuntum sampingannya berdiri sendiri, tidak terkumpul dalam satu bagian, bebungaannya berkelompok 1-5 bersama-sama dalam satu cabang pendek.
Spoiler for plum:


Buah plum bermacam-macam warnanya, ada jenis buah plum merah, buah plum yang berwarna ungu, ada yang berwarna hijau, hitam, dan kuning. Biji buah plum sangat keras. Makanya, buah itu disebut stone fruit. Bijinya sangat keras sekali seperti batu, Daging buah plum cukup tebal, berwarna jingga kekuningan, dan ketika digigit rasanya seperti jambu, banyak menggandung air dan tidak terlalu manis.Mungkin tekstur dagingnya seperti sawo.
Spoiler for dibelah:





Di pasaran kita mengenal tiga jenis rasa untuk manisan kiamboy ini yaitu:

1. Kiamboy berwarna putih, rasanya manis, sedikit asam dan tidak terlalu asin

Spoiler for kiamboy putih:


2. Kiamboy yang merah rasa sedikit lebih asin dan asam
Bagi pecinta rasa asin dan asam pasti suka.. Rasanya GGggrrrrr pokoknya
Spoiler for kiamboy merah:


dan,
3. Kiamboy yang berwarna abu abu kehitaman
mirip buah plum yang dikeringkan dan tanpa biji dan rasanya manis.
Spoiler for kiamboy abu hitam:



Walaupun telah dibuat manisan ternyata kandungan vitamin C dari buah ini tetap masih ada sehingga bagi sebagian orang sering mengkonsumsi manisan ini untuk menyembuhkan panas dalam dan sariawan.

Bagi yang kurang menyukai memakan kiamboy ini secara langsung dapat juga dijadikan jus dengan sedikit menambahkan pemanis tambahan, boleh simple sirup ataupun lainnya, Dan kali ini saya memakai madu untuk bahan pemanisnya, jadi tidak perlu takut bagi penderita penyakit diabets untuk mengkonsumsinya.

Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi, manis asam asin dan segar sehingga dapat membuat mata yang sedang mengantuk menjadi melek kembali.



Resep Jus Kiamboy

Salah satu resep sederhana jus kiamboy dapat diberikan sebagai berikut :
Spoiler for jus:

Bahan – bahan yang diperlukan :
4 buah kiamboy merah keluarkan bijinya atau sesuai dengan selera (bisa 6 biji)
200 ml air matang
3 sdm madu
Es batu secukupnya


Cara membuatnya adalah :
1) Potong kecil – kecil manisan kiamboy, sebelumnya keluarkan bijinya
2) Masukkan semua bahan ke dalam gelas lalu blender sampai hancur dan bersatu
3) Tuangkan jus kiamboy ke dalam gelas dan siap disajikan, untuk 1 porsi.




Manfaat Sehat Buah Plum

Buah plum sebagai bahan dasar dari pembuatan manisan kiamboy, menurut beberapa penelitian memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan.

1) Buah plum memiliki kandungan kalsium dan beberapa vitamin tinggi. Sedangkan untuk plum yang sudah diolah dan dikeringkan menjadi makanan lain seperti manisan kiamboy, memiliki kandungan mineral tinggi yang membuat tulang – tulang mereka lebih kuat/padat terutama di bagian ulna yaitu salah satu dari dua tulang panjang yang terletak di bagian lengan bawah dan tulang belakang.

2) Osteoporosis adalah salah satu jenis penyakit tulang yang hanya dapat dicegah dengan banyak minum susu. Beberapa peneliti kesehatan menyarankan agar tidak menunggu sampai anda mengalami penyakit ini, sehingga perlu bantuan perawatan intensif dari seorang dokter.

Lakukan pencegahan sedini mungkin, seperti rutin makan buah plum dapat membantu pembentukan tulang kuat. Plum dapat dimakan dalam bentuk apapun, buah segar atau diolah menjadi makanan/minuman lain seperti pelengkap kue, manisan dan jus segar.

3) Plum dapat mengatasi sembelit. Rutin mengkonsumsi segarnya buah plum sekitar 10 buah per hari, niscaya saluran pencernaan anda sehat.

4) Buah plum juga mengandung vitamin C dosis tinggi sehingga bagus untuk kesehatan mulut dan gusi, anda terhindar dari sakit sariawan dan gangguan penyakit mulut lainnya.

Banyak manfaat dari buah plum baik itu dalam keadaan segar atau setelah diolah menjadi makanan/minuman lain sehingga sangat dianjurkan untuk anda sekeluarga mengkonsumsinya entah itu sebagai makanan pokok untuk pencegahan/pengobatan si sakit atau hanya sebagai makanan biasa seperti pencuci mulut atau cemilan keluarga.











sumber:
sumber 1
sumber 2 wikipedia
sumber 3
sumber 4




Spoiler for Komentar Kaskuser:
Diubah oleh balqis12 04-02-2015 07:00
0
102.4K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.