ideavolutionersAvatar border
TS
ideavolutioners
Film Danum Bupati: Pesan Dari Mereka Yang Tersingkirkan


Memang nggak banyak film yang berani mengangkat tema soal lingkungan hidup. Misi sosial mengajak masyarakat kembali peduli terhadap kerusakan lingkungan umumnya disuguhkan sineas dalam film pendek dan dokumenter. Namun,belum lama ini sebuah film bertemakan lingkungan sukses ditayangkan di bioskop Indonesia.

Danum Bupati, sebuah film kolaborasi dua rumah produksi Sa’Villa Production dan Ully Sigar Association tersebut mengangkat tema lingkungan hidup yakni, selamatkan hutan dan air. Dalam film ini Runner Up 1 Miss Indonesia 2013 Jovita Dwijayanti menyuguhkan kebolehannya di dunia peran.

Selain Jovita, film yang telah diputar di layar bioskop pada pertengahan November lalu ini dibintangi Raditya Agung Yudhistira, Reiner Manopo, Yati Surachman, Dolly Martin, Helmy Jagar, dan Billy Boedjanger.



Lewat para pemain muda, alur cerita dari film yang disutradarai oleh Gunawan Panggaru tersebut diramu dengan ketegangan dan sebuah drama percintaan. Film ini dikemas secara modern dan tidak monoton.

Film ‘Danum Baputi’ bercerita tentang sekelompok suku asli yang kehidupannya sering terpinggirkan seiring dengan aksi para perambah dan perusak hutan. Adalah Jovita Dwijayanti yang mendapat peran sebagai Danum Baputi. Dia adalah remaja yang tumbuh dan besar di lingkungan alam yang asri dan subur.

Alam di tempat Danum Baputi tinggal, yang semula tertutup hutan lebat dan kaya dengan sumberdaya alam (SDA) dan keanekaragamanya itu telah banyak mengalami kerusakan akibat perluasan lahan-lahan kritis. Aksi para perambah dan perusak hutan tersebut membuat dirinya kecewa. Dengan bantuan sejumlah teman-temannya, Danum mulai tumbuh besar dan berusaha untuk mengusir mereka. Konflik pun terjadi.

Film ini bagus untuk edukasi dan pembelajaran bagi para generasi muda, terutama masyarakat di perkotaan untuk peduli dengan tatanan lingkungan dan kelestarian hutan Indonesia .

Sumber
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
2.2K
1
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThread3KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.