Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wakawaka2012Avatar border
TS
wakawaka2012
Survei LSI: Publik Anggap 100 Hari Pemerintahan SBY Lebih Baik Dibanding Jokowi
Survei LSI: Publik Anggap 100 Hari Pemerintahan SBY Lebih Baik Dibanding Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja awal pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono lebih baik dibanding pemerintahan Joko Widodo.

LSI mengaku sudah mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah sejak tahun 2004 dengan metode yang selalu sama. Survei dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan publik terhadap 100 hari pemerintahan.

Pada 2004, SBY berpasangan dengan Jusuf Kalla. Hasil survei ketika itu, sebanyak 66 persen publik mengaku puas dengan kinerja pemerintah ketika berjalan selama 100 hari.

Periode kedua SBY pada 2009, tingkat kepuasan publik pada 100 hari pemerintahan makin meningkat. Sebanyak 70 persen publik mengaku puas dengan kinerja SBY, yang saat itu berpasangan dengan Boediono.

Adapun awal pemerintahan Jokowi, jumlah responden yang mengaku puas pada 100 hari kinerja pemerintah lebih rendah dibanding SBY. Hanya 62 persen publik yang mengaku puas dengan kinerja pemerintah. (Baca: Survei LSI: Kepuasan Publik Tidak Terlalu Besar atas Kinerja 100 Hari Jokowi-JK)

"Optimisme publik lebih baik di zaman SBY meskipun kita harus mempertimbangkan margin of error, tapi paling tidak ini terlihat Jokowi sedikit di bawah SBY," ujar peneliti LSI Kuskridho Ambardi saat merilis hasil survei di Jakarta, Senin (2/2/2014) sore.

Kuskridho menjelaskan, 100 hari pemerintahan SBY memang dianggap lebih baik karena SBY bisa meyakinkan publik. Tidak ada pula isu-isu sensitif, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Selain itu, lanjut dia, faktor persaingan di pilpres sebelumnya juga sangat berpengaruh. SBY di dua periode pemerintahannya menang mutlak sehingga banyak pendukung yang tidak kritis terhadap pemerintahannya.

"Kalau Jokowi kan kemarin bersaing ketat dengan Prabowo," ucap Kuskridho.

Jumlah sampel adalah 1.220 responden dengan margin of error plus minus 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka. Pembiayaan survei ini berasal dari internal LSI.

http://nasional.kompas.com/read/2015...banding.Jokowi

bikan dari paku payung ato si rahmat emoticon-Malu (S)

0
4.7K
64
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.