u.know.meAvatar border
TS
u.know.me
TOLONG BACA - BEDA INVESTASI DAN PINJAMAN!
Salam kenal semua, saya hanya seorang lurker yang sudah beberapa tahun ini hobi lihat-lihat tanpa post. Dari semua sf, 466 ini paling ajaib dan menurut saya paling butuh perubahan.
Saya cuma bisa ketawa aja lurking di SF ini, karena menurut saya ada kesalahan fatal yang jadi inti permasalahan di sini.
Yang disebut investasi oleh warga kaskus bukanlah investasi pada hakikatnya, tapi peminjaman utang/piutang. Terlebih lagi peminjaman uang tanpa jaminan. Luar biasa sekali murah hati-nya warga kaskus, saya saja kalau meminjamkan uang ke teman selalu minta jaminan entah STNK/BPKB atau laptop/gadget, tentu saja tergantung besarnya yang dipinjam.

HARAP BERHENTI MEMANGGIL DIRI ANDA INVESTOR SEBELUM MEMBACA TULISAN SAYA DIBAWAH INI!

Apa bedanya investasi dan utang/piutang?
Investasi:

- imbalan yang diterima berupa share/saham/kepemilikan, jadi ketika usaha bagus, investor ikut bagus, ketika usaha jatuh, investor ikut jatuh. Yang didapat adalah BAGI HASIL keuntungan, misal: pengembang 60%, investor 40% dari PROFIT, bukan REVENUE! Bukan juga dihitung dari jumlah investasi anda!
- bila usaha tidak berjalan sesuai rencana, itu resiko investor, investor tidak berhak meminta kembali jumlah utuh dari investasinya. Terbang bersama, jatuh bersama.
- Tidak ada jangka waktu kontrak, karena investor bertindak sebagai pemilik usaha (memiliki saham) which is SELAMANYA. Bila suatu saat investor ingin menarik diri dari usaha, maka dia bisa menjual kepemilikannya. Berapa besarnya? Tergantung negoisasi antara penjual dan pembeli saham.
- Investor berhak ikut campur dan intervensi dalam proses pengelolaan, karena statusnya adalah pemilik. Terutama jika investor merasa bahwa pengelola kurang cakap dalam menjalankan usahanya.
- Investor WAJIB diberikan diberi update perkembangan bisnis (BACA: LAPORAN KEUANGAN)
- Pihak investor adalah SANGAT SANGAT SANGAT BODOH jika memutuskan untuk invest tanpa bertemu langsung dengan pengelola serta mengawal perkembangan bisnisnya (BACA: LAPORAN KEUANGAN! harian, mingguan, atau bulanan)


sekarang kita lihat dari sisi peminjaman HUTANG:
1. Imbalan yang diterima berupa BUNGA, BUKAN BAGI HASIL. Bagi hasil hanya untuk INVESTOR. Apa bedanya? Bunga dihitung berdasarkan total hutang yang dipinjam, sedangkan bagi hasil diambil dari jumlah PROFIT. Ingat, PROFIT bukan REVENUE!
2. ADA JANGKA WAKTU/KONTRAK, termasuk didalamnya skema pembayaran kembali
3. Pihak yang meminjamkan WAJIB mendapatkan kembali seluruh dana yang dipinjamkannya beserta bunga yang sudah disepakati di awal.
4. Pihak peminjam adalah SANGAT SANGAT SANGAT BODOH bila meminjamkan TANPA JAMINAN. Oleh karena itu, alangkah sangat bodoh bilang yang meminjam dan peminjam tidak pernah bertemu, kecuali sang peminjam mau mengeposkan jaminannya ke pihak yg meminjamkan, which dalam hal ini, pihak peminjam lah yang bodoh.
5. URUSAN HUTANG PIUTANG INI ADALAH PERDATA
6. UNTUK HUTANG ANDA TIDAK BERHAK MEMINTA UPDATE BISNIS. Terserah peminjam mau digunakan untuk apa hutang tersebut. Anda hanya perlu tahu 1 hal, yang penting pembayaran bunga dan hutang lancar.

Saya pribadi punya beberapa usul kepada pengelola 466, yaitu:
1. pertama dibedakan kategori LOAN (hutang) dengan INVESTMENT di sf ini. Mungkin bisa dengan tag di depannya [LOAN] or [INVESTMENT]. Sehinggal bagi yang memang berminat invest bisa masuk ke thread yang tepat, begitupun dengan yang minat meminjamkan.
2. dirapikan nya thread PANDUAN/MANUAL/HARAP BACA SEBELUM MEMBACA SF INI. Saya sudah melihat thread panduan yang ada, namun sangat berantakan dan banyak yang diulang-ulang menjadikan malasnya orang untuk membaca. Oh iya, lokasi thread yang ada di page 2 juga menjadikan hal tersebut percuma.
3. Dengan banyaknya sticky di sf ini, membuat antara thread yang penting (ex: panduan) tidak terlihat. Saran saya agar dibuat index thread penyelesaian dan melepas sticky dari thread-thread tersebut. Sehingga cukup maksimal 2 atau 3 sticky saja.

Untuk saat ini sekian saja, mungkin bisa diberikan masukan untuk lebih baiknya. Saya harap ini berguna untuk semua warga 466.

Back to lurking..
0
18.9K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Penawaran Kerjasama & Investasi
Penawaran Kerjasama & InvestasiKASKUS Official
28.5KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.