- Beranda
- The Lounge
Mencoba mengulas saos cabe berbahanbaku kimia
...
TS
andreas1977
Mencoba mengulas saos cabe berbahanbaku kimia
http://m.liputan6.com/news/read/2166750/pabrik-saus-berbahan-kimia-di-bandung-dibongkar-polisi
http://m.liputan6.com/news/read/2167776/pemilik-pabrik-saus-berbahan-kimia-di-bandung-jadi-tersangka
Ramai dan kagetnya masyarakat sal saos cabe berbahnbaku kimia beberapa hari ini, membuat ane merasa perlu membagikan sedikit ilmu yg ane ketahui kepada agan2 sekalian... semoga bermanfaat..
Beberapa bulan yang lalu, ane mengunjungi pabrik saos temn ane diwilayah jawa timur... sewaktu ane datang... ane berpikir bahwa ane akan menemukan gudang cabe menumpuk dimana2... namun kenyataannya??? Sama sekali ga ada cabe... doi pakai pasta cabe.
Apa itu pasta cabe? Pasta cabe adalah cabe yg diawetkan untuk market eksport, jadi di cina dan india sono cabe bejubun dan murah... namun karena cabe ga tahan disimpan maka dibuatlah pasta yg bisa berupa bubuk atau cair.... dan pasta ini kalo mau dibeli dapat dengan mudah diimport...
Amankah?? Ane ga tau... namun seharusnya produk yg diimport kudu lewat pemeriksaan ketat.
Pasta ini dimasak, ditambahkan ini itu, hasilnya saos cabe, dijual cuma 1800perkg.
Pertanyaannya : teman ane menantongi PIRT dan sedang proses BPOM loh... apa masih ga aman konsumsi?
Cabe fresh lokal sempat menyentuh 100rb perkg... kog agan2 ga ada yg curiga sama saos botolan yg sudah terkenal dan dibuat oleh pabrik besar? Mereka jual saos cabe cuma 6000 per140gr artinya sekitar 42000 perkg) dan masih byk yg harganya dibawah itu.
Komposisi yg dituliskan dibotol cabe pabrik besar : cabe, air, gula, garam, pengental nabati, bumbu rempah, pengatur keasaman, pengawet. Artinya ga bilang ini pasta... kalo ane hitung2 cara bodoh... bagaimana mungkin bisa untung jika harga cabe segar 100rb, trus dibut saos jual 42rb (harga end user)... perlu botol, karyawan, operasional cost, pengiriman, distributor price, dll
Beberapa merk besar, dalam botolnya ada biji cabe... asli dong?? Agan salah!! Agan tau 1 biji cabe memiliki berapa bnyak biji cabe?? Bejibun gan, artinya cuma faktor pemanis aja biar kesannya pure cabe.
Klo gan makn bakmi dan menuangkan 2-3 sendok saos cabe, dan agan berharap saos itu cabe lokal?? Psstinya pasta cabe gan! Bisa2 cabe agan mengalahkan harga bakminya saat cabe 100rb perkg.
Kalo ga percaya, silahkan kunjungi pabrik saos cabe yg ternama... lihat cara produksi dan bahanbakunya...
Ane bukan karyawan saos cabe/ada dendam sama pabrik saos cabe... ane cuma menulis apa yg menurut ane make sense... sampi skrg ane juga makan saos botolan pabrik besar..
Inti tulsan ane adalah : produk yg ada dimarket penanggungjawabnya adaah pemerintah, dari importnya, ijin produksi, dll
Jadi siapa yg harus disalahkan?
Mudah2an threat ane dapat bermanfaat... maaf jika ane salah dalam menyingkapi persaosan hehehe
mudah2an ada master yg kerja dipabrik saos besar dapat klarifikasi biar kita tenang beli produk botolan dimarket
http://m.liputan6.com/news/read/2167776/pemilik-pabrik-saus-berbahan-kimia-di-bandung-jadi-tersangka
Ramai dan kagetnya masyarakat sal saos cabe berbahnbaku kimia beberapa hari ini, membuat ane merasa perlu membagikan sedikit ilmu yg ane ketahui kepada agan2 sekalian... semoga bermanfaat..
Beberapa bulan yang lalu, ane mengunjungi pabrik saos temn ane diwilayah jawa timur... sewaktu ane datang... ane berpikir bahwa ane akan menemukan gudang cabe menumpuk dimana2... namun kenyataannya??? Sama sekali ga ada cabe... doi pakai pasta cabe.
Apa itu pasta cabe? Pasta cabe adalah cabe yg diawetkan untuk market eksport, jadi di cina dan india sono cabe bejubun dan murah... namun karena cabe ga tahan disimpan maka dibuatlah pasta yg bisa berupa bubuk atau cair.... dan pasta ini kalo mau dibeli dapat dengan mudah diimport...
Amankah?? Ane ga tau... namun seharusnya produk yg diimport kudu lewat pemeriksaan ketat.
Pasta ini dimasak, ditambahkan ini itu, hasilnya saos cabe, dijual cuma 1800perkg.
Pertanyaannya : teman ane menantongi PIRT dan sedang proses BPOM loh... apa masih ga aman konsumsi?
Cabe fresh lokal sempat menyentuh 100rb perkg... kog agan2 ga ada yg curiga sama saos botolan yg sudah terkenal dan dibuat oleh pabrik besar? Mereka jual saos cabe cuma 6000 per140gr artinya sekitar 42000 perkg) dan masih byk yg harganya dibawah itu.
Komposisi yg dituliskan dibotol cabe pabrik besar : cabe, air, gula, garam, pengental nabati, bumbu rempah, pengatur keasaman, pengawet. Artinya ga bilang ini pasta... kalo ane hitung2 cara bodoh... bagaimana mungkin bisa untung jika harga cabe segar 100rb, trus dibut saos jual 42rb (harga end user)... perlu botol, karyawan, operasional cost, pengiriman, distributor price, dll
Beberapa merk besar, dalam botolnya ada biji cabe... asli dong?? Agan salah!! Agan tau 1 biji cabe memiliki berapa bnyak biji cabe?? Bejibun gan, artinya cuma faktor pemanis aja biar kesannya pure cabe.
Klo gan makn bakmi dan menuangkan 2-3 sendok saos cabe, dan agan berharap saos itu cabe lokal?? Psstinya pasta cabe gan! Bisa2 cabe agan mengalahkan harga bakminya saat cabe 100rb perkg.
Kalo ga percaya, silahkan kunjungi pabrik saos cabe yg ternama... lihat cara produksi dan bahanbakunya...
Ane bukan karyawan saos cabe/ada dendam sama pabrik saos cabe... ane cuma menulis apa yg menurut ane make sense... sampi skrg ane juga makan saos botolan pabrik besar..
Inti tulsan ane adalah : produk yg ada dimarket penanggungjawabnya adaah pemerintah, dari importnya, ijin produksi, dll
Jadi siapa yg harus disalahkan?
Mudah2an threat ane dapat bermanfaat... maaf jika ane salah dalam menyingkapi persaosan hehehe
mudah2an ada master yg kerja dipabrik saos besar dapat klarifikasi biar kita tenang beli produk botolan dimarket
Diubah oleh andreas1977 01-02-2015 11:54
0
1.8K
17
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
1.3MThread•108.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya