enfersorAvatar border
TS
enfersor
Budidaya cacing sutra
Sebelumnya ane mohon maaf apabila salah kamarr emoticon-Big Grin
Yang ane tau sih nih cacing kan makana favorit bagi ikan – ikan air tawar hehehe
Sapa tau juga ada yang mw beternak, cacing sutra ini, lumayan loh untungnya emoticon-Big Grin, ane bikin tred ini karena susah sekarang nyari cacing sutra dengan harga murah emoticon-Frown


Habitat
Cacing ini hidup pada subtrat lumpur dengan kedalaman 0 – 4 cm dengan perincian dibagi menjadi
• kedalaman 2-4cm
Nah seperti hewan air laen maka air memegang peranan penting buat kelangsungan hidup nich cacing. Nach langsung aja dah parameter optimal nich cacning gini nich
• pH : 5,5 -8,0
• Suhu : 25 – 28 C (suhu kamar aja oke kok!!)
• DO(oksigen terlarut) : 2,5 – 7,0 ppm
• Amoniak : <3,6 (kalau ampe lebih tuch cacing bakal ko’it)

Makanan

Nach karena dia makluk hidup dia juga butuh makan tho? Makanannya tuch bahan organik yang bercampur dengan lumpur atau sedimen di dasar perairan. Cara makannya dia telen makanan bareng sama sedimennya skalian ntar dalam tubuhnya dia punya mekanisme buat misahin sedimen ma makanan yang dia butuhin
Persiapan Alat dan Bahan

1. Pemupukan
Nah sekarang ane mau cerita cara bikin pupuknya. Ane jelasin aja step by stepnya ya?
• Pertama ente cari dah tuch yang mananya peternakan ayam. Ente beli yang namanya tokai ayam – kalau ane dapet dari peternakan di Fakultas peternakan IPB dan itu gratis trus ente jemur 6 jam.
• Trus Ente cari bakteri yang buat fermentasi tuch Tokai namanya (EM4) ente coba aja cari di toko pertanian atau toko peternakan atau balai peternakan
• Ente aktifin dulu tuch bakteri caranya ¼ sendok makan gula pasir + 4ml EM4 + dalam 300ml air trus ente diemin bentar aja 2 jam aja cukup
• Trus ente campur cairan itu ke 10kg tokai yang dah di jemur tadi – inget ya ngaduknya harus rata
• Trus masukin ke wadah yang ketutup rapet selama 5 hari baru ente guna’in
Kalau ente tanya ama ane kenapa harus fermentasi segala?
Ane jawab : kerena dengan fermetasi maka kandungan N-organik dan C-organik bakal naek sampai 2 kali lipat
2. Wadah
Wadah ayng dipake berukuran 80 x 20 x 15 (PxLxT) ente bisa bikin tuch wadah dari kolam, plastik, terpal, dll. Pokoknya kreatif dikit lah!!!
Cara Kerja
1. Persiapan Wadah
Wadah diisi lumpur sebanyak 3 liter (3,7kg) sama pupuk tokai 3 liter juga (3kg) diaduk aduk ampe rata trus di sebar supaya tingginya 4 cm aja
2. Pemasukan Air
Masukin air sampai tingginya 2 cm dari subtrat trus diemin 10 hari dan biarin bakteri yang bekerja tapi jangan lupa ama yang namanya aerasi + kalau bisa di kasih aliran air gitu.
3. Penebaran Cacing
Setelah 10 hari ente tebar tuch cacing ke wadah. Caran ane dibagi aja tuch gerombolan cacing jadi grombolan grombolan kecil trus baru tebar!!!

ini cacing cuma butuh waktu 10 hari aja loh buat dipanen emoticon-Big Grin makanya ane heran ko harganya mahal emoticon-Hammer

Nah tuch cacing ente pelihara aja gitu terus trus ente ambilin aja pas ente butuh jangan lupa kasih makan tokai setiap 5 hari sekali sebanyak 1 kg
Kalau ga ente ambil maka setelah hari ke 40 maka populasi tuch cacing bakal berkurang sendiri akibat persaingan sama keracunan amoniak
Trus sebaiknya kalau ente mau ngambil cacing ambilah yang dibagian bawah karena tuch cacing udah dewasa dan dari pada jadi tua lapuk trus mokat mendingan ente panen aja kan buat makan ikan ente

disajikan dari berbagai sumber

ada juga yang kaskuser yang pake karung goni loh emoticon-Big Grin
Quote:


baru tau kan ? sama heheheh
0
122.8K
532
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Freshwater Fish
Freshwater Fish
icon
1.7KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.