Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

qiewSFDKpunkAvatar border
TS
qiewSFDKpunk
Awas pencopet dibus
Assalamualaikum gan, ane newbie yang mau nyeritain pengalaman ane saat kecopetan dan semoga bisa jadi pelajaran dan menambah kewaspadaan agan ketika berpergian dengan menggunakan bus. Maaf kalo postnya aga berantakanemoticon-Sorry

Begini ceritanya :

Ane inget pada tanggal 23 november 2014, ane mau pulang dari sukabumi ke bandung karena ane kuliah dibandung dan ane biasa pulang dengan menggunakan bus dan pada waktu itu ane pulang sekitar habis maghrib. Pada waktu itu jalan sukabumi-bandung tepatnya disekitaran jalan gekbrong (kalo ga salah soalnya ane lupa hehehe) itu sedang diperbaiki dan ane terjebak dalam kemacetan hingga berjam-jam karena hari sudah malam dan ane capek, ane putuskan untuk tidur dalam perasaan tenang tanpa was was dan tanpa kecurigaan, posisi duduk ane dibangku sebelah kiri pojok jajaran ke empat atau lima(kalo ga salah).
Tidur yg nyenyak dan sangat pulas dan terkadang ane terbangun sebentar lalu tidur lagi dengan tenang dan tanpa kepikiran bakal kecopetan hehehe.
Saat bis memasuki daerah tagog apu ane merasa dompet ane diambil gan, dan ane langsung bangun dan mencari dompet ane, lalu ane menyuruh orang yg duduk disebelah berdiri (ane yakin itu copetnya, ane mau neriakin itu copet takut salah gan soalnya sebelum dia pas ane kebangunin bentar ada yg duduk juga samping ane, nah siapa tau yg sebelum itu yg nyopet), setelah ane cari cari sampe bawah bangku itu dompet ga ada. nahh setelah ane nyadar dompet ane ilang, itu orang yg duduk samping ane tuh turun dan kecurigaan ane semakin bertambah dan dengan perasaan yakin ketika itu orang turun ane langsung kejar dan ane berkata dengan nada ngotot sampai yg duduk di depan depan bis ngeliatin "pak! Mana dompet saya" dan orang yg ane curigain copet itu bilang "nih geledah aja, lagian saya mau pulang" dan begonya ane ga ane geledah gan -,- . Orang yang ane sangka dan ane yakin itu pencopetnya berciri2 gendut,kulitnya hitam, muka berjerawat, memakai tas pinggang yg ke depan gitu.
Tapi yang ane kecewa tuh kenek,supir dan penumpang tuh biasa aja gan kaya ga respect ama ane yg kecopetan, mungkin mereka lelah yah dan hari juga sudah malam emoticon-Frown . Ane dengan perasaan bingung karena dompet ilang, uang mingguan hilang, kembali duduk tanpa ada yg peduli pada ane dan pas saat ingin duduk dibangku ane sebelumnya duduk itu ada orang mencurigakan gan, entah orang itu komplotannya dengan ciri2 pake kacamata item,kurus,tinggi,pake kacamata item dan ane suruh orang itu minggir karena ane mau nyari dompet dan saat bis hendak ngisi bensin ane perhatiin itu orang turun bentar dipom lalu kembali lagi ke bis saat itu ane ga curiga karena saat itu ane sangat curiga ke orang yg gendut yg duduk sebelah ane.
Ane sangat bersyukur hp ga dicopet dan ketika itu saya langsung telfon orang tua untuk memberi kabar bahwa ane kecopetan dan teman untuk menjemput ane di terminal lewi panjang. Ane juga pas sebelum turun menitipkan nomer hp ane pada kenek siapa tau nemu dompet ane bisa menghubungi ane gan.
Sesampainya diterminal ane langsung menuju ke pos polisi terdekat untuk membuat surat berita kehilangan dan ketika itu ane baru sadar saku belakang kanan ane disobek seperti ini gan ama itu copetemoticon-Frown


Mungkin copetnya sudah profesional gan sampai nyobekinnya ga kerasa gini -,-
Selesai membuat berita kehilangan ane langsung cabut pulang ke kosan, untung temen ane baik2 jadi ane dipinjemin uang.
Nah esoknya setelah kecopetan ane curhat diwarung deket kampus ama temen ane, dan ada orang yg mendengar curhatan ane dan ternyata dia orang pintar gan, awalnya ane ga percaya mungkin aja dia denger curhatan ane pas nyerita ama temen ane tapi pas dia ngomong dibelakang ada wanita dan jumlah uang cash yg ada didompet ane, ane mulai percaya gan soalnya ane ga cerita soal itu pas nyerita ke temen ane.
Orang pintar itu bilang pencopetnya perawakannya gemuk dan ternyata dugaan ane benar gan,dan wanita yg duduk dibelakang ane itu termasuk komplotannya, kata orang itu ada 4orang yg melakukan aksi itu dan mereka sekomplotan gan. Kata orang pintar itu percuma kalo digledah ke si orang yg gendut itu soalnya dompetnya udah dioper gan, dan mereka pencopet profesional yang biasa beroperasi dibis dari jawa tengah-jawa barat-jakarta gan.

Hati hati aja kali nemu orang yg ciri2nya tadi ane sebutkan gan.

Setelah berhari2 kejadian ane menyimpulkan kronologis pencopetannya mungkin seperti ini:
Pencopet masuk dan duduk samping ane yg sedang tidur lalu merobek celana ane dan mengoper ke belakang dengan cepat lalu ane saat sadar pencopet bergegas turun, pas ane kejar itu copet, ada yg duduk dibangku ane sebelumnya nah yg duduk itu dapet operan dompet/yg memegang dompet ane sebelumnya lalu pindah tempat duduk dan saat bis mengisi bensin itu orang turun dan membuang dompet ane dan mengambil isi domnpet. Mungkin kronologisnya seperti itu sih gan, ane nyadar semuanya itu pas sesudah kejadian -,- , oh iyaa sebelum ane berangkat pulang ke bandung tuh nenek ane sempet ngomong awas dompet jangan taro disaku belakang takut ada yg ngambil tapi nasihat nenek ane ga ane hiraukan dan mungkin ane kecopetan karena kualat ga dengerin nasihat orang tua emoticon-Frown

Ane kehilangan dompet yang mempunyai ciri2 dompetnya warna hitam dan berstiker, berisikan kartu atm bca dan mandiri,sim a dan c,kartu mahasiswa,ktp yang semuanya atas nama Rizki Harnanta dan stnk atas nama Dede Haryanto. Siapa tau ada agan yg nemunin dompet ane, walaupun kejadian sudah lama mungkin ada aja keajaibanemoticon-Frown

Tips buat agan yg biasa berpergian dengan menggunakan bis pada malam hari:
1. Baca doa dan pamit pada orang tua sebelum berpergian.
2. duduklah dibarisan pertama belakang supir/kenek.
3. Masukan barang berharga ditempat yg cukup aman.
4. Jika agan duduk dibangku pojok kiri tarolah dompet disaku sebelah kiri karena itu akan menyulitkan copet untuk menganbil dompet, begitu pun sebaliknya. Tetapi mungkin lebih aman jika ditaro ditas dan tas itu dipeluk dipangkuan agan dengan erat.
5. Alangkah aman apabila berpergian dengan teman karena bisa saling mengawasi.
6. Jangan berperilaku/berpenampilan yang berlebihan ketika menaiki kendaraan umum karena bisa mengundang tindak kejahatan.

Sekian tips dan pengalaman yang saya ceritakan semoga dapat menjadi pelajaran. Maaf berantakan baru pertama kali bikin thread dan bikinnya lewat hp. Kalo ada agan-agan yg mempunyai pengalaman sama monggo disharingkan, makasih yg udah baca. Wassalamemoticon-Smilie
Diubah oleh qiewSFDKpunk 02-01-2015 10:50
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
4K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.9KThread25.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.