Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mario7Avatar border
TS
mario7
(Pindahan Thread ditutup momod) Masih soal Freeport vs Pemerintah yg ngalah....
Sebelumnya di Thread Tentang Freeport dikasih ijin lagi 6 bulan sudah closed sama momod

previewnya

Kalah Lagi, Pemerintah Ijinkan Freeport Ekspor Konsentrat 6 Bulan

Keputusan memberikan ijin bikin smelter di Gresik membuat berang masyarakat PAPUA. Mereka berjanji akan mengusir Freeport dari tanah itu jika Freeport tetap berencana akan bangun smelter di Gresik.

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said berdalih perpanjangan izin ekspor konsentrat PT Freeport Indonesia sudah melibatkan masyarakat di Papua. Freeport diminta meningkatkan kesejahteraan warga Papua.

"Sebelumnya kita sudah melakukan pembicaraan dengan Gubernur Papua dan masyarakat disana," ujar Sudirman di Gedung ESDM Jakarta, Minggu 25/1/2015. Selain itu, pemerintah juga ingin memberikan ruang untuk pembangunan masyarakat di Papua.

Perpanjangan izin dalam MoU ini diberikan pemerintah dengan syarat Freeport harus mewujudkan pembangunan smelter di Gresik. Jika tidak bisa selesai, Sudirman mengungkapkan bisa saja kontrak Freeport dihentikan.

Namun, justru izin inilah yang dikecam oleh masyarakat Papua. Seperti diungkapkan Imotius Murip, Ketua Majelis Rakyat Papua, 250 suku di Papua akan mengusir Freeport jika smelter tetap dibangun di Gresik. Murip minta smelter di bangun di Papua.

Sejauh ini pihak Freeport beralasan pembangunan smelter di Gresik lantaran infrastruktur di Papua belum memadai. Sehingga jika dipaksanakan dibangun di Papua dibutuhkan dana yang jauh lebih besar dibanding di Gresik.(ris)

Sumur : Ketua Majelis Rakyat Papua, Siap Usir Freeport
0
4.4K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.