Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

genxstar69Avatar border
TS
genxstar69
Bambang Widjojanto dan Hilangnya Akal Sehat
Bambang Widjojanto dan Hilangnya Akal Sehat
Refly Harun - detikNews

Jawaban saya saat itu agak nyeleneh. “Dari semua orang yang saat ini membuat gonjang-ganjing YLBHI, hanya Bambang Widjojanto yang rajin salat. Saya tahu itu karena saya sering main ke YLBHI.” Begitu jawaban saya pada waktu itu. Kebetulan sekitar tahun 1995, untuk waktu sekitar satu bulan saja, saya pernah menjadi asisten pribadi Adnan Buyung.

Meski BW adalah orang yang paling ‘sulit’ saya pahami ketika menjadi ketua tim investigasi di MK sehubungan dugaan pemerasan yang dilakukan Akil Mochtar pada tahun 2010 – selain BW, anggota tim lainnya Adnan Buyung, Bambang Harymurti, dan Saldi Isra – saya percaya dengan integritas BW. Tentu nobody perfect, tapi BW, saya nilai, salah seorang hamba hukum terbaik di republik ini.

Saya ikut bersedih ketika membaca berita BW digelandang seperti maling ke Bareskrim Mabes Polri, tetapi ikut bangga dan terharu ketika banyak orang – orang-orang terdidik dan tidak dikomando, apalagi dibayar—membelanya. Hingga dinihari saat BW dibebaskan, mereka tidak beranjak dari KPK.

Kepada para penegak hukum dan kita semua, kita bisa mencari pembenaran untuk menutupi kebenaran, bisa menunjuk kebenaran formal dan prosedural untuk menutupi kebenaran sesungguhnya. Namun, satu hal, hati nurani, rasionalitas, dan akal sehat publik tidak bisa dibungkam dengan kekuatan yang paling dahsyat sekalipun.

Jakarta, 24 Januari 2015�

*) Refly Harun adalah Pengamat dan Pengajar Hukum Tatanegara

Ane sih yes sama refly...
Diubah oleh genxstar69 25-01-2015 18:35
0
3.3K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.