Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ladhea08Avatar border
TS
ladhea08
MODUS LOKER MENJAMUR

Maaf agan aganwati...
ane cuma mau curahin unek-unek yang lama-lama jadi enekkkk bin mual.... emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry

Begini ceritanya masbro, mbabro.... ane lagi pusing cari kerja kesana kemari, karena faktor ekonomi ane yang lagi payah dan lemah binti parah...
emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek

ane coba kirim-kirim CV via email.... ane juga datengin dari perusahaan satu ke perusahaan yang lain, ane coba dan coba terus... Alhmdulillah ada beberapa yang kasih respon juga yang kasih panggilan untuk intervieuw... walaupun sebenernya ane merasa ada kejanggalan (dari isi beritanya, dan waktunya yang cukup singkat untuk kasih panggilan).
Fikir ane: Jangan-jangan penyalur...

Tapi ane penasaran karena diberita panggilannya, "INGAT, KAMI BUKAN AGEN/PENYALUR, DLL" Harap temui HRD blablabla...
dan hari H-nya ane coba datengin dech tuh Perusahaan-perusahaan yang kasih panggilan ke ane, dengan harapan ane bisa dapet kerjaan yang murni kerja, dapet penghasilan tetap dech... emoticon-Kiss

Tapi anehnya 99,99% oknum yang mengaku HRD perusahaan yang manggil ane, itu sama bae... "UUD" ujung-ujungnya minta duit dulu. (tarifnya beragam, rata-rata di atas 500rb). alesannya, supaya bisa langsung diterima tanpa test. dengan iming-iming gaji di atas UMR, ada tunjangan, jamkes, askes, trnsport, uang makan, bonus, teuing apalagi dech, dll aja...
Menggiurkanlah pokoknya mach buat ukuran orang yang lagi pailit kayak ane mach....emoticon-siulemoticon-siulemoticon-siul

Perusahaan yang ane datengin pertama, ane ga langsung masuk tuh. Ane liat dulu dari luar area parkiran, dan nunggu siapa tau ada yang keluar abis diintervieuw. Satpamnya udah ngeliatin ane aje... ane coba menghindar dulu dari situ dikit...
Ga lama kemudian, betul juga ada yang keluar, sebutlah Si A, dan keliatnnya abis di cuci otak di dalem.
Kontan, tanpa buang-buang waktu lama, langsung ane intervieuw diluar dech... Keliatan satpam lagi menerawang ane, yang lagi cas cis cus sama Si A, dan matanya kasih kode kedalem kantor (mungkin bahasa matanya, lapor ada penyelidik... begitu kaleee ya).
Setelah itu sang satpam jalan ke arah ane, yang ternyata nyamperin Si A yang lagi dikorek-korek infonya sama ane. Satpam bilang ke Si A, udah mba tinggalin aja. (Maksudnya tinggalin aja ane), karena mungkin takut kebongkar kedok perusahaanya. Tapi satpam telat sech, ane jadi udah dapet infonya, dan ternyata betul dugaan ane... "UUD" choyyy... tuch Si A udah masuk duit 850rb, tapi kerjanya belum jelas kayak apa.... ckckckck... sebelum jadi korban, ane langsung cawww dech dari situ.
emoticon-Nohopenohopeemoticon-No Hope

Ane lanjut datengin ke perusahaan berikutnya, dari luar suasananya agak berbeda, lebih sepi dibanding sebelumnya. Ga ada harepan ada orang yang bisa dikorek-korek infonya. Mau ga mau ane masuk kedalem dech, dengan rasa penasaran bercampur khawatir akan sama kayak yang tadi modelnya.
Ane langsung ke resepsionis, dan bilang mau Intervieuw dengan Bu HRD blablabla lach namamya... Ane diminta menunggu dulu. Mungkin Bu HRD lagi sibuk mempersiapkan ini, itu, anu dan anu, ga tau juga dech...

Kurang lebih 15mnt ane dipersilahkan masuk ke ruang Bu HRD tersebut.
Disitu ane disuruh isi formulir dan mulai diberi penjelasan mengenai profile perusahaan, posisi jabatan yang bakal diduduki ane, gaji yang bakal ane dapet, dll, dsb, dst. Yang jelas ane kurang mudeng sama penjelasannya yang panjang lebar, dan cara bicaranya yang kayak kilat super the flash cepet banget... sambil corat-coret formulir yang ane isi tadi, dan intinya ternyata... wakwaw... sama keneh-keneh... "UUD" jugaaaaa.
fyuhhh...fyuhhhh.... chapchay... fuyunghaiii... kwetiawww deeechhh..,

Ane dateng kesitu emang cuma modal CV, dan ongkos ngepas blasss. Jadi ane putuskan untuk mundur doooonk, karena ane ga ada modal buat bayar yang dimintanya, sebesar 750rb. ane bilang: maaf bu, saya ga ada dana buat bayarnya.
Anehnya tuh HRD maksa banget dech...
Katanya: ga apa-apa kalo sekarang belum bisa bayar full, bayar DP dulu juga boleh 400rb, yang kekurangannya lagi 350rb sebulan kemudian, atau pas udah keterima kerja. Gimana? mau bayar full, atau DPnya dulu? Katanya ngasih tawaran ke ane.
Ane tetap minta mundur, karena emang ga ada dana...
ane tegasin: maaf bu, saya ga ada dana sama sekali buat bayarnya bu. saya cuma bawa uang pas buat ongkos pp saja.

Trus Katanya lagi: atau 350rb dulu? tapi kurangya nanti jadi 600rb ya, sebab semestinya DP 400rb. (dengan nada pengin mastiin lagi, yang dikiranya ane cuma bohong ga ada uang).
ane tetap bersikeras bilang ga ada, emang kenyataannya begitu.

masih pengin mastiin lagi: ya udah, sekarang bawa uang berapa? atau kalau ada atm bisa debit disini. kata tuch HRD
ane jadi makin tersudut, ane lebih perjelas lagi: bu, saya tidak punya dana sama sekali, jangankan untuk bayar, untuk ongkos saja saya punya pas-pasan saja. (smpe ane keluarin dompet ane buat meyakinkan dia).

Tuch HRD belum puas sama jawaban ane kali, sambil kasih muka agak garang dan nadanya yang rada sewot, dia bilang lagi: sekarang itu di dompet ada uang berapa? (smbil nunjuk ke dompet ane)
ane jawab: cuma buat ongkos bu. (ane agak nyewot, sambil ane tunjukkin isi dompet ane yang cuma berisi 15rb)

nadanya makin ditekan: kalo gitu bayar formulirnya aja 65rb, karna ini wajib dibayar.
ane jadi kepancing sewot donk... ane bilang sambil pake otot: ibu ngerti ga, kalo saya ga punya uang lebih? uang yang saya punya cuma cukup buat ongkos pp saja bu. kalo uang di dompet saya, saya sumbangkan ke ibu, berati saya pulang jalan kaki bu.
Tanpa fikir panjang lagi, ane langsung ngacir dari situ tanpa basa-basi-baso lach... karena suasana mulai panas.

Hadeuuhhh.... ane jadi berfikir, duit itu buat sogokan/pelicin atau memang mau tipu menipu sih???
apapun alesannya, ane ga setuju lach... ane cari kerja supaya dapet duit, bukan buang duit koq...
Lagipula, masa iya HRD kayak gitu? masa orang kantoran kayak yang ga punya EKK.
emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah

nach... itu sedikit cerita pengalaman sedih duka merana ane sob-sob....

Semoga para sobat bernasib lebih baik dari ane dech..... Amiiin

mangap ye kalo salah kamar.... harap dimaklum ye.... newbieemoticon-Sorry
0
3.2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.