Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

M0squit0Avatar border
TS
M0squit0
Sejarah Samurai - Dari Musashi hingga "The last Samurai" Takamori
Quote:




Sejarah Samurai Mulai dari Periode Heian Pada 710 M

TOKYO, (PRLM).- Prajurit Samurai merupakan kasta sosial tertinggi di Jepang. Mereka terkenal karena keterampilan pertempurannya yang menakutkan dan diabadikan dalam budaya populer sejak berakhirnya pada akhir abad ke-19.

Namun, seperti dilaporkan Mail Online, koleksi potret menarik dari prajurit Samurai sebenarnya yang diambil dalam dekade sebelum reformasi ini, telah memberikan wawasan ke dalam kehidupan militer otentik di Jepang pra-modern.

Beberapa tampak berpakaian khas Tosei-gusoku, atau berlapis baju besi, sementara beberapa terlihat dalam gaya jubah kimono. Namun hampir semuanya menggenggam senjata paling terkenal Samurai, dan mungkin senjata ikonik yang paling mematikan.

Dua dari foto-foto tersebut menggambarkan kelompok yang sedang mengambil bagian dalam upacara bunuh diri yang dikenal sebagai harakiri, bagian dari kode prajurit yang memilih kehormatan daripada dikalahkan oleh musuh mereka. Diduga telah diambil pada tahun 1860-an, potret-potret ini dibuat pada saat perubahan besar dalam kekuasaan di Jepang.

Periode Edo telah menjadi pemerintah feodal militer Tokugawa Shogunate yang menguasai Jepang selama lebih dari 250 tahun, dan pembentukan sistem kasta sosial yang kaku menempatkan Samurai ditempatkan di bagian atas.

Sejarah Samurai dimulai dari periode Heian pada 710 M dalam kampanye khusus untuk menaklukkan Emirishi di wilayah Tohuku di bagian utara Honshu.

Selama berabad-abad mereka menjadi lebih kuat dan akhirnya menjadi 'prajurit bangsawan' di Jepang, yang membentuk kelas penguasa dari sekitar abad ke-12 sampai abad ke-19.

Pada saat Kaisar Meiji berkuasa pada tahun 1868, prajurit samurai mulai sedikit-demi sedikit dihapuskan. Pertama, dilucuti haknya untuk menjadi satu-satunya kekuatan bersenjata di Jepang, dan mulai memperkenalkan gaya militer Barat dari tahun 1873.

artikel pic asli http://www.pikiran-rakyat.com/node/231409

Quote:




Makna Bushido dan Samurai

Asal muasal kaum samurai dimulai pada keluarga Yamato, yaitu klan terkuat dijepang hingga abad ketujuh masehi.
Istilah samurai, berasal kata kerja bahasa jepang SABURAU yang bearti MELAYANI.sedang pedang yang digunakan adalah KATANA.

Bushido terdiri dari kata BUSHI(Ksatria atau Prajurit) dan DO arti (Jalan), bearti Bushido (Jalan Ksatria) bahwa merupakan sebuah sistem etika atau aturan moral kesatria yang berlaku dikalangan samurai dijaman jepang dulu "Abad 12-19"

Bushido sudah terimplementasi di dalam diri rakyat jepang sejak dulu, berikut nilai-nilai Bushido tersebut :

"Diantara bunga-bunga ada sakura, Diantara laki-laki ada samurai"

Gi = Integrasi : Mempertahankan Etika

Senantiasa mempertahankan etika,moralitas, dan kebenaran, integritas merupakan nilai Bushido yang paling utama, kata integritas mengandung arti keutuhan meliputi seluruh aspek kehidupan, terutama antara pikiran,perkataan, dan perbuatan. Nilai ini sangat dijunjung tinggi dalam falsafah Bushido.

"Pemimpin yang sesungguhnya memahami bahwa tindakan mereka harus ditentukan oleh integritasnya, untuk menarik pengikut, lakukan ketulusan dan hargai komitmenmu"
Hideyoshi


Yu=Keberanian : Berani dalam menghadapi kesulitan

Berani dalam menghadapi kesulitan dan kegagalan, keberanian merupakan sebuah karakter dan sikap untuk bertahan demi prinsip kebenaran yang dipercayai meski mendapat berbagai tekanan dan kesultan, keberanian merupakan ciri-ciri samurai, mereka siap dengan resiko apapun termasuk mempertaruhkan nyawa demi memperjuangkan keyakinan. keberanian samurai tercermin dalam prinsipnya yang menganggap hidupnya" Tidak lebih berharga dari sehelai bulu "

"Seseorang yang batinnya memang pemberani akan menunjukkan loyalitas dan kasih sayang pada majikan dan orang tua, mereka juga mempunyai kesabaran,sikap toleran,serta menghargai apa saja"

Jin=Kemurahan hati untuk sesama, kasih sayang dan simpati

Mencintai sesama, kasih sayang, dan simpati, Bushido memiliki aspek keseimbangan antara maskulin(YIN) dan Feminin(YANG), Jin memiliki sifat feminin, meski berlatih pedang dan strategi perang, para samurai harus memiliki sifat pengasih, dan peduli sesama manusia

"Jadilah yang pertama dalam memaafkan"



Rei=Santun, Hormat pada orang lain

Bersikap santun dan hormat pada orang lain, ksatria tidak pernah bersikap kasar dan ceroboh, namun senantiasa menggunakan etikanya secara sempurna sepanjang waktu, sikap santun dan hormat tidak sajaditujukan pada pemimpin dan orang tua, namun tamu atau siapa saja yang ditemui, sikap santun meliputi cara duduk,berbicara bahkan memperlakukan benda dan senjata, hingga saat ini kesantunan samurai masih terlihat pada cara orang jepang merundukan kepala sebagai tanda hormat.

"Orang melihat kesuksesan saya hanya satu persen, tapi..mereka tidak melihat 99 persen kegagalan saya"
Soichiro Honda(Pendiri Honda Corporation Jepang)


Shin=Kejujuran dan Tulus dan Ikhlas

Jujur dan tulus ikhlas merupakan kode etik samurai yang bearti berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai dengan kenyataan dan kebenaran, para kesatria harus menjaga ucapannya dan selalu waspada.

"Melakukan apa yang katakan, mereka membuat janji dan berani menepatinya"
"Perkataan samurai lebih kuat dari besi"


Meiyo=Nama baik,Kemulian dan menjaga kehormatan

Kemuliaan dan menjaga kehormatan, bagi samurai menjaga kehormatan adalah dengan menjalankan kode etik Bushido secara konsisten sepanjang waktu

Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa jepang,Harakiri ritual bunuh diri samurai ketika kalah perang, dan sekarang diganti dengan Mengundurkan diri dari jabatan apabila bersalah.

"Samurai akan menghormati etika,bukan talenta dan mereka menghormati perbuatan, bukan pengetahuan"

Chugo=Kesetian: Loyal pada pemimpin dan guru

Kesetian ditunjukkan dengan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas, kesetian seorang ksatria tidak saja saat pemimpinnya dalam keadaan sukses, bahkan dalam masa gelap, kehormatan seorang samurai adalah mati dalam tugas dan perjuangan.

" Seorang ksatria mempersembahkan seluruh kehidupannya, untuk melakukan pelayanan tugas"

Tei=Peduli pada yang lebih tua dan menghargai tradisi

Peduli pada yang lebih tua atau pemimpin dan rendah hati, ksatria sangat menghormati dan peduli pada orang yang lebih tua,baik orang tua sendiri maupun leluhurnya, mereka memahami silsilah keluarga dan negara sendiri.

"Tak peduli seberapa banyak kau menanamkan loyalitas dan kewajiban keluarga didalam hati, tanpa perilaku baik untuk mengekpresikan rasa hormat dan peduli pada pemimpin dan orang tua, maka kau tak bisa dikatakan sudah menghargai carahidup samurai"

artikel pics asli di http://tabunginfo.blogspot.com/2011/...a-samurai.html

Quote:





--------- emoticon-Ngacir

Quote:





emoticon-Ngacir -------- emoticon-Ngacir
Diubah oleh M0squit0 19-01-2015 08:57
0
148.4K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.