Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.joanne.Avatar border
TS
.joanne.
6 Hal Yang Harus Anda TANYAKAN Pada Saat Wawancara Kerja
6 Hal Yang Harus Anda Tanyakan Pada Saat Wawancara Kerja


Anda pasti sudah sering membaca mengenai tips menghadapi wawancara kerja. Dari mulai daftar pertanyaan yang biasa diajukan dan bagaimana cara untuk menjawabnya. Kali ini saya ingin berbagi tips apa saja sih yang harus ditanyakan kepada pewawancara. Tips ini berdasarkan pengalaman ane yang belum seberapa emoticon-Malu

Pada saat wawancara biasanya pewawancara akan bertanya “Ada yang mau anda tanyakan?” Sebagian orang mungkin akan merasa bingung mau menanyakan apa. Itu karena dalam wawancara kita sering memposisikan diri sebagai pihak yang menjawab pertanyaan, bukan yang mengajukan pertanyaan.

Berikut beberapa pertanyaan yang bisa kita ajukan :

1. Status Karyawan
Spoiler for 1:

Tanyakan status anda apabila diterima menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Apakah karyawan tetap dengan masa percobaan terlebih dahulu ataukah karyawan kontrak. Kalau karyawan kontrak tanyakan juga berapa lama anda akan dikontrak. Jangan sampai anda baru ternyata status anda adalah dikontrak 2 tahun pada saat hari pertama bergabung dengan perusahaan tersebut.


2. Struktur Organisasi
Spoiler for 2:

Minta pewawancara untuk menjelasakan struktur organisasi perusahaan. Apa gunanya? Agar anda bisa melihat dimana posisi jabatan yang anda lamar dan anda harus bertanggung jawab kepada siapa.


3. Uraian Pekerjaan
Spoiler for 3:

Tanyakan uraian pekerjaan atau job description posisi yang anda lamar. Apa saja daftar pekerjaan sehari hari, apa saja laporan yang harus dibuat. Hal ini harus anda tanyakan dengan jelas karena walaupun nama jabatan sama bisa jadi uraian pekerjaannya berbeda. Contoh jabatan “ Supervisor Produksi”. Di perusahaan A jabatan ini hanya mengerjakan tugas di produksi saja tetapi di perusahaan B selain bertanggung jawab atas produksi jabatan ini juga bertanggung jawab terhadap penerimaan barang, pengecekan kualitas dan juga safety.


4. Fasilitas Dan Kesejahteraan
Spoiler for 4:

Tanyakan fasilitas apa saja yang akan anda dapatkan bila diterima di perusahaan tersebut. Apakah ada bus antar jemput karyawan. Bagaimana dengan fasilitas kesehatan untuk anda dan keluarga. Apakah perusahaan menyediakan makanan atau kah diganti dengan uang. Intinya tanyakan semua tunjangan tunjangan yang ada di perusahaan. Dengan begitu anda dapat membandingkan dengan yang anda peroleh dari tempat anda bekerja sekarang. Tentunya orang akan mencari yang lebih baik bukan?


5. Jadwal Kerja & Lembur
Spoiler for 5:

Penting sekali untuk menanyakan jadwal kerja. Berapa hari kerja dalam seminggu, jam berapa mulai bekerja dan jam berapa selesai. Apakah anda akan bekerja di dalam shift atau tidak. Perlu juga anda tanyakan apakah posisi yang anda lamar berhak untuk mendapatkan upah lembur. Ada perusahaan yang memberikan upah lembur sampai level Supervisor ada juga yang tidak.


6. Proses Berikutnya
Spoiler for 6:

What next? Yang terakhir anda harus tanyakan proses berikutnya setelah wawancara. Berapa tahapan lagi yang anda harus lalui. Apakah akan ada test tertulis, wawancara lanjutan, test kesehatan, dll.

Anda bisa mengembangkan pertanyaan yang lain dari pertanyaan dasar di atas. Sebaiknya jangan pernah katakan “tidak punya pertanyaan” kepada pewawancara. Hal itu akan menimbulkan kesan anda tidak begitu tertarik untuk mengetahui hal hal seputar pekerjaan yang anda lamar.

Silahkan tambahkan berdasarkan pengalaman agan agan


Quote:



Quote:


Diubah oleh .joanne. 23-01-2015 04:25
0
14.6K
49
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.