Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dhikarizki46Avatar border
TS
dhikarizki46
Tuna Rungu Bukanlah Suatu Halangan Hidup Ane
Assalamualaikum Wr. Wb.


Semoga Nggak Repost
Spoiler for Repost Checker:


Important note: Cerita ini merupakan cerita nyata. Ane bikin trit ini seperti cerita agar kaskuser dapat memahami. Oh iya trit ini ane dedikasian buat anak2 dan orang dewasa tuna rungu.


Pendahuluan

Sebelumnya maafkan ane kalo tritnya terkesan curhat. Perkenalkan nama ane Dhika Rizky ************ (sengaja disensor, ane pemalu). Ane merupakan anak tuna rungu kelas low-mid yang disebabkan oleh kekerasan. Ane akan mulai trit ini dari awal perjalanan hidup ane

Welcome to the world......Dhika

Ane merupakan anak bungsu laki-laki kelahiran 20 April 1997 di kota Banjarbaru di Kalimantan bagian selatan. Ane dilahirkan dalam keadaan sehat walafiat, tanpa adanya cacat satupun.

Hari itu Rabu, 20 April 1997 di RSUD Banjarbaru. Ane pertama kali merasakan hidup di dunia ini, suara pertama yang ane dengar adalah suara adzan bapak ane di telinga kanan disusul iqomah di telinga kiri. Ane masih sangat lemah dan tidak memahami apapun saat itu, ane hanya menangis-nangis seperti bayi baru lahir.

Hi little baby


Spoiler for :

Kata bapakku saat ane di aqiqah kan, di daerah ane nama prosesnya "Upacara Mangarani Anak". Lalu rambutku dicukur sedikit. Selesai prosesi aqiqah, keluarga2 ane yang kebanyakan datang dari kota2 yang jauh melihat ane yang masih belum paham apapun, ane dipeluk, dicium, di-bercanda-in, dan lain2. Acara berlangsung secara sederhana jadi tidak banyak acara2 lainnya.

Taman Kanak-Kanak

Biasanya anak awal masuk TK dimulai dari kelas 0 kecil, ane langsung skip ke 0 besar karena ane dirasa sudah cukup besar. Masa ini merupakan masa indah ane, ane gaada menghadapi hal2 yang buruk. Ane disini mulai mengenal yang namanya teman. Sampai sekarang ane masih ingat semua teman2 TK ane.

Ibu ane biasanya selalu menemani ane setiap ane sekolah TK sehingga ibu ane kenal dengan ibu2 anak di TK itu. Karena sering ngobrol2 akhirnya dibentuklah kelompok arisan ibu2 itu. Dari arisan itu ane makin kenal banyak teman.

Awal mula kesalahan


Spoiler for :

Itulah awal mula kesalahan muncul. Seharusnya teman ibu ane tidak boleh percaya begitu saja kata2 orang lain, apa boleh buat karena sudah takdir, hadapin aja berikutnya.

Welcome to hell, the littles


Jam 3 sore di depan kantor lurah suatu kelurahan, dalam mobil kijang warna merah keluaran tahun 90' an. Panas bikin baju ane basah akibat menunggu teman ibu ane yang belum datang. Ibu ane gak tau tempatnya jadi perlu nunggu temannya, akhirnya teman ibu ane datang. Lalu kami menuju ke rumah guru les itu.

Spoiler for Mobil kijang ane saat masih digunakan emak ane antar jemput TK dan les:


Sesampainya disana tempatnya di komplek dinas kehutanan, rumahnya persis di ujung jalan, sebelah kiri rumah itu jadi kebun jagung, sebelah kanan ada rumah berdempetan. Kami masuk lewat samping rumah guru les itu. Di sana banyak anak2 SD terutama dari SD S*njaya tempat guru itu mengajar. Bukan tempat les yang bagus, tapi di jaman ane segitu udah lumayan, ada bangku panjang, meja panjang, black board, dll lengkap lah buat tempat les di jaman segitu, tapi jangan dibanding sama bimbel G*nesha atau Pr*mag*ma.
Spoiler for :

Awal yang benar-benar mulus yah, memang tampilan bisa menipu apalagi jika tidak hati-hati.

Oh no, It's a trap



Hari pertama ane jalani les lancar2 saja, namun setelah beberapa hari kelakuan buruk guru les ane mulai keluar, suatu ketika ane ada kesalahan di pelajaran ane
Spoiler for :


Itu hanya salah satu kelakuan guru les ane. Sebenarnya masih banyak kelakuan hina dia. Paling parah dia ampe dorong meja ampe kebalik mirip seperti yang dibawah ini



Good bye my friend


Akhirnya ane lulus TK ane, rencananya ane mau lanjut ke SD di dekat rumah ane walau bukan SD favorit alasannya:
1. Dekat rumah
2. Karena kakak ane pernah sekolah disana
3. Kalo ada apa2 cepat ketemunya
Sedangkan teman ane yang lainnya lanjut di SD favorit walau jauh dari rumahnya. Les? Tetap lanjut dijalanin.

SD


Selesai pendaftaran SD, ane diterima di kelas 1A. Hari pertama masuk ane terlambat akibat tidak terbiasa masuk jam 7.30 WITA karena TK ane masuk jam 8.00 WITA. Ane diantar ibu ane ke kelas, dikenalkan wali kelasnya ibu R*smi*na, lalu ane disuruh duduk di belakang, temen ane yang se meja namanya T*dy. Sorenya ane les seperti biasa. Ya "seperti biasa" orangnya pemarah.

Dapat rangking 2 dan 1


Udah saatnya ane bagi rapor, untuk kelas 1 mayan lah dapat rangking 2, kelas 2 ane dapat rangking 1. Sorenya ane les, yah "seperti biasa" aktivitas les diiringi dengan suara "Plakkk.....aduhhh....aaaahhhhh.....bodoh.....janc*k.....kreeett..." Jadi ane datang les dalam keadaan bersih, pulangnya dalam keadaan BABAK BELUR.

Kelas 3 dan astaga, dasar brengsek!!!


Ok awal mula tuna rungu ane di kelas ini, "seperti biasa" guru itu menyiksa ane. Setelah pulang les hari itu tumben badan ane jadi panas, trus daun telinga ane jadi bengkak dan panas, besoknya ane gak turun sekolah dan les selama 1 minggu. Ane dibawa ke dokter anak langganan ane, trus penyakit ane dianggap "cuma alergi biasa", jadi ane dikasih parasetamol dan obat tetes telinga. Obat parasetamol ditumbuk jadi puyer, dimakan 3x sehari dan obat telinga 1x sehari tiap mau tidur.

Lama2 penyakit ane berangsur2 pulih. Akhirnya ane kembali masuk sekolah kecuali les karena dikhawatirkan capek. Di sekolah ada yang aneh, guru ane ngejelasin kok suaranya nggak jelas seperti biasanya? Ane berpikir positif aja mungkin karena gurunya sakit juga, padahal ane yang sakit.

Kelas 3 hingga kelas 6 yang menyedihkan


Bisa dibilang masa kelas 3-6 SD merupakan masa yang menyedihkan, ranking ane di raport hancur! Kurang dari 2 poin angka nilai ane gak bakal naik kelas. Ibu ane kaget bukan kepalang sampe nanya guru2 di SD tuh. Tapi jawaban semuanya "Maaf bu, memang itulah hasil akhir ulangan kenaikan kelasnya, kami sudah menghitung nilainya dengan nilai latihan, praktek, ulhar, dll itu hasilnya." Di rumah, ane sudah menunggu ibu ane datang ngambil rapor. Pas datang ane dibentak (ada bahasa banjarnya dikit)
Spoiler for :


Abis diguyur ane dikunci di kamar mandi kira2 1 atau 2 jam lah, lupa dah. Keluarnya ane ditolongin nenek ane yang gak tahan lihat ane diguyur trus di "penjara"

Spoiler for :


Bullying

Oke, ini masa di kelas 3 hingga lulus SD. Karena sekolah ane bisa dibilang sekolah pinggiran, maka sudah jelas ada premannya, bocah PUNK! Agar dianggap benar2 anak geng, syarat masuk geng itu "harus membuat seorang anak cowok menangis, dan juga memukulnya sampai berdarah2" yah karena ane dulunya penakut selain itu cengeng ane sering jadi "samsak tinju" hasilnya? Lihat dibawah:
Spoiler for bully:


Mampus dah ane di masa SD nih. Ibu ane sampai bolak-balik sekolah gara2 ane sering terlibat baku hantam, anehnya udah tau ada anak punk di sekolah ane sudah 3x ganti kepsek tetap gaada tindakan buat anak punk. Untunglah ane berhasil survive sampai lulus. Kenapa ane gak mau pindah? Jawabannya kata ibu ane tuh "biar dekat", simpel, gitu aja. Mungkin maksudnya biar dekat dengan Tuhan? Les ane sudah berhenti pas kelas 3 karena ane nyari alasan sering ketiduran siang, padahal emang ketiduran kok emoticon-Ngakak

SMP Surga atau SMP Neraka?


Akhirnya ane bebas dari bullyan para bocah PUNK. Karena takut kejadian di bully lagi, maka sengaja dipilih sekolah SMP favorit. Sekolah SMP itu punya 3 jalur pendaftaran:
1. jalur internasional, kelasnya pakai bahasa inggris tapi sudah pakai AC, proyektor, kursi dan meja mahal, laptop netbook buat presentasi tiap kelas wiihhhh....... mantap lah. Tapi syaratnya harus bisa bahasa inggris, NIM SD berapapun nggak ngaruh.
2. jalur reguler, kelas biasa kayak kebanyakan, kursi dan meja kayu, no projector, no laptop, no ac, gitu aja. Pakai NIM SD sebagai syarat masuk minimal 22
3. jalur bina lingkungan, kelas sama dengan reguler. Bedanya kalo punya kenalan atau anak guru bisa masuk ke sana. NIM SD nggak ngaruh.

Jadi awalnya ane daftar lewat jalur inter, siapa tau tembus, ternyata gagal terutama praktek speaking and listening akibat terganjal masalah telinga. Percobaan ke 2 lewat jalur reguler, ternyata gagal juga karena NIM ane 19,40. Nah karena itu ane sempat putus asa, apa ane harus masuk ke sekolah "neraka" lagi? Nggak disangka ternyata ada rezeki lewat. Ada teman arisan ibu ane yang kebetulan guru SMP tuh mau bantu ane masuk lewat jalur bina lingkungan. Akhirnya ane berhasil masuk SMP favorit. Yaaaayyyyy!!!!!!

Woy...dia tuli dan gila!


Hmm.....jaman SMP dimana ane memasuki masa puber. Disini ane mulai mengenal apa itu "pacaran"emoticon-Kiss (S)ugh jadi malu emoticon-Malu (S). Ada masalah disini, karena masih banyak bocah labil akibatnya menyebar gosip ane "Dia tuli dan gila". Tuli iya betul tapi ane masih bisa dengar walau nggak semuanya kok. Gila? gara2 pengaruh bully jaman SD dan tuli ane kelakuannya memang kayak "orang gila" ketawa2 sendiri, gitu kata temen ane. Memang sih tapi gak sampai mengganggu kalian juga kan? emoticon-Malu (S) oke lanjut ke SMA emoticon-Ngacir

SMA: saya nggak butuh bantuan lagi


Sebelumnya ane masuk SMP perlu bantuan, nah di kelas 3 SMP ane sudah bertekad masuk SMA favorit nggak mau pakai bantuan lagi. Ane ikut test masuk SMA dan hitung nilai rata2 raport SMP, berhasil! Ane akhirnya diterima! Nilai test masuk dan rata2 raport masuk kriteria. Masalah telinga nggak jadi hambatan emoticon-Stick Out Tongue

Kelas X: Susah!


Berhubung kelas ane masih pakai KTSP 2006 maka pemilihan jurusan harus berdasarkan prestasi nilai pelajan IPA maupun IPS. Nah dikelas X pelajaran IPA dan IPS kan masih nyatu. Jadinya jadwal sekolah ane padat banget. Ane entah kenapa malah benci pelajaran IPA padahal cita2 ane jadi dokter. Malah ane lebih suka pelajaran IPS, jadinya mau-nggak mau harus mikir ulang cita2 ane emoticon-Cape d... (S)

Kelas XI: Anak sosial


Setelah selesai UKK akhirnya keluar sudah pengumuman dimana ane akan ditempatkan. "Anda diterima di kelas sosial" ya itulah isi raport ane, ane menerima aja dengan lapang dada karena emang sudah niat masuk IPS. IPA? Gajadi emoticon-Stick Out Tongue

Kelas XII Sosial: do now for better tomorrow


Sekarang ane sudah semester 2, tinggal 3 bulan lagi ane UN. Ane sekarang lagi berusaha mendapatkan jatah kursi kuliah di Universitas negeri ternama di yogya emoticon-Big Grinyah semoga aja ane bisa lulus tanpa terkendala berbagai macam kekurangan emoticon-Sorry

Terkadang hidup memang berat, namun dengan usaha kita pasti bisa!


Spoiler for Sumber:


Terima kasih sudah berkunjung ke trit ane


Wassalamualaikum Wr. Wb.
Diubah oleh dhikarizki46 22-01-2015 11:22
0
6.2K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.