Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

strobilusAvatar border
TS
strobilus
Kenapa Harga Batik Tulis Relatif Mahal
trhread yang ke tiga emoticon-Kiss
Kita mengetahui ada berbagai macam batik yang diperjualbelikan di pasar. Kita bisa melihat adanya perbedaan mulai dari motif kain yang digunakan sesuai dengan daerah yang menjadi ciri khasnya atau rohnya batik. Harga batik pun beraneka ragam, ada yang 30 ribuan sampai yang jutaan. Kadang kadang walaupun bahan atau kain yang digunakan sama harga batik bisa berbeda. Hal ini lah yang akan kita coba diskusikan.
Harga pasar merupakan kait mengait antara harga penawaran yang dilakukan oleh si penjual dan harga pembelian yang wajar yang dilakukan oleh si pembeli. Harga penawaran yang dilakukan oleh si penjual merupakan harga produksi ditambah dengan margin keuntungan. Sedangkan harga pembelian yang wajar itu merupakan komponen keinginan ditambah dengan pertimbangan dengan harga barang yang sejenis. Setiap penjual berusaha untuk menaikan margin keuntungan sedangakan pembeli berusaha untuk memperoleh harga yang lebih murah dari pertimbangan harga barang sejenis.
Harga penjualan batik yang dilakukan oleh penjual seperti yang kita diskusikan diatas antara harga untuk batik printing/sablon, cap, ataupun tulis bisa berbeda perlakuannya. Batik printing/sablon merupakan batik dengan harga penawaran yang relatif lebih murah hal ini disebabkan berbagai macam faktor. Pertama proses pembuatan batik printing relatif lebih murah, kedua kain yang digunakan untuk batik print/sablon lebih murah karena kualitas yang digunkan biasanya bukan yang premium, yang ketiga batik printing/sablon biasanya diproduksi secara massal yang mengakibatkan jumlah motif yang sama berada dipasaran atau tidak unik.


Batik cap merupakan batik yang dibuat dengan plangkan atau seperti cap yang berbentuk motif. Berbeda dengan bati sablon proses batik cap lebih lama dan lebih mahal daripada batik print/sablon. Kain yang digunkan untuk batik cap mengunkan kain yang lebih bagus dari pada yang digunkan dengan batik print. Batik cap sama halnya dengan batik print diproduksi secara masal karena plangkan yang digunkan dapat digunakan berkali kali.



Batik tulis merupakan batik yang dibuat dengan alat membantik yang kita kenal yaitu canting. Batik Tulis di buat dengan berbagai macam cara antara lain mengambar dengan pensil terlebih dahulu di kain/mori baru kemudian pola yang terbentuk dengan pencil tersebut di waxing atau di tutup malam, sesudah itu baru di celup dengan pewarna. Waxing diperlukan untuk mengamankan warna yang ditutup. Proses waxing dan pencelupan ini tergantung jumlah warna yang diinginkan. Proses batik tulis memang lebih rumit dan mendetail. Bahan yang digunakan merupakan bahan yang premium baik dari katun ataupun dari sutra. Proses pembatikan yang mengunakan keahlian manusia atau skill perorangan ini lah yang membuat batik tulis istimewa, hampir tidak ada yang kembar identik disetiap batik tulis yang diproduksi walaupun dengan motif yang sama atau mempunyai keunikan tersendiri.



Harga batik tulis yang mempunyai keunikan tersendiri inilah yang membuat harganya bisa melambung dan lebih mahal dari pada harga batik yang lain.
www.bossbatik.com


CMIWemoticon-I Love Indonesia (S)


kalau berkenan emoticon-Blue Guy Cendol (L)dikit aja yakkk
nona212
nona212 memberi reputasi
1
4.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.