- Beranda
- The Lounge
SEKARANG ERANYA BUS BERSUMBU TIGA (triple Axle) DI INDONESIA
...
TS
smirnoff_ice
SEKARANG ERANYA BUS BERSUMBU TIGA (triple Axle) DI INDONESIA
Quote:
ALHAMDULILLAH HOT THREAD PERTAMA ANEE.
Terima kasih Kepada kaskus Officer, Mimin, Momod. Dan Terima kasih yang sebesar besarnya kepada para kaskuser smuanya...
SELAMAT PAGI/SIANG/SORE/MALAM
SELAMAT DATANG DI THREAD ANE YANG CUPU INI SEMOGA TIDAK REPOST
Quote:
INTERMEZZO...
Quote:
Banyak kalangan menyebut bus dengan tiga poros roda sebagai bus tronton, mengacu pada poros roda yang kerap ditemui pada truk tronton. Namun, sesungguhnya ada perbedaan besar poros roda ketiga pada bus dengan poros roda ketiga pada truk. Poros ketiga pada bus, roda bisa bergerak untuk ikut mengarahkan bus, sedangkan pada truk poros ketiga cenderung tetap. Selain itu jumlah roda pada poros ketiga pada bus juga hanya dua, bukan empat seperti yang kita temui pada truk. Jangan samakan tiga poros roda ini dengan suspensi pada truk, sebab keenam titik rodanya sudah dilengkapi suspensi udara.
Quote:
Bus bersumbu tiga ini memang baru bisa didatangkan pada tahun 2013. Sebelumnya pemerintah belum mengeluarkan regulasi tentang bus tunggal berdaya angkut besar. Namun sejak Juni 2012, bersamaan dengan keluarnya PP No. 55 tahun 2012 tentang Kendaraan, pemerintah memperbolehkan bus yang disebut sebagai bus maxi.
Dalam pasal 5 peraturan itu, disebutkan bus maxi yang dirancang dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 16.000 kg – 24.000 kg. Ukuran panjang keseluruhan lebih dari 12.00 mm – 13.500 mm. Sedangkan ukuran lebar keseluruhan tidak melebihi 2.500 mm, tinggi tidak lebih dari 4.200 mm dan tidak lebih dari 1,7 kali lebar kendaraannya.
Dalam pasal 5 peraturan itu, disebutkan bus maxi yang dirancang dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 16.000 kg – 24.000 kg. Ukuran panjang keseluruhan lebih dari 12.00 mm – 13.500 mm. Sedangkan ukuran lebar keseluruhan tidak melebihi 2.500 mm, tinggi tidak lebih dari 4.200 mm dan tidak lebih dari 1,7 kali lebar kendaraannya.
Setelah Diberikan Baju atau Karoseri
Spoiler for Triple Axle:
Ane disini ingin coba membahas tentang ATPM apa saja yang mencoba masuk dan menjual Chassisnya di indonesia.
Bukan Si pembuat Baju atau Karoserinya ya gann,, karena kalau ingin membahas si pembuat baju atau karoseri pasti banyak sekali pemainnya di indonesia.
Seperti Adi Putro, Laksana, Tentrem, Rahayu Sentosa, New Armada Dll.
Bukan Si pembuat Baju atau Karoserinya ya gann,, karena kalau ingin membahas si pembuat baju atau karoseri pasti banyak sekali pemainnya di indonesia.
Seperti Adi Putro, Laksana, Tentrem, Rahayu Sentosa, New Armada Dll.
Quote:
1.Mercedes Benz OC500RF-2542
Chassis OC 500 RF-2542 pertama sebetulnya sudah dipersiapkan sejak triwulan keempat 2013 lalu. Satu unit diantaranya telah selesai dibangun di Karoseri Adiputro untuk PO Kurnia, dan kini beroperasi melayani rute Banda Aceh – Medan.
PT. Mercedes-Benz menunggu waktu yang pas untuk memperkenalkan chassis dengan mesin bertenaga besar dan panjang 13,5 meter. Dimensi panjang bus ini 1,5 meter lebih panjang dari bus pada umumnya, tenaganya 422HP. Maklum tahun 2014 adalah tahun politik, mulai pemilu legislatif hingga pemilu presiden yang menyita perhatian seluruh masyarakat Indonesia sedikitnya delapan bulan. Beberapa operator bus potensial sesekali diajak untuk melihat chassis ini secara terbatas mengingat banderol harga Rp. 1,5 miliar yang bisa menyentuh dasar kantong operator bus. chassis OC 500 RF-2542 tidak diproduksi di Fasilitas Perakitan PT MBI di Wanaherang. Mereka mendatangkan dalam bentuk completly built up. "Tergantung regulasi pemerintah yang memungkinkan populasi chassis bus ini bisa bertambah. Sementara ini kami melihat untuk merakit chassis di Wanaherang dari sisi teknis dan cost tidak sepadan," kata dia.
Dirakit di Spanyol, Mercedes Benz OC500RF-2542 dibekali dengan mesin turbo intercooler dengan output 11.967 CC menghasilkan daya sekitar 310 Kw (atau 422 HP) pada 2.000 RPM dan torsi tertinggi pada 1.900 Nm pada 1.100 RPM.
Dimensi ini chassis bus baru di 2.500 x 14,355 x 1,720 mm. (lebar x panjang x tinggi). Mesin pada Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini dikendalikan dan dikelola dengan sistem elektronik. Injeksi bahan bakar yang lebih tepat dan efisien dengan sistem pompa satuan untuk memastikan kinerja yang lebih baik, sehingga memperpanjang daya tahan mesin atau lebih awet.
Hebatnya lagi Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik dari mercedes benz yaitu:
1. Disk Break
2. Electronic Stability Program (ESP®) atau sistem anti-selip.
3. Sistem pengereman elektronik (EBS)
4. ABS (antilock Breaking System)
5. Retarder untuk memastikan daya pengereman dan ASR Sistem
pengereman.
untuk menambah kenyamanan juga menghadirkan transmisi semi otomatis (automated transmission). Transmisi ZF AS Tronic 12 dengan 12 percepatan membuat akselerasi mesin lebih halus. Bersama intarder deselarasi mesin untuk mendukung sistem pengereman juga lebih tidak terasa bagi penumpang. “Automated transmission ini jika dibandingkan yang manual lebih ekonomis, karena putaran mesin bisa terjaga saat perpindahan gigi. Ada pula Eco gear pada dashboard yang memberi peringatan kapan pengemudi pindah tuas persneling di posisi 1-2-3,.
Suspensi independen sudah disematkan pada as roda depan hal ini digunakan untuk memberikan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Yang menarik dari Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini adalah pada poros roda ketiga yang dapat dikontrol baik untuk bergerak maju dan mundur, dengan sistem elektro-hidrolik. panjangnya bus 13,5 meter juga tidak akan menjadi masalah. Sebab poros ketiga dilengkapi penggerak. Walaupun gerakannya tak seperti poros pertama, namun poros ketiga yang bisa bergerak mengikuti pergerakan poros pertama bisa mempermudah manuver di bawah kecepatan 20 km/jam. Panjangnya chassis space-frame juga memungkinkan operator bus memuat bagasi lebih banyak dibandingkan bus 12 meter. jika bagasi diisi penuh 10 unit sepeda motor pun bisa masuk di dalamnya. Selain itu, fitur tambahan lain adalah level adjuster untuk suspensi udara yang memungkinan suspensi udara bisa diatur ketinggiannya. Fitur ini sangat membantu bus-bus dengan layanan antar kota antar provinsi.
Secara struktur OC 500 RF-2542 tak jauh berbeda dari pendahulunya OC 500 R-1836. Tiga sumbu roda ini secara teknis membuat titik beban bus terbagi merata sepanjang 13,5 m. "Dengan tiga sumbu roda chassis OC 500 RF-2542 ini bisa dibuat bus berlantai satu, juga cocok untuk bus tingkat wisata premium.
PT. Mercedes-Benz menunggu waktu yang pas untuk memperkenalkan chassis dengan mesin bertenaga besar dan panjang 13,5 meter. Dimensi panjang bus ini 1,5 meter lebih panjang dari bus pada umumnya, tenaganya 422HP. Maklum tahun 2014 adalah tahun politik, mulai pemilu legislatif hingga pemilu presiden yang menyita perhatian seluruh masyarakat Indonesia sedikitnya delapan bulan. Beberapa operator bus potensial sesekali diajak untuk melihat chassis ini secara terbatas mengingat banderol harga Rp. 1,5 miliar yang bisa menyentuh dasar kantong operator bus. chassis OC 500 RF-2542 tidak diproduksi di Fasilitas Perakitan PT MBI di Wanaherang. Mereka mendatangkan dalam bentuk completly built up. "Tergantung regulasi pemerintah yang memungkinkan populasi chassis bus ini bisa bertambah. Sementara ini kami melihat untuk merakit chassis di Wanaherang dari sisi teknis dan cost tidak sepadan," kata dia.
Dirakit di Spanyol, Mercedes Benz OC500RF-2542 dibekali dengan mesin turbo intercooler dengan output 11.967 CC menghasilkan daya sekitar 310 Kw (atau 422 HP) pada 2.000 RPM dan torsi tertinggi pada 1.900 Nm pada 1.100 RPM.
Dimensi ini chassis bus baru di 2.500 x 14,355 x 1,720 mm. (lebar x panjang x tinggi). Mesin pada Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini dikendalikan dan dikelola dengan sistem elektronik. Injeksi bahan bakar yang lebih tepat dan efisien dengan sistem pompa satuan untuk memastikan kinerja yang lebih baik, sehingga memperpanjang daya tahan mesin atau lebih awet.
Hebatnya lagi Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik dari mercedes benz yaitu:
1. Disk Break
2. Electronic Stability Program (ESP®) atau sistem anti-selip.
3. Sistem pengereman elektronik (EBS)
4. ABS (antilock Breaking System)
5. Retarder untuk memastikan daya pengereman dan ASR Sistem
pengereman.
untuk menambah kenyamanan juga menghadirkan transmisi semi otomatis (automated transmission). Transmisi ZF AS Tronic 12 dengan 12 percepatan membuat akselerasi mesin lebih halus. Bersama intarder deselarasi mesin untuk mendukung sistem pengereman juga lebih tidak terasa bagi penumpang. “Automated transmission ini jika dibandingkan yang manual lebih ekonomis, karena putaran mesin bisa terjaga saat perpindahan gigi. Ada pula Eco gear pada dashboard yang memberi peringatan kapan pengemudi pindah tuas persneling di posisi 1-2-3,.
Suspensi independen sudah disematkan pada as roda depan hal ini digunakan untuk memberikan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Yang menarik dari Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini adalah pada poros roda ketiga yang dapat dikontrol baik untuk bergerak maju dan mundur, dengan sistem elektro-hidrolik. panjangnya bus 13,5 meter juga tidak akan menjadi masalah. Sebab poros ketiga dilengkapi penggerak. Walaupun gerakannya tak seperti poros pertama, namun poros ketiga yang bisa bergerak mengikuti pergerakan poros pertama bisa mempermudah manuver di bawah kecepatan 20 km/jam. Panjangnya chassis space-frame juga memungkinkan operator bus memuat bagasi lebih banyak dibandingkan bus 12 meter. jika bagasi diisi penuh 10 unit sepeda motor pun bisa masuk di dalamnya. Selain itu, fitur tambahan lain adalah level adjuster untuk suspensi udara yang memungkinan suspensi udara bisa diatur ketinggiannya. Fitur ini sangat membantu bus-bus dengan layanan antar kota antar provinsi.
Secara struktur OC 500 RF-2542 tak jauh berbeda dari pendahulunya OC 500 R-1836. Tiga sumbu roda ini secara teknis membuat titik beban bus terbagi merata sepanjang 13,5 m. "Dengan tiga sumbu roda chassis OC 500 RF-2542 ini bisa dibuat bus berlantai satu, juga cocok untuk bus tingkat wisata premium.
Spoiler for OC500RF-2542:
Spoiler for BY : Haltebus:
SUMUR : - http://www.karoseri-id.com/
- http://www.haltebus.com/
- http://transport-spec.blogspot.com/
- https://www.google.com/
Quote:
2.MAN R37
Bus dengan Chassis MAN R37 Triple Axle sedang hangat dibicarakan, karena memang kabar terbarunya Chassis ini telah dimiliki oleh PO besar di Indonesia yaitu PO Nusantara dan juga PO Nusa Indah . MAN yang bermakas di German sepertinya siap bersaing di pasar Bus Indonesia dibuktikan dengan hadirnya beberapa unit Chassis Triple Axle yang masuk di Indonesia di bawah PT Duta Putra Sumatera (DPS) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk MAN Bus dan Truck di Indonesia. MAN R37 ini adalah chassis bus pertama Eropa yang berkonfigurasi 3-axle atau tiga gandar/poros roda.
Secara garis besar teknologi bus Eropa yang diusung MAN R37 sudah banyak ditemui di Indonesia. Berbasis chassis spaceframe, MAN R37 ditopang mesin Diesel Commonrail MAN-D2676 LOH10 Euro III dengan enam silinder segaris berkapasitas 12,4 liter. Tenaga yang dihasilkan terbesar dari semua mesin bus yang dipasarkan di sini, yakni 460 HP. “Dari karakter kemampuan mesin dan chassis-nya yang spaceframe memungkinkan bus ini bisa dibuat untuk bus single decker atau double decker (bus tingkat).
Tenaga yang besar, kemampuan yang besar, serta ukuran yang mungkin juga bisa diperbesar jika dibangun sebagai bus tingkat, ditopang dengan sistem keamanan. Ada tiga perangkat pengereman yang menjaga keamanan bus saat menggelinding di aspal. Pertama, ada fitur Exhaust Valve Brake yang mengurangi laju bus dengan pengereman yang dibantu mesin. Kedua, perangkat Electronic Braking System termasuk Anti-lock Braking System (ABS)/Traction Control System (TCS) yang memungkinkan pengereman dan pengendalian bus secara maksimal. Ketiga, fitur retarder dengan lima tingkatan dengan tombol tersedia di steering wheel/roda kemudi juga melengkapi pengaman pengereman.
Chassis MAN R37 juga dilengkapi dengan poros roda depan yang independen (independent front axle). Konfigurasi poros roda seperti ini memungkinkan keleluasan pergerakan. Diantara chassis dan poros roda depan ada suspensi udara yang menjamin kenyamanan penumpang di atasnya. Sementara untuk roda belakang, enam titik balon suspensi udara menopang empat titik roda dengan enam ban yang terpasang. Empat balon udara berada di sisi chassis, dan dua lainnya ada di atas chassis untuk keleluasan gerak roda terbelakang.
Di luar fitur suspensi udara, masih ada fitur transmisi yang menambah kenyamanan penumpang. Akselerasi mesin dengan transmisi ZF-12 AS 2301 Tipmatic menjanjikan perpindahan percepatan sangat mulus. Secara teori, dengan 12 percepatan transmisi manual Tipmatic, perpindahan percepatan nyaris seperti yang kita rasakan pada transmisi otomatis.
Secara garis besar teknologi bus Eropa yang diusung MAN R37 sudah banyak ditemui di Indonesia. Berbasis chassis spaceframe, MAN R37 ditopang mesin Diesel Commonrail MAN-D2676 LOH10 Euro III dengan enam silinder segaris berkapasitas 12,4 liter. Tenaga yang dihasilkan terbesar dari semua mesin bus yang dipasarkan di sini, yakni 460 HP. “Dari karakter kemampuan mesin dan chassis-nya yang spaceframe memungkinkan bus ini bisa dibuat untuk bus single decker atau double decker (bus tingkat).
Tenaga yang besar, kemampuan yang besar, serta ukuran yang mungkin juga bisa diperbesar jika dibangun sebagai bus tingkat, ditopang dengan sistem keamanan. Ada tiga perangkat pengereman yang menjaga keamanan bus saat menggelinding di aspal. Pertama, ada fitur Exhaust Valve Brake yang mengurangi laju bus dengan pengereman yang dibantu mesin. Kedua, perangkat Electronic Braking System termasuk Anti-lock Braking System (ABS)/Traction Control System (TCS) yang memungkinkan pengereman dan pengendalian bus secara maksimal. Ketiga, fitur retarder dengan lima tingkatan dengan tombol tersedia di steering wheel/roda kemudi juga melengkapi pengaman pengereman.
Chassis MAN R37 juga dilengkapi dengan poros roda depan yang independen (independent front axle). Konfigurasi poros roda seperti ini memungkinkan keleluasan pergerakan. Diantara chassis dan poros roda depan ada suspensi udara yang menjamin kenyamanan penumpang di atasnya. Sementara untuk roda belakang, enam titik balon suspensi udara menopang empat titik roda dengan enam ban yang terpasang. Empat balon udara berada di sisi chassis, dan dua lainnya ada di atas chassis untuk keleluasan gerak roda terbelakang.
Di luar fitur suspensi udara, masih ada fitur transmisi yang menambah kenyamanan penumpang. Akselerasi mesin dengan transmisi ZF-12 AS 2301 Tipmatic menjanjikan perpindahan percepatan sangat mulus. Secara teori, dengan 12 percepatan transmisi manual Tipmatic, perpindahan percepatan nyaris seperti yang kita rasakan pada transmisi otomatis.
Spoiler for MAN R37:
Spoiler for MAN R37 by: Nu3tara (Nusantara):
SUMUR : - http://www.karoseri-id.com/
- http://www.haltebus.com/
- http://transport-spec.blogspot.com/
- https://www.google.com/
Quote:
3.Golden Dragon XML6145D13
Bergandengan dengan mitranya di Indonesia, PT. Indo Dongfeng, Xiamen Golden Dragon Bus Co, Ltd. diam-diam menghadirkan chassis 3-axle, chassis bersumbu tiga.
chassis Golden Dragon ber-tipe XML6145D13 yang didatangkan ke Indonesia memiliki satu sumbu penggerak dan dua sumbu pengarah dengan panjang tak lebih dari 13,5 meter, berat chassis 9,8 Ton dan berat maksimum 26 Ton. Yang dimaksud sumbu pengarah adalah sumbu yang bisa dibergerak mengarahkan bus. Sumbu utama pengarah tentu saja yang ada di depan yang dikendalikan dengan steering wheel. Sedangkan sumbu pengarah kedua ada di bagian belakang. Tepatnya sumbu ketiga yang posisinya berada di susunan paling belakang. Sumbu penggerak ada pada sumbu kedua. “Pada kecepatan 20 Km/jam, roda di sumbu yang paling belakang akan ikut mengarahkan bus sesuai dengan arah roda depan. Dua sumbu pengarah inilah yang menjadi pembeda bus bersumbu tiga dengan bus-bus bersumbu dua yang banyak beredar di Indonesia, terihat roda di sumbu paling belakang sedikit bergeser saat berbelok. Arah roda mengikuti arah roda depan yang dikendalikan steering wheel.
Sistem pengarah roda belakang bus sebetulnya lazim ditemukan pada bus bersumbu tiga yang banyak beredar di negara-negara maju atau negara yang sudah mengoperasikan bus jenis ini. Sementara untuk di Indonesia sistem pengarah roda belakang masih terasa asing karena regulasi tentang bus dengan panjang 13,5 meter baru ditetapkan pemerintah pada tahun 2012 lalu. Chassis Golden Dragon termasuk gelombang pertama bus bersumbu tiga yang masuk ke negeri ini.Pada chassis Golden Dragon ini, pengarah roda belakang dilakukan oleh rangkaian lengan hidrolik dan saluran tekanan udara. Semuanya dikendalikan secara elektronik melalui rangkaian Electronic Control Unit (ECU). “Mengemudikan bus ini sama seperti kita mengemudikan bus yang umumnya ada di sini, tidak ada kesulitan mengendalikannya.
Keunikan lain ada pada mesin. Jika pada chassis-chassis Golden Dragon yang beredar di Indonesia sebelumnya mengusung mesin Yuchai, pada model XML6145D13 mengusung mesin Weichai. Mesin WP10.375 enam silinder berkapasitas 9.210 cc itu memiliki tenaga maksimum 375HP pada 1460Nm. “Mesin ini bisa menghasilkan tiga tenaga yang berbeda. Dengan hanya menekan tombol maka anda bisa mengatur tenaga yang dibutuhkan. Apakah 375 HP, 336 HP atau 290 HP". Dengan pilihan tenaga yang bisa diatur, chassis ini cocok untuk segala medan. Jika melalui jalan datar yang tak membutuhkan tenaga, pengemudi hanya tinggal mengatur tombol pada posisi 290HP. Sementara ketika melalui jalan yang menanjak dan berkelok-kelok, tenaga 336HP dan 375HP bisa dimanfaatkan, juga hanya dengan mengubah tombol.
Mesin yang mengusung teknologi gas buang Euro-III ini juga dilengkapi turbocharger dan intercooler. Xiamen memilih Voith untuk retarder yang dikimpoikan dengan transmisi manual Qi Jiang QJS6-160 enam percepatan. Pada kaki-kaki, bus maxi dengan tipe penggerak 6x2 mengaplikasikan axle buatan Fang Sheng yang ditopang dengan suspensi udara yang bisa diatur ketinggiannya secara otomatis. Setiap roda dilengkapi dengan rem cakram yang mengandalkan Double loop pneumatic brake system dan Antilock Braking System (ABS) WABCO. Otomatisasi sistem pada chassis ini tak hanya menyangkut pengaturan mesin dan sistem pengereman semata. Pemilik bus kelak tak akan direpotkan dengan penambahan atau penggantian pelumas di luar mesin secara berkala. Tak perlu menambahkan oli pelumas di kaki-kaki, misalnya. Ada alat yang secara otomatis mengisi pelumas yang tertanam pada chassis.
chassis Golden Dragon ber-tipe XML6145D13 yang didatangkan ke Indonesia memiliki satu sumbu penggerak dan dua sumbu pengarah dengan panjang tak lebih dari 13,5 meter, berat chassis 9,8 Ton dan berat maksimum 26 Ton. Yang dimaksud sumbu pengarah adalah sumbu yang bisa dibergerak mengarahkan bus. Sumbu utama pengarah tentu saja yang ada di depan yang dikendalikan dengan steering wheel. Sedangkan sumbu pengarah kedua ada di bagian belakang. Tepatnya sumbu ketiga yang posisinya berada di susunan paling belakang. Sumbu penggerak ada pada sumbu kedua. “Pada kecepatan 20 Km/jam, roda di sumbu yang paling belakang akan ikut mengarahkan bus sesuai dengan arah roda depan. Dua sumbu pengarah inilah yang menjadi pembeda bus bersumbu tiga dengan bus-bus bersumbu dua yang banyak beredar di Indonesia, terihat roda di sumbu paling belakang sedikit bergeser saat berbelok. Arah roda mengikuti arah roda depan yang dikendalikan steering wheel.
Sistem pengarah roda belakang bus sebetulnya lazim ditemukan pada bus bersumbu tiga yang banyak beredar di negara-negara maju atau negara yang sudah mengoperasikan bus jenis ini. Sementara untuk di Indonesia sistem pengarah roda belakang masih terasa asing karena regulasi tentang bus dengan panjang 13,5 meter baru ditetapkan pemerintah pada tahun 2012 lalu. Chassis Golden Dragon termasuk gelombang pertama bus bersumbu tiga yang masuk ke negeri ini.Pada chassis Golden Dragon ini, pengarah roda belakang dilakukan oleh rangkaian lengan hidrolik dan saluran tekanan udara. Semuanya dikendalikan secara elektronik melalui rangkaian Electronic Control Unit (ECU). “Mengemudikan bus ini sama seperti kita mengemudikan bus yang umumnya ada di sini, tidak ada kesulitan mengendalikannya.
Keunikan lain ada pada mesin. Jika pada chassis-chassis Golden Dragon yang beredar di Indonesia sebelumnya mengusung mesin Yuchai, pada model XML6145D13 mengusung mesin Weichai. Mesin WP10.375 enam silinder berkapasitas 9.210 cc itu memiliki tenaga maksimum 375HP pada 1460Nm. “Mesin ini bisa menghasilkan tiga tenaga yang berbeda. Dengan hanya menekan tombol maka anda bisa mengatur tenaga yang dibutuhkan. Apakah 375 HP, 336 HP atau 290 HP". Dengan pilihan tenaga yang bisa diatur, chassis ini cocok untuk segala medan. Jika melalui jalan datar yang tak membutuhkan tenaga, pengemudi hanya tinggal mengatur tombol pada posisi 290HP. Sementara ketika melalui jalan yang menanjak dan berkelok-kelok, tenaga 336HP dan 375HP bisa dimanfaatkan, juga hanya dengan mengubah tombol.
Mesin yang mengusung teknologi gas buang Euro-III ini juga dilengkapi turbocharger dan intercooler. Xiamen memilih Voith untuk retarder yang dikimpoikan dengan transmisi manual Qi Jiang QJS6-160 enam percepatan. Pada kaki-kaki, bus maxi dengan tipe penggerak 6x2 mengaplikasikan axle buatan Fang Sheng yang ditopang dengan suspensi udara yang bisa diatur ketinggiannya secara otomatis. Setiap roda dilengkapi dengan rem cakram yang mengandalkan Double loop pneumatic brake system dan Antilock Braking System (ABS) WABCO. Otomatisasi sistem pada chassis ini tak hanya menyangkut pengaturan mesin dan sistem pengereman semata. Pemilik bus kelak tak akan direpotkan dengan penambahan atau penggantian pelumas di luar mesin secara berkala. Tak perlu menambahkan oli pelumas di kaki-kaki, misalnya. Ada alat yang secara otomatis mengisi pelumas yang tertanam pada chassis.
Spoiler for Golden dragon XML6145D13:
Spoiler for Nusa Indah Golden Dragon XML6145D13 - Scorpion X "Tentrem":
SUMUR : - http://www.karoseri-id.com/
- http://www.haltebus.com/
- http://transport-spec.blogspot.com/
- https://www.google.com/
Mohon Maaf Jika ada Kekurangan dalam membuat Thread ini..
Mohon Bimbingan dan Bantuannya dari para kaskuser smuanya jika ada kekurangan..
Thread ini Akan saya update jika ada info2 tambahan lainnya seiring berjalannya waktu..
Mohon Bimbingan dan Bantuannya dari para kaskuser smuanya jika ada kekurangan..
Thread ini Akan saya update jika ada info2 tambahan lainnya seiring berjalannya waktu..
Sekian dari saya gan, Kaskuser yang baik selalu meninggalkan comment lohh
Diubah oleh smirnoff_ice 20-01-2015 11:41
0
245.9K
Kutip
936
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.9KThread•90KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya