- Beranda
- The Lounge
Masih Ingatkah Agan dengan Main Gambaran ???
...
TS
milanistilombok
Masih Ingatkah Agan dengan Main Gambaran ???
Quote:
Quote:
Mukaddimah
Image courtesy of goedangdjadoel.com
Quote:
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Masa Kecil adalah Masa yang penuh dengan kegembiraan karena sebagian besar waktu digunakan untuk bermain, bermain dan bermain, banyak permainan dan mainan yang bisa dilakukan pada masa itu, salah satu mainan yang cukup menyenangkan pada waktu ane masih kecil dan sering ane mainkan adalah bermain gambaran, permainan yang cukup sederhana dengan memanfaatkan gambar dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, yang penting ada teman bermain maka permainan ini bisa dilakukan. Untuk Mengenang kembali masa-masa kecil yang indah tersebut ane menyusun thread sederhana ini dengan harapan bisa mengajak Kaskuser yang membaca thread ini bisa bernostalgia (terutama bagi mereka yang pernah memainkannya), karena masa kecil selalu menarik untuk dikenang.
Untuk Membuat Semua Orang Suka Terhadap Sebuah Karya Itu tidak akan Pernah Bisa
Selalu Saja Ada yang Suka dan Tidak Suka
Ane Mohon Maaf Jika Ada yang Tidak Berkenan
Selalu Saja Ada yang Suka dan Tidak Suka
Ane Mohon Maaf Jika Ada yang Tidak Berkenan
Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.
Quote:
Main Gambaran, Mainan Masa Kecil yang Mengasikkan
Quote:
Spoiler for :
Quote:
Quote:
Sekilas Tentang Gambaran
Image courtesy of lifestyle.kompasiana.com
Quote:
Jujur saja ane sendiri tidak pernah tahu apa sebenarnya nama dari mainan ini, ada yang menyebutnya gambaran, gambar, umbul gambar atau poster. Masing-masing daerah ada mempunyai penyebutan yang berbeda-beda, tapi pada intinya jenis dan juga permainan yang bisa dilakukan hampir sama. Gambaran terbuat dari kertas karton, agak tebal berbentuk segi empat kecil (mungkin sekitar 5x6 Cm), mempunyai gambar dan angka yang berbeda-beda, mungkin karena ada gambarnya maka banyak yang menyebutnya gambaran, ada berbagai macam karakter yang menjadi tema dalam gambar, biasanya adalah gambar dari kartun yang sedang terkenal pada masa itu atau dari bisa juga dari karakter tokoh dalam sebuah film yang juga terkenal pada waktu itu, bisa juga gambar tumbuhan atau apa saja yang menarik pada waktu itu, satu lembar kertas karton isinya sekitar 16, 24 atau 36 gambar (kalau tidak salah) dan tiap gambar dibatasi oleh garis, untuk bisa bermain dengan mainan ini gambar harus dipotong sesuai dengan garis tersebut, barulah bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis permainan
Quote:
Quote:
Bagaimana Mendapatkan Gambaran ?
Image courtesy of fatchurrozi.com
Quote:
Pada Waktu ane masih kecil hampir semua pedagang mainan yang ada ditiap sekolah-sekolah atau sekitar rumah menjual mainan yang satu ini, untuk bisa mendapatkannya tentu saja dengan cara membeli, jika ingin gambar yang baru maka kita bisa membeli pada pedagang mainan, namun kita juga bisa membeli pada teman yang memiliki koleksi yang banyak. Jika membeli pada pedagang maka jumlahnya akan lebih sedikit, keuntungannya hanya pada gambar yang masih baru, sedangkan jika membeli pada teman maka gambarnya sudah bekas namun akan lebih banyak yang kita peroleh. Selain lebih sedikit, jika membeli baru kita juga harus agak sedikit lebih repot lagi karena harus menggunting terlebih dahulu supaya bisa digunakan. Pada waktu ane masih kecil ane lebih suka membeli pada teman karena lebih banyak yang di dapat, masalah baru atau tidak bukan jadi hal yang utama, yang penting banyak dan punya saja sudah cukup supaya bisa dapat bermain.
Quote:
Quote:
Berbagai Permainan yang Biasa dimainkan dengan Gambaran
Quote:
1. Kyu-kyu
Image courtesy of aklil99.blogspot.com
Kalau tidak salah kyu-kyu ini adalah kata dalam bahasa Tiongkok yang berarti sembilan sembilan, jadi untuk bisa mememenangkan permainan ini harus bisa mendapatkan angka semaksimal mungkin yakni sembilan-sembilan, untuk memainkannya butuh teman, minimal 2 orang dan masksimal dimainkan berempat, cara memainkannya cukup simple, sama seperti permainan remi, ada yang membagi kartu kemudian para pemain menjumlahkan angka yang ada pada gambaran yang didapat, biasanya yang dijumlahkan adalah digit terakhir, siapa yang angkanya mendekati sembilan-sembilan atau malah memperoleh angka tersebut akan menjadi pemenang. Ane tidak begitu mahir memainkan permainan ini dan jarang juga melakukannya dengan gambaran, jadi ane tidak terlalu faham dengan aturan yang sebenarnya, mungkin nanti ada Kaskuser yang bisa menjelaskan
Quote:
2. Teprok atau Tepokan
Image courtesy of uwsdma.blogspot.com
Namanya di Setiap daerah berbeda-beda, namun cara memainkannya sama saja, untuk memainkannya dibutuhkan lawan, kemudian gambaran dipilih, ditaur pada tangan kemudian ditepuk dengan tangan lawan tersebut, untun menentukan pemenang adalah dengan melihat gambaran yang jatuh setelah ditepuk, jika menghadap ke atas dan gambaran lawan menghadap bawah maka kita lah yang menjadi pemenang, begitu juga sebaliknya, jika seri atau arah gambaran sama akan dilakukan pengulangan sampai ditemukan pemenang.
Quote:
3. Sebaran atau Lempar ke Udara
Image courtesy of kompasiana.com
Permainan ini sama dengan teprok atau tepokan, namun untuk memainkannya bisa dengan lebih dari dua orang dan bukan ditepuk pada tangan melainkan di lempar ke udara, gambaran biasanya akan dibuat melengkung sehingga mudah untuk dilempar dan menentukan pemenang juga sama yakni dengan melihat gambaran yang jatuh ke tanah, jika teprok atau tepokan menggunakan satu gambaran maka untuk sebaran ini bisa menggunakan lebih dari satu, teragantung kesepakatan, namun mana gambaran yang dipilih harus diingat-ingat supaya tidak keliru
Quote:
4. Potong Roti atau Main Pasang
Image courtesy of uwsdma.blogspot.com
Sama dengan beberapa Permainan diatas, nama untuk permainan ini berbeda-beda ditiap daerah namun cara memainkannya sama, ada yang bertindak seperti bandar kemudian mengocok gambaran dan di susun ke tanah sebanyak orang yang main, yang lain akan memasang taruhan dimana saja dan yang tidak terpakai akan menjadi acuan menentukan pemenang alias dimiliki oleh bandar, kemudian bandar akan membuka gambaran yang dipasang tadi untuk melihat berapa angka yang diperoleh, jika lebih besar dari milik bandar maka si anak akan mendapatkan gambaran sejumlah yang dipasang, jika kalah maka akan menjadi milik bandar dan jika seri akan dikembalikan.
Quote:
Quote:
Antara Si Pemenang dan Si Kalah
Image courtesy of kaskus.co.id
Quote:
Dalam setiap permainan pasti ada yang menang dan kalah, dan hasil tersebut akan memberikan sebuah julukan bagi yang memainkannya, ada istilah sang jagoan untuk mereka yang selalu menang dan ada sebutan si pecundang untuk yang selalu kalah, sebutan itu bukan sesuatu yang sifatnya tetap karena ukuran sebenarnya untuk menentukan sang jagoan atau pecundang adalah pada banyaknya gambaran yang dimiliki. Permainan ini pada dasarnya hanyalah masalah untung-untungan, cuma perlu feeling dan juga sedikit strategi, mereka yang memiliki kartu yang banyak akan dikatakan sebagai jagoan dan ada keuntungan tersendiri yang mereka dapat, misalnya saja dapat menjual gambaran koleksinya pada teman yang kehabisan gambaran, atau bisa juga dijadikan Bandar jika sedang bermain, namun untuk menjadi Bandar sebenarnya tidak cukup hanya memiliki kartu yang banyak, mereka yang nekat dan berani pun akan siap menjadi Bandar jika teman yang memiliki gambaran yang banyak tidak sanggup untuk itu.
Quote:
Quote:
Manfaat yang didapat dalam Permainan ini
Image courtesy of kaskus.co.id
Quote:
Untuk bisa memainkan berbagai macam permainan dengan menggunakan gambaran ini diperlukan teman, dengan begitu maka seorang anak akan dapat bersosialisasi dengan teman-teman sekitarnya, selain itu seorang anak juga dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang pemenang atau sebaliknya akan kalah, dalam memainkan permaian dengan menggunakan gambaran juga perlu keberuntungan dan feeling, jadi sejak kecil anak sudah bisa merasakan bagaimana melihat peluang dan juga mencoba sebuah peruntungan. Manfaat lain yang didapat adalah belajar berhitung, secara tidak langsung dalam permainan ini akan mengajarkan anak untuk berhitung, misalnya saja ketika bermain kyu-kyu maka anak harus menjumlahkan berapa angka yang ada pada gambaran yang dipegang sehingga bisa diketahui siapa yang menjadi pemenang, dan manfaat lain yang bisa didapat adalah jika seorang anak memiliki koleksi gambaran yang banyak maka dia dapat menjualnya kepada teman dan itu bisa membuat dia memiliki tambahan uang jajan.
Quote:
Quote:
Jangan Sampai Kelewatan
Image courtesy of beforeitsnews.com
Quote:
Bermain gambaran ini memang menyenangkan namun harus penuh dengan kehati-hatian, hal ini disebabkan karena beberapa permainan yang dilakukan mirip dengan judi, setelah difikir-fikir memang ada benarnya juga, memang taruhannya berupa gambaran namun ada juga sebagian anak yang menggunakan uang, dalam hal ini perlu adanya pengawasan orang tua ketika anak bermain gambaran ini, dan itu semua dikembalikan lagi pada si anak, jangan sampai menggunakan uang dan memainkannya hanya sekedarnya saja. Selain itu permainan ini juga rawan dengan kecuranga, misalnya dalam permainan teprok atau tepokan teman bisa saja menempel gambar lain pada sisi yang lain sehingga semua sisi adalah gambar dan tidak pernah kalah, hal ini perlu ketelitian bagi seorang anak supaya kecurangan ini tidak terjadi. Setiap permainan apapun itu memang seharusnya diperlukan pengawasan dari orang tua, jika dilihat sudah menyimpang dari apa yang sebenarnya dilakukan maka orang tua dapat menegur bahkan menghentikan permainan, ada yang menang dan ada yang kalah, dan itu juga bisa menyebabkan pertentengan antar anak-anak yang bermain, jangan sampai setelah bermain mereka jadi bertengkar dan bermusuhan terus menerus.
Quote:
Hasil Pemikiran Sendiri
Diubah oleh colot_nay 19-01-2015 05:30
0
99K
Kutip
954
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.9KThread•90KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya