Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

onir99000Avatar border
TS
onir99000
Modus Penipuan di Kaskus Simak Gan...
ane mau share aja seputar penipuan yang ane alami hari ini biar agan - agan yang baca bisa tau modus - modus penipuan yang pernah di terapkan.

jadi ceritanya gini gan..

ane ada rencana mau nyari lensa kamera buat kamera ane gan.. kebetulan lensa yang ane cari sepertinya sih udah discontinued alias gak diproduksi lagi sama pabriknya dan digantikan dengan seri yang baru. alhasil ane browsing - browsing di kaskus kali aja ada yang jual murah.. dan banyak bonus emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

akhirnya sampailah ane pada sebuah lapak yang menjual barang yang ane idam-idamkan. barangnya bagus.. mulus.. dan gak mengecewakan. singkat cerita ane hubungin tuh penjualnya, kebetulan dia cuma nyantumin 1 nomer hape doank.

setelah itu terjadilah tawar-menawar harga dan ketemulah harga yang di sepakati. akhirnya kita tukeran pin bbm, agar ane bisa liat barangnya dengan foto - foto yang terbaru. untuk lebih meyakinkan ane bahwa barang itu emang dalam kondisi bagus gan.

nah setelah tukeran pin bbm,, qta saling invite ngobrol tentang lensanya. ane minta di fotoin lensa-lensanya. dan dia bersedia ngirimin gambar. trus dia ngirimin gambar dia ketika liburan di jogja. trus kebetulan ane asli malang, dia ngirimin juga hasil jepretannya dengan lensa yang ane taksir ketika dia lagi liburan sama istrinya museum angkut. trus dia cerita kalo mau ngejual lensanya buat beli kamera yang lebih mahal lagi.. ane jadi yakin tuh lensa gak fiktif..

sampailah kita akhirnya pada tahap transaksi. si agan penjual minta transaksi dengan rekber blackpanda. ane setuju aja. seinget ane, ane sering transaksi pake rekber itu. trus ane pelajari lagi sistem rekbernya. eh ternyata di atas sendiri si agan blackpanda lagi mau liburan ke singapore hari ini sampe minggu. gile bener tuh agan blackpanda, liburan terus. dia nyampein kalo transaksi bakal di proses tapi akan sedikit lelet. karena lagi sibuk liburan. nah ane jelasin ke agan penjual kalo si agan blackpanda lagi liburan dan akan sedikit lelet. dianya setuju- setuju aja. yawda ane ngikut.

nah, akhirnya ane kumpulin tuh semua uang ane mulai dari atm A, atm B, nagih sana, nagih sini, pinjem sana, pinjem sini, terkumpulah sejumlah belasan juta (ane sembunyiin ya nominalnya, cuma nulis belasan yang menandakan ini angka gedhe dan angka gedhe selalu jadi inceran para maling). tadi sore ane pergi ke atm buat transfer dana ke rekening agan blackpanda. setelah transfer ane ngabarin si penjual bahwa ane udah transfer dan tinggal nunggu dikonfirmasi aja. si agan penjual bilang oke.

akhirnya ane ngelanjutin aktifitas ane biasanya. gak lama dari itu ane dapet telp dari nomor gak dikenal. ane juga gak kenal nomernya. ane angkat aja. kali aja penting ato ada apa gitu. trus ada suara yang menyapa, begini percakapannya :

ane : "hallo selamat malam"
OTD : "hai gan, gimana kabarnya?"
ane : "siapa ini?"
OTD : "masak lupa sama gue"
ane : "siapa yaaaaa,, suaranya familiar,, tapi aku gak ngerti sopo iki"
OTD : "ini gue yang tadi mau ditransferin uang,, masak lupa"
ane : "oala,, mas *** yaa,,"
OTD : "iya.. lagi sibuk apa?"
ane : "gak ngapa-ngapain gan"
OTD : "eh gan,, ini nomer gue yang baru ya,, yang tadi eror rusak gak bisa dipake,, nanti hubunginya lewat sini aja ya"
ane : "loh,, trus konfirmasinya gimana?"
OTD : "udah kok, tadi gue udah dikonfirmasi blackpanda"
ane : "baiklah tak save ya"
OTD : "oke"

OTD : Orang Tak Dikenal


setelah itu telepon ditutup,,

trus ane iseng2 bbm si agan penjual,, "gan,, suaranya familiar" si penjual balas "suara apa itu" nah blom sempet ane balas, ada telepon masuk lagi dari nomor yang sama,, begini percakapannya :

ane : "hallo, iya gan ada apa"
OTD : "eh gan, gue bisa minta tolong gak?"
ane : "minta tolong apa?"
OTD : "mendesak banget nih"
ane :"apa itu gan?"
OTD : "gue mau pinjem duit gan"
ane : "wah gak ada gan,, tadi aja udah koret-koret atm ditambah pinjem sana sini"
OTD :"masak gak ada sih gan, ayo lah pinjem duitnya"
ane : "sumpah gak ada gan, ini tadi udah keluar semua, paling nyisa gak banyak"
OTD : "emang nyisa berapa di atm?" (mulai gila nih,, pake tanya sisa saldo ane)
ane : "paling gak sampe sejuta gan"
OTD : "iya itu aja gan gak papa pinjem sejuta ntar gue balikin 2,4 juta gan" (sambil maksa-maksa)
ane : "waduh gan, gak ada gan, ini sisa tabungan ane, emang buat apaan sih"
OTD : "ini lagi di rumah sakit istriku lagi melahirkan ceasar, uangnya kurang, nanti tak kembalikan jam 24.00 wib" (mulai gila nih,, tadi bilangnya mau beli kamera yang lebih mahal tapi ini buat istri nglairin aja pinjem ane)
ane :"sumpah gan gak ada"
OTD : "rekbernya aja gan tadi di tarik setengah, transfer ke gue, nanti gue kurangi harganya"
ane :"wah ya gak bisa gan, mana bisa di tarik dari rekber, emangnya agan gak punya temen ato sodara, kok minjemnya jauh banget ke ane?"
OTD :'yawda sshshsh*##*$&%*$&*$&" (trus di matiin teleponnya)

ane langsung kepikiran, ini beneran barangnya da apa gak nih,, jangan-jangan ini nipu beneran,, trus ane cek reputasi penjual,, dia gak pernah dapet bata,, trus postingannya udah 4000 lebih. trus beberapa pembelinya ngasih tertimoni bagus. tapi kenapa ke ane nipu ya. ane semakin curiga.

iseng - iseng ane bbm lagi tuh penjual, ini ane contoh langsung dari bbm ane, begini isinya :

ane : gan
seller : yaa
ane : maaf ya tadi
seller : salah sambung ya gan
ane : iya gan? gan.. udah berkeluarga?
seller : uda
ane : puteranya berapa?
seller : putri 1, kenapa gan?
ane : istri lagi hamil tua?
seller : ngga.. kenapaa gan.. jadi takut ane..
ane : gan minta tolong kirimin voice note.. terserah ngomong apa aja yang panjang..
seller : kenapa? apa sebab?
ane : sebentar aja.. mau identifikasi suara.. nanti ane ceritakan
seller : voice note received (dia ngomong gak jelas gitu, tapi bisa dipastikan logat jawa dan medok, sedangkan yang tadi gak medok #maaf bukan maksud menunjukan ras tertentu)
ane : gan satu lagi, nomor hape yang 08***** masih nyala?
seller : masih tuh gan.. emangnya kenapa?
ane : fuck ane nyaris kena tipu

singakt cerita ane ceritain kejadian diatas itu dan si penjual gak merasa bahwa dia menghubungi ane.

ternyata ini celah yang dimanfaatin para penipu. setelah ane telusuri mulai awal sampe akhir, ternyata emang ada beberapa kejanggalan dalam transaksi dan juga percakapan hari ini.

1. yang pertama si penipu ini gak nyebutin nama, justru aku yang nyebutin nama si penjual,, dan dia cuma mengiyakan. wapadai trik ini, beberapa juga pernah kena modus seperti ini, jadi walaupun si penipu gak tau nama pejual dia cukup memancing aja, kalo disini kasusnya dia memancing dengan bilang "yang mau di transferin uang, dia tau kalo ane baru aja transfer uang ke blackpanda lewat rekber blackpanda.

2. yang kedua, dia bilang "lupa ta sama gue",, padahal seinget ane, ane blom pernah telpon - telponan ama si penjual,, jadi otomatis dia cuma menduga-duga percakapan apa aja yang telah dilakukan pembeli dan penjual

3. yang ketiga dia pake alasan klasik kalo istrinya mau melahirkan. sedangkan pada saat telpon suaranya bising banget kayak sedang di cafe gitu. trus si penipu amatir ini gak tau kalo si penjual ini mau ngejual lensanya dengan alasan mau ganti kaera yang lebih mahal. ajdi mana mungkin kalo dia bisa beli kamera yang lebih mahal, tapi buat operasi istrinya aja masih pinjem duit.

4. yang ke empat, dia bilang kalo dia udah dapet konfirmasi dari agan blackpanda. padahal ane cek di thread penjual blom ada konfirmasi pengiriiman barang. di tambah lagi si penipu amatir ini gak tau kalo si agan blackpanda lagi berlibur ke singapore, dan pasti akan lelet balasnya. lagian ini juga udah jam tutup kantor. artinya si penipu ini kepagian nipunya.. hahahha..

nah dari situ ane yakin kalo sipenipu ini adalah orang - orang yang tidak bertanggung jawab. yang memanfaatkan kesempatan kecil antar penjual dan pembeli.

jadi tetaplah waspada bagi para agan - agan seller buyer,, juga agan - agan rekber,, thread anda akan selalu di awasi oleh para penipu - penipu ini.. kenali pembeli anda,, kenali penjual anda,, gunakan rekber,, terutama bila transaksi dengan nominal besar,, ato paling enak ya COD-an aja..

sekian pengalaman hari ini tentang tentang modus - modus penipuan dalam bnerbelanja onlen..
semoga bermanfaat bagi agan - agan

sekian..

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
Diubah oleh onir99000 16-01-2015 16:21
0
3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.