Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jaykatzAvatar border
TS
jaykatz
Kata Pendamping Rohani, ini Kondisi Mental Rani dan Denis Jelang Eksekusi
Kata Pendamping Rohani, ini Kondisi Mental Rani dan Denis Jelang Eksekusi

Cilacap - Rani Andriani alias Melisa Aprilia dan Namaona Denis, 2 terpidana mati yang didampingi oleh ulama yang juga ketua MUI Cilacap, Hasan Makarim, sudah siap secara mental.

"Untuk Rani, secara mental cukup bagus, kalau Denis secara mental belum terlalu, mungkin sampai malam ini saya akan temui dia," kata Hasan Makarim saat hendak menyebrang menuju Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (16/1/2015).

Menurut dia, dalam pendampingan yang dilakukan terhadap para terpidana mati, dirinya selalu memberikan terapi berpikir positif melalui pendekatan.

"Kuncinya pendekatan, biarkan dia bertanya-tanya karena lama-lama akan ada ungkapan. Setelah itu kita masuk berikan nasihat," jelasnya.

Untuk pendekatan dengan Rani sendiri, Hasan mengaku Rani cukup komunikatif, bahkan untuk berkomunikasi lebih dekat, Hasan mencoba menggunakan bahasa asal Rani yaitu bahasa Sunda. Sedangkan keluarganya juga sudah menjenguk Rani.

"Ayah kandung Rani semalam ikut menjenguk. Tidak menunujukkan apa-apa antara ayah dan anak. Hanya saja mereka tampak tegar. Saya bangga lihat mereka," ujarnya.

Dia mengungkapkan, selain permintaan dimakamkam dekat dengan ibundanya. "Masih ada satu permintaan Rani yang hingga saat ini belum diungkapkan. Permintaan Rani dimakamkan dekat ibunya, tapi ada 1 permintaan yang tertunda dan belum diungkapkan. Mungkin menjelang eksekusi," jelasnya.

Hasan juga menggambarkan ruang isolasi di LP Besi yang dihuni 5 terpidana mati. Di ruangan tersebut antara Rani dan empat terpidana mati lainnya dipisah. Ruangan berukuran 5x7 meter yang dihuni mereka pun dianggap Hasan cukup baik.

"Ada dua ruang isolasi. Posisi ruang isolasi Rani di sebelah kanan. Ruangannya cukup bagus terpisah dari terpidana lain di LP besi. Semua di sini 5 orang, 4 laki-laki semua berada di 1 kamar dengan luas kamar 5x7 serta kamar mandi dalam. Bagus kok, paling layak ruang isolasi dan yang paling siap. Tidurnya juga di atas kasur," jelasnya.

sumur

Bimbingan rohani memang adl salah satu hak bagi terpidana mati.
Diubah oleh jaykatz 17-01-2015 10:57
0
4.8K
40
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.