Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sibinAvatar border
TS
sibin
Kejahatan Perang Milisi Syiah Jauh Lebih Parah dari ISIS
Kejahatan Perang Milisi Syiah Jauh Lebih Parah dari ISIS


Kebrutalan pasukan ISIS di Irak selama ini diekspos secara besar-besaran oleh media-media di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia, namun ternyata milisi-milisi Syiah di Irak jauh lebih sadis terhadap warga Irak. Warga Irak yang mayoritas Sunni dihadapkan pada kebiadaban dan kekejian milisi-milisi Syiah di Irak yang memanfaatkan isu ISIS untuk membantai warga Sunni di Irak.

Milisi-milisi Syiah, yang didukung dan dipersenjatai oleh pemerintah Irak, telah menculik dan membunuh sejumlah warga sipil Sunni dalam beberapa bulan terakhir dan menikmati kebebasan karena lolos dari hukuman atas kejahatan perang tersebut, kata Amnesty International dalam laporan terbaru yang mereka terbitkan.

Laporan yang berjudul: “Absolute Impunity: Militia Rule in Iraq” memberikan rincian mengerikan atas serangan sektarian yang dilakukan oleh milisi Syiah yang semakin gencar di Baghdad, Samarra dan Kirkuk, tampaknya sebagai pembalasan atas serangan oleh kelompok bersenjata yang menyebut dirinya Islam State (IS/ISIS). Puluhan mayat tak dikenal telah ditemukan di seluruh wilayah Irak dalam kondisi diborgol dan dengan luka tembak di kepala, menunjukkan pola yang disengaja dalam cara eksekusi pembunuhan seperti dilansir website resmi Amnesty International (14/10/14).

"Dengan memberikan restunya kepada milisi-milisi Syiah yang secara rutin melakukan pelanggaran mengerikan seperti itu, jelaslah bahwa pemerintah Irak membolehkan kejahatan perang dan memicu siklus kekerasan sektarian yang merobek kesatuan negara. Dukungan pemerintah Irak untuk kekuatan milisi-milisi Syiah harus berakhir sekarang, "kata Donatella Rovera, Penasehat Senior Penanggulangan Krisis Amnesty International.

Dan nasib kebanyakan dari mereka yang diculik oleh milisi-milisi Syiah beberapa minggu dan bulan yang lalu masih belum diketahui. Beberapa tawanan tewas bahkan setelah keluarga mereka telah membayarkan uang tebusan sebesar $ 80.000 dan bahkan ada yang membayar lebih untuk membebaskan mereka.

Salim, seorang pengusaha berumur 40 tahun dan ayah dari sembilan anak yang berasal dari Baghdad diculik pada bulan Juli. Dua minggu setelah keluarganya membayar para penculik $ 60.000 sebagai tebusan, tubuhnya ditemukan di kamar mayat Baghdad; dengan kepala hancur dan tangannya masih diborgol.

Kekuatan milisi-milisi Syiah yang semakin meningkat telah memberikan kontribusi terhadap kondisi keamanan yang secara umum semakin memburuk dan terciptanya suasana yang jauh dari keadilan hukum. Kerabat dari seorang korban dari Kirkuk mengatakan kepada Amnesty International:

"Saya telah kehilangan salah satu putra dan tidak ingin kehilangan lagi. Tidak ada yang bisa membawanya kembali dan aku tidak bisa menempatkan anak-anak saya yang lain dalam bahaya. Dan siapa yang tahu siapa yang akan menjadi korban berikutnya? Tidak ada aturan hukum, tidak ada perlindungan. "

Di antara milisi Syiah yang diyakini berada di balik serangkaian penculikan dan pembunuhan adalah: 'Asa'ib Ahl al-Haq, Brigade Badr, Tentara Mahdi, dan Kata'ib Hizbullah.

Milisi-milisi ini telah lebih jauh mengalami peningkatan dalam kekuasaan dan menonjol sejak Juni, setelah tentara Irak mundur, menyerahkan hampir sepertiga dari negara itu untuk pejuang.ISIS Anggota milisi, yang jumlahnya puluhan ribu, memakai seragam militer, tetapi mereka beroperasi di luar kerangka hukum dan tanpa pengawasan resmi.

"Dengan kegagalan dalam mengendalikan milisi-milisi Syiah yang bertanggung jawab atas kejahatan perang dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya, pemerintah Irak secara langsung memberikan mereka kebebasan untuk melakukan serangan keji terhadap warga Sunni.

"Milisi-milisi Syiah yang kejam menargetkan warga sipil Sunni atas dasar sektarian di bawah kedok memerangi terorisme, dan hal itu adalah upaya nyata untuk menghukum Sunni karena munculnya ISIS dan semua kejahatan keji yang mereka lakukan."

Di sebuah pos pemeriksaan di utara Baghdad, misalnya, Amnesty International mendengar seorang anggota milisi Syiah, Asa'ib Ahl al-Haq mengatakan: "Jika kita menangkap 'anjing-anjing' [Sunni] yang datang dari daerah Tikrit, kita harus mengeksekusi mereka .... Mereka datang ke Baghdad untuk melakukan kejahatan teroris, jadi kita harus menghentikan mereka. "

Sementara itu, pasukan pemerintah Irak juga terus melakukan pelanggaran berat hak asasi manusia. Amnesty International menemukan bukti penyiksaan dan penganiayaan terhadap para tahanan, serta adanya korban tewas dalam tahanan, seorang pria Sunni yang ditahan atas dasar undang-undang anti-terorisme pada tahun 2005.

Dan tewasnya seorang pengacara berumur 33 tahun, ayah dari dua anak yang meninggal dalam tahanan dalam kondisi tubuh memar, luka terbuka dan luka bakar yang parah karena sengatan listrik. Seorang pria lain ditahan selama lima bulan dan disiksa dengan sengatan listrik dan diancam akan dirudapaksa dengan tongkat sebelum dibebaskan tanpa dakwaan.

Kekejaman dan kebiadaban milisi-milisi Syiah dan pemerintah Irak yang pro Syiah jauh lebih buruk dari kebrutalan ISIS sendiri, hal ini semakin memperjelas bahwa Syiah tidak pernah membedakan antara kelompok radikal Sunni dengan yang moderatnya. Di mata kaum Syiah seluruh Sunni halal darahnya karena merestui khilafah Abu Bakar, Umar dan Utsman dan mengecap mereka semua sebagai teroris. (iz)

Sumber: Amnesty

KUTIP:
http://koepas.org/index.php/datfak/1...n-milisi-syiah

Laporan Amnesty International : “Absolute Impunity: Militia Rule in Iraq” - PDF
http://www.amnesty.org/en/library/as...40152014ar.pdf

BACA JUGA:
FATWA MUI TENTANG SYI’AH
http://myquran.or.id/forum/showthrea...26#post2318526

Media & Penyesatan Opini Global
http://myquran.or.id/forum/showthread.php/81496

PAHAMI APA YANG TERJADI DI IRAQ
Aku Baru Tau - Selamat Datang Di Irak, Negeri Syiah!

http://myquran.or.id/forum/showthread.php/81553

Terorisme dengan "Wajah Manusia" : Akar Sejarah Perang Terselubung
http://myquran.or.id/forum/showthread.php/81505
Diubah oleh sibin 03-11-2014 11:45
0
6.2K
52
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.