wewintjAvatar border
TS
wewintj
[FR] Nepal FULL PIC: Pegunungan Himalaya / Sagarmatha NP 2014
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Langsung saja, kali ini saya mau share perjalanan ke Nepal kemarin, tepatnya di Sagarmatha National Park yang termasuk di daerah Solokhumbu / Khumbu-Himal. Daerah ini dekat dengan perbatasan China. Sekadar informasi, antra Nepal dan China dibatasi oleh pegunungan tertinggi di dunia, yaitu Himalaya. Banyak yang bilang, perjalanan ke sini adalah "once in a lifetime" atau sekali seumur hidup. Namun ada beberapa orang yang jatuh cinta pada Himalaya termasuk saya sehingga rutin datang ke sini. Saya kemarin Maret ke sini awalnya karena diundang oleh teman Sherpa saya di Namche Bazaar (ketinggian 3400 m dapl, 2 hari jalan dari airport Lukla atau 10 hari jalan dari Kathmandu). Dia baru saja punya anak dan kebetulan saya ada waktu luang. Waktu itu juga tahun baru Losar yang dirayakan di Tibet dan Nepal dan kebetulan lagi musim sepi karena musim mendaki belum dimulai. Salju cukup banyak yang membuat susah naik ke atas tapi jujur saya lebih suka dibanding rame banyak pendaki yang merusak pemandangan. Karena itu langsung kita terbang ke sana dan menghabiskan waktu sekitar seminggu di Himal. Maaf bila ane hanya beri keterangan sedikit di tiap foto, selamat menikmati dan semoga agan-agan suka :

Sesuatu yang kami takutkan dari awal terjadi, yakni cuaca di Kathmandu jelek sehingga tidak bisa terbang ke Lukla. Delay di Nepal jauh lebih parah dari Lion Air. Beberapa tahun lalu saya pernah kena delay 5 hari. Waktu Maret ini memang sial, hari pertama cuaca Kathmandu jelek. Hari kedua, cuaca di Lukla yang jelek jadi meskipun Kathmandu bagus pesawatnya gak bisa terbang. Padahal waktu kami cuma sedikit di Nepal. Eh, tiba teman saya pilot Nepal. Dia tiba-tiba ngajak kami naik helikopter langsung ke Lukla, karena mau bawa orang yang sakit jadi perginya kosong. Berunutng banget, kami langsung terbang ke Lukla.

Spoiler for Tribhuvan Airport Kathmandu dan Helikopter ke Tenzing Hillary Airport Lukla:


Namche Bazaar sering disebut "sacred hidden valley of Sherpa people" atau "lembah kaum Sherpa yang tersembunyi" adalah desa di lembah berbentuk mangkok. Lembah ini dikelilingi gunung dan dari sini bisa kelihatan beberapa gunung seperti Thamserku, Kusum Kangru, Kongde, Ama Dablam, dll. Penduduk asli adalah orang Sherpa, ini secara suku mereka beda dengan orang Nepal bawah. Orang Nepal yang di Kathmandu dan dataran rendah lain mirip orang India, sedangkan Sherpa ini keturunan Tibet yang sudah bermukim ratusan tahun di pegunungan ini. Di foto ini ada Namche bersalju dan enggak. Waktu kami sampai, Namche tidak bersalju namun malamnya turun salju cukup lebat sehingga besoknya putih cakep banget.

Spoiler for Namche Bazaar:


Dan bisa ditebak dari namanya, Namche Bazaar adalah tempat pasar. Tiap weekend, para warga dari desa-desa di Himalaya akan berkumpul ke sini untuk tukar-menukar barang. Tapi sekarang mereka sudah pakai uang. Warga dari desa yang lebih rendah jual sayuran, dari yang tinggi bawa keju dan susu dari yak (sapi bulu yang cuma bisa hidup di dataran tinggi). Sekarang ini malah ada yang jual casing HP, headset, senter, baterai, sandal, dll. Globalisasi gan.


Spoiler for Pasar Namche Bazaar:



Kami jalan-jalan sampai cukup jauh tapi sayang di atas gak banyak motret sebab asyik ngobrol dan kameranya mulai berembun. Tapi saya ada banyak foto lain yang bisa agan lihat di instagram kalau mau. ID nya sama dengan ID kaskus saya ini. Di gambar ini kalau agan lihat batu yang ada tulisannya itu namanya batu mani alias batu bertuliskan doa-doa. Bendera-bendera warna-warni itu juga bendera bertuliskan doa-doa perdamaian. Yang kayak sapi tapi berbulu itu namanya yak. Bisa menghasilkan susu yang dibuat keju (baik keju maupun susunya bisa dibeli di beberapa depot/tea house) dan dimakan dagingnya, juga bisa dibuat angkut barang. Yak ini kuat di dataran tinggi. kalau sapi atau kuda sudah mati kedinginan.

Spoiler for Jalan-jalan ringan bersama teman saya:


Akhirnya ucapkan selamat tinggal pada gunung. Di perjalanan pulang, agan bisa lihat pengangkut barangnya sudah jadi keledai bukan sapi bulu / yak lagi. Di dataran rendah yak gak bisa hidup jadi pakai keledai. Keledai yang bawa LPG serem banget kayak mau bom bunuh diri. emoticon-Ngakak

Spoiler for Perjalanan Turun:


Waktu sampai di Lukla Airport untunglah cuacanya cerah sekali. Kami langsung bayar tiket pesawat dan terbang 10 menit setelahnya. Pesawatnya serasa pribadi karena kosong. Waktu itu sudah mulai musim mendaki, banyak bule yang datang ke Lukla tapi kami sendiri yang turun ke Kathmandu. Hehehe. Dan kalau agan-agan belum tahu, Lukla Airport ini sering masuk nominasi bandara paling bahaya di dunia. Lihat saja landasannya miring begini. Saya ada posting video pesawat mendarat dan lepas landas di bandara ini tapi di Instagram, kalau agan-agan penasaran lihat.


Spoiler for Waktu pulang beruntung sekali cuacanya memungkinkan untuk flight:


Nah, kalau mungkin ada agan-agan yang tertarik ke sana juga, tentunya mungkin tanya biayanya berapa. Kalau dari Indonesia, saya cek AirAsia ada yang sekitar 5 juta PP ke Kathmandu. Nah, dari Kathmandu ke Lukla PP sekitar 4 juta. Dan biaya hidup sehari di gunung sekitar 150-200 ribu sudah termasuk makan, minum dan akomodasi. Jadi kalau anggaplah total 10 hari di Nepal (3 di Kathmandu, 7 di gunung), agan siapkan budget sekitar 12 juta sama belanja oleh-oleh sedikit. Ini sebenarnya bisa ditekan lagi kalau benar-benar hemat terutama kalau ada promo pesawatnya. Untuk waktu berkunjungnya, pertengahan tahun sangat bagus karena musim mendaki. Pemandangan gunung terlihat jelas. Tapi kalau mau banyak salju dan sepi orang, disarankan winter atau antara November sampai Februari.

Saya ada beberapa foto lain yang di gunungnya, juga beberapa video singkat yang saya upload di instagram, kalau mau lihat boleh dibuka, ID instagramnya sama dengan ID kaskus ini.



emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh wewintj 30-09-2014 20:39
tata604
tata604 memberi reputasi
1
21.2K
143
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Mancanegara
Cerita Pejalan MancanegaraKASKUS Official
840Thread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.