Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bayosuti04Avatar border
TS
bayosuti04
Destinasi Wisata di Sumatera Utara
Salim bagi agan2 semua...izinkan saya share destinasi wisata di sumatera utara...

1. Wisata di Kota Medan
A. Istana Maimun








Istana Maimun adalah peninggalan dari Kesultanan Deli yang masih berdiri kokoh ditengah kota medan sampai saat ini. Di dalam istana ini masih lengkap segala perangkat istana dan satu hal menarik adanya meriam yang dinamakan meriam puntung,yaitu meriam peninggalan dulu yang bisa merokok..kalau ini agan harus lihat langsung untum membuktikamnya.

B. Mesjid Raya Al Mashun Medan






Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Mashun merupakan sebuah masjid yang terletak di Medan, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Pada awal pendiriannya, masjid ini menyatu dengan kompleks istana. Gaya arsitekturnya khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat. Masjid Raya Medan ini merupakan saksi sejarah kehebatan Suku Melayu sang pemilik dari Kesultanan Deli (Kota Medan).

C. Rumah Tjong Afie







bangunan kediaman Tjong A Fie berada di Jalan Ahmad Yani, Kesawan, Medan, yang didirikan pada tahun 1900, saat ini dijadikan sebagai Tjong A Fie Memorial Institute dan dikenal juga dengan nama Tjong A Fie Mansion. Rumah ini dibuka untuk umum pada 18 Juni 2009 untuk memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke-150.

Rumah ini merupakan bangunan yang didesain dengan gaya arstitektur Tionghoa, Eropa, Melayu dan art-deco dan menjadi objek wisata bersejarah di Medan. Di rumah ini, pengunjung bisa mengetahui sejarah kehidupan Tjong A Fie lewat foto-foto, lukisan serta perabotan rumah yang digunakan oleh keluarganya serta mempelajari budaya Melayu-Tionghoa.

D. Penangkaran Buaya Asam Kumbang




Taman Budaya Asam Kumbang merupakan taman penangkaran reptil buaya terbesar di Indonesia. Taman yang memiliki luas dua hektar ini bahkan menjadi taman buaya terbesar di Asia Tenggara. Di sini ada sekitar dua ribu lima ratus buaya dengan berbagai ukuran, termasuk buaya yang telah berumur empat puluh tahun lebih.

E. Medan Zoo





Kebun Binatang Medan adalah sebuah kebun binatang di Medan, Indonesia. Lokasinya terletak di Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan, sekitar 10 kilometer dari pusat kota ke arah Brastagi.

Kebun binatang yang saat ini merupakan kebun binatang baru yang diresmikan Walikota Medan, Abdillah, pada 14 April 2005. Sebelumnya Kebun Binatang Medan terletak di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Kampung Baru, Medan Maimun.

Sekitar 1.000 orang mengunjungi kebun binatang seluas 30 hektare ini setiap akhir minggunya. Pada hari-hari biasa, jumlah pengunjung diperkirakan berjumlah 150 orang setiap harinya.

F. Rahmat Wildlife Gallery







Rahmat” International Wildlife Museum & Gallery memiliki ±1000 spesies satwa dari berbagai negara. Setelah dilakukan pengembangan, gedung yang selesai pada 23 Oktober 2007 ini, memiliki luas keseluruhan 2970 m².

Museum & Galeri rintisan Dr. H. Rahmatsyah ini telah menerima penghargaan internasional di bidang konservasi dalam upaya pencegahan kepunahan satwa liar dunia. Menampilkan berbagai koleksi satwa liar dari yang terkecil hingga yang terbesar sesuai dengan habitatnya. Suasana yang menyenangkan dan bangunan yang berarsitektur indah akan menyuguhkan dunia nyata kehidupan satwa liar serta lingkungan alamnya.

Pendirinya adalah penggemar olahraga berburu konservasi dan pecinta alam. Melalui Museum & Galeri ini beliau mengajak kita untuk lebih mengenal keanekaragaman satwa liar yang ada di dunia, mengenalkannya kepada anak-anak kita, sehingga kita semakin sayang dan menjaga kelestarian hidup satwa liar di dunia. Sebuah tempat yang dibangun sebagai sarana pendidikan penelitian sekaligus tempat wisata.

G. Merdeka Walk








Merdeka Walk atau yang biasa disingkat MW merupakan objek wisata yang ada ibukota Provinsi Sumatera Utara. Tempat ini dikenal sebagai tempat nongkrong paling lengkap di Medan. Mulai dari pusat makanan, hiburan, hingga arena pertunjukkan.

Sebagai pusat makanan, puluhan gerai makanan tersedia di sini. Mulai dari dari makanan Barat, makanan Asia sampai makanan khas Medan. Harga makanan di sini cukup murah. Cukup merogoh kocek Rp15.000-Rp35.000

Selain menyediakan hidangan dalam berbagai menu, Merdeka Walk juga menyediakan satu spot yang nyaman dengan keasrian pepohonan bernama Center Piece.

Tempat ini biasanya diisi berbagai hiburan seperti live music, acara untuk keluarga dan ajang kreatifitas anak muda, seperti band performance, rap, breakers, dan hiburan lainnya di Center Piece.

Tempat yang berada di Lapangan Merdeka Medan yang tepat berada di jantung kota Medan dan berseberangan dengan Stasiun Medan membuat MW mudah untuk didatangi yang dibuka setiap hari Minggu hingga Jumat mulai pada pukul 11:00-00:00 WIB (13-jam) dan Sabtu dari pukul 11:00-02:00 WIB (15-jam).

2. Objek Wisata Alam di luar kota Medan
A. Kota Berastagi















Berastagi merupakan objek wisata di dataran tinggi Karo. Berastagi berjarak sekitar 66 kilometer dari Kota Medan. Berastagi diapit oleh 2 gunung berapi aktif yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Di dekat Gunung Sibayak, terdapat pemandian mata air panas.

Aktivitas ekonomi di Berastagi terpusat pada pasar sayur dan buah-buahan, dan pada pariwisata. Etnis yang dominan di daerah ini adalah Suku Karo.

Beberapa objek wisata menarik disekitar nya antara lain air terjun 2 warna, hillpark, gunung sibayak dan sinabung serta vihara yang membuat kita serasa berada di Thailand.

B. Air Terjun Sipiso piso




Air terjun Sipiso Piso berada di sekitar tepi Danau Toba bagian utara dengan ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.  Ketinggian air terjun ini berkisar 120 meter sehingga dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.

Nama Sipiso-piso berasal dari piso yang artinya pisau. Derasnya air-air yang berjatuhan dari bukit berketinggian di atas seratus meter ini diumpamakan layaknya berbilah-bilah pisau yang tajam. Selain itu, jurang yang curam jika dilihat dari puncak bukit membuat orang setempat menyebutnya piso dari Tanah Karo.

Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara.  Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Sedangkan jarak air terjun ini dari Kota Brastagi sejauh 35 km atau  hanya memerlukan sekitar 45 menit dari Kota Medan.

C. Simalem Resort







Simalem Resort berada dalam kawasan seluas 206 hektar  dan berada pada ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Utara yang menggabungkan konsep pertanian (agrowisata)  dengan luas lebih dari 25 hektar dan kegiatan ekowisata di dalam satu kawasan terpadu. Simalem dalam bahasa batak karo berarti sejuk dan nyaman, sangat sesuai dengan alamnya. Panorama di Taman Simalem Resort sangat indah, berhawa sejuk dan memiliki view yang bagus ke Danau Toba.
Perjalanan ke Taman Simalem Resort dapat ditempuh  dalam 2,5 - 3 jam melalui perjalanan darat dari  kota Medan atau dapat juga dicapai lebih kurang 45 menit perjalanan dari kota wisata Berastagi.

D. Kota Parapat dan Pulau Samosir










di kota ini lah terdapat keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir ditengahnya yang terkenal hingga mancanegara. Anda hanya membutuhkan waktu tiga hingga empat jam perjalanan dari Ibu Kota Sumut, Medan.

Parapat menyuguhkan pemandangan alam luar biasa, makanan lezat, dan pusat belanja berbagai cinderamata. Di Parapat bertaburan auberge berbintang ataupun bungalow yang menampung para turis yang berniat berpesiar ke Danau Toba.

Dari Parapat terdapat pelabuhan feri yang melayani transportasi air ke Pulau Samosir, tepatnya ke pelabuhan Ajibata. Jika hendak mencapai Pulau Samosir lewat jalur darat, Anda harus mengitari tepian Danau Toba sampai ke Pangururan.

E. Bukit Lawang Kab.Langkat






Tempat wisata di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan. Bukit Lawang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan.

F. Tangkahan Kab. Langkat






Tangkahan adalah sebuah kawasan di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Langkat, Sumatera Utara Indonesia. Tempat ini berada diantara dua desa, yaitu Desa Namo Sialang dan Desa Sei Serdang. Kombinasi dari vegetasi hutan hujan tropis dan topografi yang berbukit, telah menjadikan tempat ini sebagai tempat yang ideal untuk berwisata. Sungai Buluh dan Batang Serangan yang membelah hutan ini merupakan tipe sungai khas hutan tropis, dilengkapi dengan beraneka ragam jenis tumbuhan aneka warna dan tebing bercorak di sepanjang sungai akan menciptakan panorama dan atmosfer yang alami dan mengesankan.

Adapun tempat dan hal paling sering dicari oleh pengunjung ketika sampai di Tangkahan ini ialah gajah.  Kawasan CRU (Conservation Response Unit) tempat gajah itu berkandang, sepintas memang tak terlihat aktivitas apa-apa. Tetapi dari kejauhan kita dapat mendengar suara khas gajah seperti terompet yang bersahut-sahutan. Ada 7 gajah yang biasa dipakai untuk trekking. Trekking di sini maksudnya adalah pengunjung akan diajak masuk ke dalam hutan dengan menaiki gajah. Uniknya, gajah yang pengunjung naiki adalah gajah-gajah terlatih yang juga digunakan untuk berpatroli atau melindungi Taman Nasional dari kegiatan ilegal seperti perburuan, perambahan, dan tentu saja illegal logging. Uniknya lagi, jalur yang digunakan untuk trekking pun adalah jalur yang biasa dipakai untuk berpatroli. Jadi, sambil berwisata dan menaiki gajah, pengunjung pun bisa membayangkan bagaimana rasanya berpatroli di dalam hutan, yang pastinya akan menjadi suatu hal baru yang seru. Selain gajah, disana juga terdapat beberapa hal yang menarik seperti sumber air panas, goa, tebing, dan tempat-tempat indah lainnya. Oleh karenanya, Tangkahan menjadi pilihan yang tepat untuk 'bersembunyi' dari hiruk-pikuknya kota berpolusi.

G. Siba Island kab.Deli Serdang






Siba Island Resort atau disebut juga objek wisata Pulau Siba terletak sekitar 10 kilometer dari bibir teluk Pelabuhan Belawan, berada di desa Sei Bahari, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Di pulau seluas 14 hektar ini sedang dikembangkan untuk menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang berpotensi di Sumatera Utara, mengingat lokasinya relatif dekat dengan kota Medan. Disamping itu Pulau Siba mempunyai potensi keindahan dan keunikan alam yang patut untuk dijelajahi.

H. Pantai Cermin Kab.Serdang Bedagai








Pantai Cermin adalah sebuah kawasan di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Indonesia.

Pantai Cermin juga merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Sergai dengan pemandangan dan pantainya yang indah. Pantai Cermin juga memiliki sebuah Theme Park yang cocok buat bermain anak.

I. Pulau Berhala Kab. Serdang Bedagai







Merupakan pulau yang berada di selat Malaka,terdapat Mercu Suar dan Markas TNI AL sebagai bagian pertahanan laut. Pulau ini merupakan surga bagi pecinta olahraga memancing dan snorkling.

Demikian beberapa dari sekian banyak lagi destinasi wisata yang terdapat di Sumatera Utara...mohon masukan gan dan maaf kalau tampilan thread ini masih belum rapi.
Diubah oleh bayosuti04 13-01-2015 08:46
0
2.5K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.