Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GunturAnggaAvatar border
TS
GunturAngga
Cari Tahu Tipe Tubuh Agan Disini!




Tipe tubuh Agan bisa dijadikan pedoman untuk berolahraga dan berdiet.

William H. Sheldon, psikolog dari Amerika, memperkenalkan teori somotype, yaitu menggolongkan tubuh manusia dalam 3 (tiga) tipe: ectomorph, mesomorph dan endomorph.

Tiga tipe tubuh ini akan sangat mempengaruhi dalam metabolisme tubuh dalam mengolah makanan, sehingga sangat berpengaruh pada bentuk tubuh dan berat badan seseorang.

Dari ketiga tipe tubuh ini maka akan mudah terlihat kenapa ada orang yang banyak makan namun tetap kurus? Kenapa ada yang sedikit makan namun mudah gemuk, tetapi ada yang mau makan banyak atau sedikit tetapi bentuk badan tetap bagus dan berat badan tetap ideal.

Spoiler for Pict.:


Oleh para ahli gizi, pakar fisiologi, olahraga dan pembentukan tubuh, tiga tipe itu selanjutnya dijadikan panduan untuk menentukan jenis olahraga yang tepat bagi orang. Tidak semua orang bisa digolongkan ke dalam tiga tipe ini karena ada beberapa orang yang tubuhnya termasuk dalam dua tipe.

Ok gan mari kita cari tahu!

1. Ectomorph

Ciri dari tubuh ectomorph diantaranya berbadan kurus, massa otot kecil, berat badan sulit naik walaupun memakan banyak kalori. Ciri lain dari ectomorph yakni memiliki ukuran pinggang yang kecil begitu juga dengan lebar bahu.

Tipe tubuh ectomorph butuh kerja keras dan kesabaran untuk menaikkan berat badan atau untuk membentuk tubuh yang ideal, diantaranya dengan rutin latihan angkat beban untuk meningkatkan massa otot. Tipe ectomorph hanya bias meningkatkan berat badan dengan cara meningkatkan massa otot dengan latihan angkat beban. Setelah terbentuk, tipe tubuh ini tetap harus menjaga bentuk tubuh dengan cara tetap rutin berlatih angkat beban dan diseimbangkan dengan tetap menjaga nutrisi makanan.

Tipe ectomorph termasuk tubuh dengan metabolism tinggi sehingga mudah untuk membakar apa saja makanan yang dimakan, sangat mudah untuk menurunkan berat badan walaupun makan banyak, karena tubuh ectomorph tidak menyimpan lemak dalam tubuh.

Spoiler for Ectomorph Body:


2. Mesomorph

Ciri dari tubuh mesomorph adalah berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan, tidak gemuk namun tidak juga kurus. Type tubuh mesomorph merupakan type tubuh ideal yang mudah untuk dibentuk menjadi atletis secara ideal.

Tipe tubuh mesomorph cenderung sudah berotot walaupun tidak melakukan olah raga khusus seperti angkat beban, namun definisi otot tubuh mesomorph sudah terbentuk secara alami. Type tubuh ini sangat mudah untuk dibentuk karena keseimbangan metabolisme tubuhnya.

Spoiler for Mesomorph Body:


3. Endomorph

Ciri dari tubuh endomorph diantaranya bentuk badan yang bulat, gemuk, besar, berat badan sangat mudah naik damun sulit untuk diturunkan.

Tubuh endomorph memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh karena endomorph dapat menyimpan lemak dalam jumlah besar dalam tubuh.Ukuran paha dan pinggang tubuh endomorph cenderung lebih lebar.

Endomorph memiliki metabolism tubuh yang rendah sehingga berat badan mudah naik walau hanya makan sedikit makanan. Untuk membentuk tubuh yang ideal maka tipe endomorph harus diet sehat yang mengutamakan puasa dan berolah raga angkat beban karena dapat membakar kalori lebih banyak dan lebih cepat dari pada olah raga aerobic biasa.

Spoiler for Endomorph Body:


Ane nemu video penjelasan singkatnya gan.


Nah, tubuh agan termasuk type yang mana? emoticon-Bingung (S)
Kalo ane sih ectomorph emoticon-Malu (S)

Bantu Rate Ya Gan..... emoticon-Malu (S)





Kunjungi Thread Ane Yang Lain ya Gan..


Spoiler for BUKA:
Diubah oleh GunturAngga 16-06-2014 01:33
0
19.1K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.