jillvionaAvatar border
TS
jillviona
Profil Budi Gunawan, Kapolri Baru


Baru-baru ini, pemberitaan di Indonesia sedang diramaikan oleh wacana tentang surat penunjukan Komenjen Pol Drs. Budi Gunawan, SH, Msi, PHD sebagai Kapolri yang baru menggantikan Jenderal Sutarman. Sumber dari internal istana pun membenarkan kabar tersebut dan mengatakan bahwa surat penunjukkan itu telah ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Selain itu, surat tersebut juga sudah dikirim ke DPR untuk meminta persetujuan agar DPR menyetujui rencana pemerintah untuk mengangkat Budi Gunawan menjadi Kapolri menggantikan Sutarman yang sudah menjabat selama setahun lebih.

Nama Budi Gunawan tidak mungkin dipilih tanpa alasan sebagai calon tunggal oleh Presiden Jokowi. Budi Gunawan pastinya mempunya nilai plus di mata Presiden Jokowi sehingga dipilih menjadi calon tunggal dalam mengisi jabatan Kapolri yang baru.

Berikut ini saya akan membahas profil mengenai Budi Gunawan.

Budi Gunawan lahir di Surakarta pada tanggal 11 Desember 1959. Budi Gunawan merupakan salah satu tokoh kepolisian yang memiliki karir kepolisian yang cemerlang dan tercepat dalam mencapai kepangkatan perwira tinggi, yaitu pada usia 43 tahun.

Budi Gunawan memiliki kemampuan intelektual dan akademik yang tinggi dengan selalu menjadi lulusan terbaik sejak AKPOL, PTIK, SESPIMTI, hinggal LEMHANNAS. Selain itu, Budi Gunawan juga telah lulus dengan baik dalam pendidikan lanjutan S-2 di bindang ilmu politik dan pemerintahan.

Membicarakan soal pengalaman Budi Gunawan, sudah tidak usah diragukan lagi. Dia pernah memegang sebuah jabatan penting yaitu menjadi ajudan dari Presiden Megawati dari tahun 2001 sampai 2004.

Jabatan-jabatan lain yang pernah dipegang oleh Budi Gunawan yaitu, Karonbinkar SSDM Polri, Kakaskus Lemdiklat Polri, Kadiv Binkum Polri, Kadiv Propam Polri, dan Kalemdiklat Polri. Selain itu, Budi Gunawan juga pernah menjabat sebagai Kapolda Jambi dari tahun 2008 – 2009 dan Kapolda Bali pada tahun 2012.

Budi Gunawan juga pernah mendapatkan penghargaan Satya Lencana atas kinerja dan kesetiannya kepada Polri, di anataranya yaitu Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun, Satya Lencana Dwidya Sistha, Satya Lencana Kesetiaan Tamtama, dan Satya Lencana Bintang Bhayangkara Nararya.

Melihat profil singkat dari Budi Gunawan di atas, Presiden Jokowi sepertinya tidak asal-asalan dalam memilih dirinya untuk menggantikan Sutarman menjadi Kapolri yang baru. Semoga setelah terpilih, Budi Gunawan bisa menjadi Kapolri yang hebat untuk Indonesia dan bisa membina hubungan yang baik dengan TNI.
Diubah oleh jillviona 13-01-2015 04:50
0
3.4K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.