abdulmui8911Avatar border
TS
abdulmui8911
PENGALAMAN UNIK HIDUP DI ARAB SAUDI



Sebenernya udah beberapa tahun yang lalu ane pergi umroh. Tapi baru sekarang ane share di kaskusemoticon-Ngakak..hehehe. Sekitar 8 hari ane ada di Maddinah dan Mekah. Namanya di negeri orang, pasti ada aja hal-hal yang beda di negeri sendiri. Nah ini beberapa hal yang unik di Arab Saudi gan.
okeee emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2


1). BERBUKA PUASA

Kebetulan ane pergi umroh saat bulan Ramadhan gan dan lebaran disana. Selama ramadhan, kita tinggal di Maddinah. Yang uniknya, Berbuka di Mesjid Nabawi ini, Tajil sebagaian besar disediakan oleh orang perorangan dan sebagian lagi disediakan oleh pengurus Mesjid Nabawi. Kenapa ane bilang unik? Karena saat masuk kedalam mesjid untuk tajil, kita langsung disambut gan oleh banyak pemuda-pemuda Arab yang mengajak berbuka di tempatnya, persis kayak kenek bus di terminal. Islam mengajarkan bahwa memberikan tajil kepada orang lain akan mendapatkan pahala sama seperti orang yang berpuasa. Oleh karena itu, mereka seperti rebutan mengajak Jamaah untuk berbuka ditempatnya, semata-mata ingin mendapatkan pahala di bulan Ramadhan.
Spoiler for pengalaman:

Setelah Tajil dan Sholat Magrib dilakukan, kita bakal ditawari makanan secara gratis oleh orang-orang disana gan saat berada diluar Mesjid. Biasanya ada nasi kotak yang biasanya berisi nasi gulai dengan daging kambing, atau roti khas arab yang agak keras dan harus dimakan dengan bumbu kambing agar lebih lunak. Biasanya yang mengambil makanan itu adalah jamaah yang sedang Itikaf. Jadi selama bulan puasa, walaupun gak punya duit sekalipun, agan gak akan kelaparan disana.


2). JAMA'AH INDONESIAemoticon-I Love Indonesia (S)
Saat ada di Maddinah, kita bakal bertemu dengan umat Islam dari berbagai penjuru dunia gan termasuk Indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S). Jamaah Indonesia termasuk salah satu yang dihormati oleh penduduk lokal disana.emoticon-thumbsupKenapa ? Karena mereka menganggap Jamaah Indonesia adalah umat Islam terbaik. emoticon-Selamat miris ya gan klo lihat aslinya.
Spoiler for pengalaman:



Ane sempet ngobrol gan dengan orang lokal sana. Yah sebagian besar masyarakat lokal emang gak bisa Bahasa Inggris. Nah yang ane ajak ngobrol ini punya skill Bahasa Inggris yang sama amburadulnya dengan ane ganemoticon-Ngakak. Percakapan itu makin sulit ane pahami saat si arab ini ngomong dengan komposisi 70% Bahasa Inggris, 20% Bahasa Arab, dan 10% nya air liur yang muncrat ke muka aneemoticon-Ngacir.
Perbincangan ini adalah perbincangan tersulit untuk dipahami dalam hidup ane

Inti yang gue tangkep dari perkataan si arab ini adalah setiap tahun Ia melihat Jamaah Haji asal Indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)yang semakin bertambah jumlahnya. Indonesia menjadi negara dengan umat muslim terbanyak di dunia, bahkan mengalahkan negaranya (Arab Saudi). Padahal Al-Quran tidak turun di Indonesia, Nabi tidak lahir di Indonesia, namun Islam bisa berkembang pesat di Negara yang sangat jauh disana (Indonesia). Karena itu, Ia mengatakan umat Islam Indonesia adalah sebaik-baiknya umat Islam. Miris emang kalo kita liat kenyataan sebenarnya di Indonesia.emoticon-Sundul

3). MENGUTAMAKAN JAMA'AH PENYEBRANG JALAN YG HABIS SHALAT

Ini juga jadi hal unik yang ane liat di Maddinah. Jamaah mesjid Nabawi itu bisa mencapai ratusan atau mungkin ribuan orang gan. Nah kebayang dong saat udah selesai Sholat, kayak bubaran tahun baru di monas gtu ganemoticon-Ngakak, bedanya ini gak setahun sekali tapi lima kali sehari. Saat nyebrang jalan cukup unik sebenarnya, pengendara mobil rela berhenti sampe 20 menit untuk nungguin orang nyebrang. Gak ada bunyi klakson sedikitpun kayak di Indonesia. Kok ane bisa merhatiin yang kayak gitu ?? Soalnya mobil yang ane liatin itu mobil Porschegan bikin adem mata aneemoticon-Ngakakemoticon-Sundul..hehehe.

4). PELAYANAN GAK RAMAH
Spoiler for pengalaman:


Pelayanan ini maksudnya adalah pelayanan toko serba ada seperti kasir. Biasanya kalo kita belanja di Indonesia, kasir yang cantik-cantik langsung senyum dan nanya "Punya kartu member?"bikin hati semeriwing gitu gan. Kalo di Arab, jangan harap bisa dapet yang kayak gitu. Setiap kasir itu cowok, bahkan dia bisa sama sekali gak ngeliat atau gak ngomong ke kita gan. Waktu itu ane beli alat cukur rambut di Mekkah. Mungkin di to*r*b* kayak Y*gy* atau G*a*n* kalo di Indonesia. Waktu selesai dihitung, kasir yang berkulit item muka sangar itu,emoticon-Bikini cuma nunjuk monitor yang isinya harga yang harus dibayar dan langsung ngelengos. Rasanya itu kayak Lo belanja di Yogya yang kasirnya cowok orang A*mb**n. Boro-boro nyengir, yang ada pengen cepet kabur aja.emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir

5). NEGARA SUPER KAYA
Agan juga pasti tau kalo Arab ini kaya banget. Sebagian besar didapat dari persediaan minyak bumi yang melimpah. Tentu negara kaya pasti berdampak pada kehidupan ekonomi masyarakatnya. Di Arab Saudi tidak diberlakukan pajak kayak di Indonesia gan. Alhasil barang-barang jadi serba murah dari parfume, tas, termasuk mobil. Mobil keluaran Jepang yang dianggap Mewah seperti Honda Accord, Honda Civic, Toyota Camry, Toyota Royal Saloon, (Mobil dinas Menteri kita) disana cuma jadi taksi.emoticon-Sorryemoticon-Bingung Biasanya masyarakat pake produk GMC pabrikan Amerika Serikat yang bertebaran dimana-mana. Kategori mobil mewah bagi mereka adalah mobil sport eropa kayak Ferarri, BMW, Lamborghini, dan mobil supercar lainnya gan.
Spoiler for pengalaman:


Kenapa begitu ?? Kapasitas mesin mobil Jepang biasanya lebih kecil antara 1.800 cc sampe 3.500 cc supaya irit bahan bakar. Lah kalo diarab bensin itu gak perlu di irit-irit gan karena harga per liter kalo di rupiahin cuma Rp 800,-/liter. Jadi rata-rata orang beli mobil dengan kapasitas besar yakni lebih dari 4.500 cc. Sebelum pulang, kita sempet ketemu temen ane gan yang kerja di Jeddah, dia sendiri pake mobil Nissan Pathfinder 4.800 cc yang gak masuk di Indonesia. Untuk harga Nissan ini katanya kalo di rupiahin cuma Rp 150 Juta. Bandingin coba sama harga mobil yang ada di Indonesia.

7). Masyarakat Belanja
Spoiler for pengalaman:

Aganmau tau gimana orang Arab melihat orang Indonesia ?? Dewa Belanja !! Kalo gak percaya agan bisa dateng ke pusat belanja di sekitaran Mekah. Seperti yang kita tau, Masyarakat Indonesia ini punya tradisi kuat soal oleh-oleh. Dari saudara kandung sampe saudara jauh juga dibeliin oleh-oleh. Saking banyaknya pedangang disana bisa Bahasa Indonesia untuk perdanganan. Contohnya seperti Boleh dibeli, murah, Tidak mahal, coba liat-liat dulu. Kita bakal berasa lagi belanja di tanah abang.

UPDATE
Spoiler for update:


oke gan itu aja yg saya sampaikan semoga aja kaskuser kaskuser yg lain bsa melaksanakan ibadah haji secepatnya amin, kita ketemu lagi di threads yg lain oke
jgn lupa gan tinggalin jejak yah emoticon-Ultahemoticon-Sundul
Diubah oleh abdulmui8911 07-01-2015 21:04
0
15.9K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.