deblusAvatar border
TS
deblus
REVIEW : BUFFALONAS LinkStation 410 Simple and Reliable


Sebelumnya sorry gan threadnya agak berantakan maklum newbie emoticon-Matabelo

Kalo berkenan mohon dirate gan emoticon-I Love Kaskus (S)

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Kalo bermanfaat boleh bagi emoticon-Cendol (S)

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

kalo kurang bermanfaat jangan dikasih emoticon-Blue Guy Bata (L) gan emoticon-Sorry

Ane mau berbagi info aja sama agan agan dan ngajak diskusi tentang NAS, karena saat ini zamannya cloud dan semua file baik itu untuk entertaint dan office file bejibun makin banyak data makin banyak juga space storage yang kita butuhkan.

Langsung aja gan, ane mau share sedikit tentang NAS Buffalo
NAS ini Product JEPANG, Teknologi nya dia lebih didepan gan ane punya NAS type HOME udah kayak punya Server kantor aja dibawa dirumah emoticon-Ngakak

Namanya Linkstation 410 sebuah perangkat keras dari Buffalo yang ditujukan untuk Network Storage. Karena ini Network Storage, tepat sekali jika digunakan untuk backup, shared storage, dan juga personal cloud. LinkStation ini sendiri termasuk Network Attached Storage atau biasa disebut NAS.

Type yang akan ane review ini type NAS dengan spesifikasi paling rendah yang dimiliki Buffalo, Buffalo Inc yang berkantor di NAGOYA, JAPAN ini memiliki 2 type NAS yakni type yang Home and small office sampai yang Enterprise Class NAS sampai 48 TB atau lebih.

Spoiler for Packaging:


Spoiler for NAS Buffalo:


Spoiler for Spesifikasinya gan:


Kegunaan LinkStation dan Test Performa

Seperti halnya sebuah NAS, LinkStation ini akan sangat berguna bagi kita yang perlu perangkat Cloud pribadi.
Kegunaan yang paling mendasar dan umumnya digunakan untuk keperluan lokal adalah mengirim dan berbagi data.

Saya contohkan dengan peristiwa berikut ini :

Spoiler for Kasus 1:


Spoiler for Kasus 2:


Berikut adalah Screenshot dimana saya memanfaatkan LinkStation ini untuk sharing data.

Saya membuat sebuah folder baru bernama "Share" dengan mengakses jaringan terlebih dahulu dan memilih "LS410D04C" (LinkStation 410 yang dikenali sebagai PC).



Mengcopy data dari dan ke LinkStation 410. Kecepatan ini relatif, tergantung besar file dan performa router yang digunakan.







Melalui cara manual sekalipun, perangkat NAS, Buffalo LinkStation 410 ini nyaman dan mudah sekali digunakan. Performa yang dimiliki pun memuaskan.


SPECIAL FEATURE

Sekarang Mengenai Feature Feature keren yang Buffalo Punya gan..

1. DLNA
Sebelum kita membahas mengenai fitur ini, ada baiknya kita mengenal apa itu DLNA.
DLNA merupakan singkatan dari Digital Living Network Alliance. DLNA ini adalah sebuah teknologi yang pemanfaatannya bisa digunakan untuk untuk menonton Movie, mendengarkan musik, atau melihat koleksi foto. Perangkat DLNA di dunia ini ada beberapa macam, dan LinkStation dari Buffalo merupakan salah satunya yang mendapatkan sertifikat DLNA dari organisasi tersebut. Lewat DLNA ini, perangkat LinkStation yang kita beli tidak sekedar menjadi Storage tambahan, tetapi juga menjadi iTunes Server, hingga PS3 Media Server.

Spoiler for DLNA:


Jadi kalau pakai LinkStation ini, agan nggak perlu bingung pindah-pindah data dari Laptop ke Komputer, ini penting sekali bagi orang yang punya lebih dari satu perangkat PC ataupun gadget. Sayangnya, menurut informasi yang saya dapat, DLNA ini tidak terdapat pada perangkat Apple. Jadi hanya Android dan Windows saja yang kompatibel.

2. WEB ACCESS
Web access ini memungkinkan kita untuk berbagi file kita melalui internet, termasuk bagi kita sendiri yang ingin mendapatkan file kita dimanapun kita berada. Tapi apa bedanya dengan berbagai penyedia jasa Cloud seperti Dropbox atau iCloud misalnya ?
Web Access melalui Buffalo LinkStation menurut saya lebih aman, karena berbagai data kita simpan di perangkat pribadi ini. Jika menggunakan layanan yang tersedia, kita tidak bisa mengerti betul apakah data kita benar-benar aman dan mereka mampu menjaga privasi data kita.

Spoiler for WEBACCESS:


Untuk mengakses melalui Smartphone, kita bisa mendownload aplikasinya terlebih dahulu melalui store masing-masing OS perangkat kita. Karena saya pengguna Windows Phone, maka saya mencarinya lewat Windows Store dan sudah tersedia maupun digunakan dengan baik.
--> Yang satu ini akan saya bahas selanjutnya nanti

3. BITTORENT
Siapa yang tidak mengenal aplikasi peer-to-peer ini ?
Bittorrent adalah aplikasi yang populer yang umum digunakan orang untuk mendownload file. Ini adalah fitur yang paling saya gemari dan bisa digunakan ketika kita mengakses LinkStation 410 ini melalui web browser. LinkStation ini otomatis akan menjadi mesin download dengan kapasitas yang besar.

Spoiler for TORRENT:


KESIMPULAN

LinkStation ini menurut saya adalah perangkat NAS yang bermanfaat sekali. Kita bisa menjadikannya sebagai Personal Cloud Device, mesin download dengan aplikasi Bittorrent-nya. LinkStation 410 ini juga sudah mendapat sertifikat dari organisasi DLNA sehingga bisa digunakan untuk iTunes server, dimana kita bisa menikmati musik kita lewat perangkat yang berbeda, termasuk Smartphone atau tablet. Tapi supaya dapat menikmatinya lewat gadget, pastikan Bro sudah mendownload aplikasinya terlebih dahulu di perangkat masing-masing.



Just Sharing, Semoga bermanfaat bisa mempermudah kerja agan sekalian

Thanks Kaskus emoticon-I Love Kaskus (S)

emoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh deblus 03-12-2014 07:22
0
1.8K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hardware Computer
Hardware ComputerKASKUS Official
31KThread9.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.